Mahasiswa Seni Rupa DKV Unnes Mendapatkan Penghasilan Saat Masih Kuliah

Hari ini akhirnya aku bakal bahas bisnis sedikit! Waa... excited banget! Dalam posting hari ini, aku ladyaga akan mengungkapkan  Cara Kreatif Mahasiswa Seni Rupa DKV Unnes Mendapatkan Penghasilan Saat Masih Kuliah.

Banyak yang bertanya bagaimana cara menghasilkan uang sebagai remaja atau mahasiswa seni rupa program studi desain komunikasi visual di perguruan tinggi Universitas Negeri Semarang dan universitas lainnya, ril banget cuy! Kita hanya perlu kreatif.

Silahkan simak artikel ini sampe abis, karena aku bakal spall spill apa saja yang bisa bikin kamu berpenghasilan meskipun masih kuliah👇👇

Mahasiswa Seni Rupa DKV Unnes Mendapatkan Penghasilan Saat Masih Kuliah

5 Cara Mahasiswa Seni Rupa DKV Unnes Mendapatkan Penghasilan Saat Masih Kuliah

Seperti yang sudah aku share di artikel artikel aku sebelumnya, bahwa secara ekonomi aku sangat struggle untuk membiayai uang saku, uang bensin, dan semesteran ketika masih menempuh pendidikan di seni rupa universitas negeri semarang. 

Apalagi suamiku, yang mahasiswa beasiswa bidikmisi universitas negeri semarang. Sebulan hanya dapat uang saku 600 ribu untuk ngekos pula. Belum untuk alat dan fasilitas kuliah, semuanya kudu ada duitnya. 

Keputusan untuk bekerja freelance it's the only way! akhirnya kami memanfaatkan passion sebagai modal untuk mencari uang tambahan saat masih kuliah di seni rupa DKV Unnes.

Berikut adalah list usahaku ketika masih jadi mahasiswa seni rupa DKV Unnes, silahkan disimak baik baik dan praktekkan yang menurut kamu cocok ya:  

Mahasiswa Seni Rupa DKV Unnes Mendapatkan Penghasilan Saat Masih Kuliah

1. Jadi guru gambar bimbingan belajar (bimbel)

Dulu aku pernah daftar di bimbel sebagai guru bimbel privat mata pelajaran seni rupa dan bahasa inggris. Modalnya hanya kartu mahasiswa aktif, KTP, dan kenekatan. Padahal bahasa inggrisku juga terbatas, tapi akhirnya di acc oleh bimbel karena murid muridnya juga masih Taman Kanak Kanak. 

Lumayan pada jaman itu, dapat sekitar 120 ribu rupiah per sesi. Sebulan rata rata bisalah dapat 500 hingga 700 ribuan, alhamdulillah buat tambah tambah uang saku. 

Kamu bisa daftar ke yayasan bimbel disekitarmu, lamar saja ke banyak bimbel siapa tahu ada yang nyantol kan?.

>> Baca artikel: Content Creator Semarang dapat Penghasilan dari Sosial Media

2. Join event organization

Salah satu pengalamanku juga nih! meskipun aku gak suka ikutan organisasi seperti BEM atau OSIS, yah karena BU (baca: butuh uang) akhirnya masuk ke dunia EO ini. 

Untungnya ada sodara pada saat itu yang memang butuh staff EO bagian desain, yasudahlah aku join saja. Selain menghasilkan cuan, bisa jadi pengalaman. Karena menjadi EO itu kudu siap tanggap dengan banyak kemungkinan dan kejadian yang mendesak. 

Fee untuk menjadi EO gak ada yang paten, bisa jadi event 3 hari kamu mendapatkan 2 juta rupiah. Bisa juga hanya jaga stand EO sehari dapat sejuta. Lumayan banget loh penghasilannya!.

Daftar daftar saja di sosial media event organization, kirimkan CV dan Portofolio kamu jika ada. Event Organization itu macam macam, ada yang Wedding Organization, event kampus, acara seminar, dan sebagainya. 

>> Baca artikel: Rekomendasi Cuan Online dari HP saja!

3. Jadi asisten kakak tingkat atau senior di kampus

Biasanya dikampus kita tercinta, FBS Seni Rupa Universitas Negeri Semarang ini ada saja kakak tingkat yang berprestasi, menonjol atau bahkan sudah punya usaha sendiri. 

Jangan malu malu, coba tawarkan jasa kamu ke kakak tingkat. Jelaskan apa saja yang bisa kamu bantu, dan keperluan kamu. 

Mungkin kamu bisa menjadi asisten mereka seperti menjadi drafter, colorist, atau sejenisnya. Jika kakak tingkat tertarik pasti akan hire kamu.

Bukannya KKN, tetapi biasanya orang lebih notice dengan orang lain yang familiar, yang masih satu lingkungan, atau organisasi yang sama. 

 

Mahasiswa Seni Rupa DKV Unnes Mendapatkan Penghasilan Saat Masih Kuliah

4. Buka usaha sampingan, namun ini perlu modal

Meskipun harus keluar modal sendiri, banyak juga mahasiswa seni rupa DKV Unnes angkatanku dulu yang menjalankan usahanya sendiri secara mandiri maupun pinjaman dari KUR ataupun kampus. Memang butuh belajar, serta komitmen penuh. 

Kamu bisa bikin usaha fashion seperti jualan kaos PO (baca: pre-order) biasanya untuk event event atau pesanan kostum dari komunitas. Jualan makanan juga recommended, buka lapak disekitar kampus, jualan cilung, cilok, pentol, juga masih populer. 

Atau, jika terasa sulit untuk mengurus semua brand produk sendiri bisa ambil franchise yang sudah ada. Namun iya, memang modalnya gak sedikit. Sekitar 1,5 juta keataslah. 

Ada beberapa alumni kita yang sukses hingga sekarang dengan usaha clothing, makanan, minuman, kafe dan restoran. 

Mahasiswa Seni Rupa DKV Unnes Mendapatkan Penghasilan Saat Masih Kuliah

5. Menjadi Online Freelancer

Cocok untuk kamu si mahasiswa seni rupa DKV Unnes yang introvert, gak suka ketemu banyak orang secara fisik. Ada artikelku khusus yang membahas bagaimana mahasiswa Seni Rupa DKV Unnes untuk menjadi online freelancer, silahkan dibaca secara seksama dan serap ilmunya hehe.

Gegara menjadi online freelancer ini, aku jadi ketagihan hingga sekarang masih konsisten menjadi freelancer. Bahkan suami pun ikut ikutan, dan mendapatkan penghasilan yang lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. 

>> Baca artikel: Lulusan Seni Rupa DKV Universitas Negeri Semarang jadi fulltime freelancer

PRO TIPS📍

Ketika kamu para mahasiswa Seni Rupa DKV Unnes sudah mendapatkan penghasilan pas masih aktif kuliah, jangan lupakan KULIAH!

Karena aku terjebak dimana di siklus yang kacau manajemen waktu, antara kerja dan kuliah. Alhasil, lulusnya lama jadi legenda di kampus LOL. 

Harus dipahami, kamu masih kuliah dan kudu selesaikan kuliah dalam waktu yang tepat, bahkan secepat cepatnya. Agar peluang lebih banyak dan cuan lebih cepat. 

>> baca artikel: Cara Menghasilkan Uang dari Desain Canva!

Gimana?? sudah memilih mana yang lebih cuan?

Artikel yang membahas Mahasiswa Seni Rupa DKV Unnes Mendapatkan Penghasilan Saat Masih Kuliah ini semoga bermanfaat buat kamu. Jangan lupa baca artikel lainnya juga yah. Salam Cuan❤!!


Posting Komentar

0 Komentar