5 Cara Menghasilkan Uang Dengan Membuat Desain Canva

Apakah kamu suka bikin desain dari canva?

Suka menghabiskan waktu berjam-jam membuat desain keren untuk media sosial, blog, atau hal lainnya?

Nah, bagaimana jika aku kasih tau kamu kalau Canva bisa bikin kamu cuan juga?

Yup, emang ril cuy!๐Ÿ˜†

Dalam artikel ini aku bakal bagiin 5 cara biar kamu bisa menghasilkan uang secara online hanya dengan bikin desain di Canva!.  Jadi, siapin camilan dan baca terus deh artikel ini biar tahu bagaimana kamu bisa merajut keahlian desainmu jadi ladang penghasilan di tahun 2024 ini⛛⛛

5 Cara Menghasilkan Uang Dengan Membuat Desain Canva

5 Cara Menghasilkan Duit Dari Desain Canva

Di era saat ini yang serba digital banyak sekali peluang bagi kita untuk mendapatkan cuan secara digital pula. Meskipun serba mudah dan praktis, ada pentingnya jika kita juga harus tetap mematuhi etika, sistem, dan aturan digital yang ada agar tidak melanggar hak dari berbagai pihak.

Oleh karena itu, sebelum aku bocorin semuanya cara menghasilkan cuan dari desain canva, aku bakal membahas mengenai lisensi canva terlebih dahulu. Karena nantinya kan kita bakal memanfaatkan desain canva, jadi kudu patuhi peraturan mereka juga.

Dalam video diatas sudah lengkap dijelaskan dan divisualisasikan oleh narasumber ya, jadi silahkan dipatuhi saja aturan mainnya, karena sumbernya sudah real dari orang dalam Canva sendiri. Jika masih bingung, bisa aku berikan beberapa poin rangkuman lisensi canva diatas (namun kamu wajib pahami dulu dari videonya ya):

  • Kamu dibolehkan untuk menjual desain dari elemen elemen gratis maupun pro yang tersedia di canva. Namun, kudu dibikin desain lagi ya, dikreasikan kembali sehingga menjadi karya yang unik. Diubah warna elemennya, dipotong potong, ditumpuk, diedit.
  • Tidak boleh menjual elemen elemen gratis maupun pro dari canva ke marketplace lain seperti microstock shutterstock, adobe stock, dan sejenisnya.
  • Kamu diperbolehkan menjual template desain canva ke marketplace, namun dalam bentuk link template canva ya.
  • Kamu diperbolehkan menjual desain canva kamu dalam bentuk merchandise (tangan terakhir ke klien/ buyer kamu harus dalam bentuk fisik) seperti kaos, pin, sticker set, mug. Oleh karena itu, boleh kok kamu jual desain canva dalam bentuk PNG, PDF, JPEG lalu diolah menjadi merchandise. Aman banget untuk yang usaha print on demand.

Ok! ok sudah bahas soal lisensi canva nih, 
jika kamu sudah paham yuk mari aku spall spill
caranya dapat cuan dari desain canva!

Disclaimer: aku share peluang cuan ini berdasarkan pengalamanku sendiri dan memang sudah menghasilkan. Namun, semuanya butuh proses dan ketekunan untuk terus upload produk digital ke marketplace. Are you ready?

5 Cara Menghasilkan Uang Dengan Membuat Desain Canva

1. Jual Jasa Desain Canva di Platform Freelance

Kamu suka bikin desain postingan sosial media seperti reels, video tiktok, carousel instagram, dan sejenisnya? Gimana kalau hobi kamu dimanfaatkan jadi ladang penghasilan?

Gampang kok, awali dengan menentukan level keahlian kamu. Selanjutnya, buat daftar jasa desain yang mampu kamu kerjakan dan tetapkan harga yang umum sesuai dengan masalah bisnis klienmu.

Setelah itu, promosikan jasa desain Canva-mu di platform freelance seperti Fiverr atau Fastwork. Rata rata jasa desain canva seperti ini dihargai sekitar 25 ribu hingga ratusan ribu rupiah per desain.

Jangan ragu untuk mencoba, siapa tahu jadi ladang penghasilan yang menggiurkan!

>> Baca artikel: 10 Cara Mudah Daftar Fiverr!

5 Cara Menghasilkan Uang Dengan Membuat Desain Canva

2. Bisnis Print On Demand, Jualan Merchandise Modal Desain Canva

Kamu suka bikin desain yang lucu lucu lalu dijadikan sticker set atau desain kaos pake canva?

Bisa mulai bisnis print on demand nih! tenang aja modalnya cuma desain yang kamu bikin dari canva aja pake elemen elemen yang ada kok! anti ribet!.

Buatlah desain kaos, desain mug, sticker, pin, tas, dan sebagainya dari Canva lalu jangan lupa daftar di marketplace print on demand seperti Teepublic, Redbubble, Zazzle. Untuk pemula rekomendasiku sih teepublic karena daftarnya gampang dan listingnya mudah. Per desainnya kamu bisa cuan satu sampe empat dollar loh!.

>> Baca artikel: Bisnis Print On Demand tanpa bakat desain!

3. Menjual Template Canva di Marketplace

Jika kamu pengguna canva, pasti sudah paham jika di canva tersedia banyak template hasil desain para kreator canva kan?

Bukan, aku bukan menyarankan kamu untuk menjual template canva yang sudah ada, namun desain desain dari kreator canva tersebut bisa dijadikan inspirasi loh! (hanya inspirasi dan referensi).

Jadi, kamu tetap kudu bikin desain template sendiri di canva dan jual di marketplace seperti creative fabrica, atau creative market.

Template template terlaris seperti digital planner, notebook, kalender, katalog hotel, menu makanan restoran, template instagram post, dan masih banyak lagi bisa kamu jual di marketplace.

Asiknya! kamu gak perlu pake Canva Pro, karena template canva menggunakan elemen elemen gratis sehingga buyer kamu memiliki akses bebas tanpa subscribe Canva Pro. 

>> Baca Artikel : Cara Daftar dan Jual Aset Digital di Creative Fabrica

4. Membuat E-Book atau E-Course Menggunakan Canva

Cocok nih buat kamu yang suka menulis cerita, cerpen, buku anak dan sebagainya. Kamu bisa membuat e-book atau buku digital menggunakan desain Canva. Jika kamu suka mendidik atau sharing ilmu bisa juga bikin video e-course. 

Caranya gampang, pokoknya bikin materinya terlebih dahulu lalu dituangkan di canva. Jangan lupa bikin desain yang menarik, setelah itu share dalam bentuk link canva.

Jadi, orang orang yang dapat link kamu bisa buka e-book maupun e-course tanpa harus punya aplikasi canva. Langsung bisa kebuka secara online, praktis kan?!.

5 Cara Menghasilkan Uang Dengan Membuat Desain Canva

5. Menjual Buku Mewarnai, Buku Aktifitas Anak Ready to Print ke Marketplace

Nah! kalau ini favoritku banget nih!

Bikin buku mewarnai dari desain canva, nantinya dijadikan file PDF lalu buyer beli dan dicetak lembaran sendiri. 

>>> Baca artikel: Mendapatkan Penghasilan Jualan Template Canva di Creative Fabrica

Kenapa buku mewarnai atau aktifitas anak sangat laris dipasaran online?

Pernah aku tinggal beberapa bulan di shanghai China dan perth Australia, hampir tiap restoran yang aku kunjungi itu menyediakan lembaran kertas mewarnai dilengkapi dengan alat tulis. Oh ternyata gunanya agar anak anak pengunjung mereka tidak jenuh dan gak berlarian ketika menunggu orderan.

Karena anak anak itu energinya besar, fokusnya juga random. Sehingga beberapa restoran menyediakan kertas mewarnai dan buku aktifitas anak agar tidak berlari larian dan mengganggu pelanggan lain di restoran tersebut.

Jadi manfaatkan peluang ini agar kamu bisa cuan dari desain canva! bikinlah beberapa tema buku mewarnai dan jual di marketplace!.

Lisensi Canva: Jelaskan di deskripsi produk kamu bahwa kamu jual produk digital desain canva digunakan untuk hasil akhir berupa fisik, seperti lembaran print buku mewarnai. Jadi, tidak dijual ulang kembali oleh buyer. 

Sebetulnya ada banyak sekali cara untuk mendapatkan penghasilan dengan membuat desain dari canva, bakal aku spall spill lagi di websiteku ini. Untuk tutorial lebih lengkap step stepnya silahkan subscribe video ecourse aku yang๐Ÿ‘‰ cara cari cuan dari desain canva. Kuy! praktekin sekarang juga biar dapet cuan hihii. 



 

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Terima kasih infonya kak Aga,

    berati kalau kita jual PDF yang berisi Worksheets bisa juga ya kak?

    (Worksheetnya bikin sendiri dengan gabungan elemen² canva)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kak, aman asalkan ikuti aturan lisensi canva

      Hapus