Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Tutorial dan Pengalaman menjadi Freelancer di Fastwork.id

Posting Komentar

Tutorial dan Pengalaman menjadi Freelancer di Fastwork.id

Menjadi Freelancer Harus Gerak Cepat

Masih ingat dulu pertama kali aku bekerja online mulai tahun 2012 (masih kuliah) dengan mengerjakan ilustrasi untuk buku, karena memang dulu fokus sebagai illustrator freelance. Melalui facebook saja sudah bisa dapat berbagai macam proyek. Namun, semakin kesini persaingan semakin ketat apalagi ketika dipuncak pandemi kemarin 2020, bahkan para freelancer yang bukan dibidang illustrator pun ikutan cari proyek ilustrasi. 

Syukurlah, selama itu aku sudah membangun banyak portofolio pribadi, masuk diberbagai media sosial untuk branding jasa, dan punya team studio. Walau terkesan lambat dan sampai berdarah darah, setidaknya bisa bermanfaat untuk mendatangkan pelanggan baru.
Menjadi freelancer sekarang ini memang harus gerak cepat alias gercep, kalau ada potensi baru langsung masuk dan praktek. Siapa tahu bisa berpotensi mendatangkan pelanggan dan rejeki baru. 

Fastwork.id atau Fastwork Indonesia adalah platform marketplace dimana anda dapat menjual jasa/posting pekerjaan yang dapat anda tawarkan. Selain itu, anda juga dapat mencari jasa yang anda butuhkan disini dari para freelancers. Ada banyak sekali pilihan pekerjaan untuk para freelancer disini, dari desainer grafis, translator, penulis artikel, reviewer, endorse, web developer, pemrograman, hingga jasa curhat semua tersedia. Mayoritas pemberi kerja berasal dari Indonesia, tapi terkadang ada juga pengguna luar yang juga mencari freelancer di platform fastwork.id.

Sebelum menuliskan pengalamanku menjadi freelancer di Fastwork.id, aku akan memberi informasi tutorial atau cara untuk menjadi freelancer di platform Fastwork.id, yuk simak step-by-stepnya: 

  1. Masuk ke website Fastwork.id atau download aplikasi Fastwork
  2. Daftar menjadi freelancer
  3. Pilih pekerjaan yang akan kamu tawarkan berdasarkan kategori
  4. Membuat cover pekerjaan yang menarik
  5. tunggu konfirmasi dari pihak Fastwork.id 
  6. Jasa kamu sudah tampil dan menunggu pelanggan
  7. Berdiskusi dengan pelanggan secara detail dan membuat penawaran 
  8. Tunggu sampai pemberi kerja membayar kepada platform
  9. Pekerjaan bisa segera dikerjakan
  10. Menunggu persetujuan atau revisi dari pemberi kerja, cuan deh!

Daftar sebagai Freelancer di Fastwork.id

Langkah paling awal adalah dengan download aplikasi Fastwork.id di IOS atau Android, lalu klik daftar, pilih freelancer. Isi semua data pribadi kamu, nama lengkap, nama akun, lengkap dengan foto profil dan biografi kamu. Meskipun hal sepele ada beberapa tips yang penting sekali:
  • Pasang foto profil yang terlihat profesional, selfie sebahu dengan memakai baju yang formal. Hindari pakai foto profil yang menutupi sebelah wajah, menjulurkan lidah, dan filter berlebih. Ingat, ini akun kerja buka tinder heheh...
  • Isi biografi kamu dalam 1 paragraf, bisa tulis pengalaman, proyek apa saja yang kamu kerjakan dll. Tempat asal, lahir dimana, hobi tidak perlu ditulis karena tidak terlalu penting.
Tutorial dan Pengalaman menjadi Freelancer di Fastwork.id

Pilih pekerjaan yang akan kamu tawarkan berdasarkan kategori

Ada pilihan beberapa kategori pekerjaan di Fastwork.id yaitu:
  • Grafis dan Desain : Sub kategorinya banyak sekali seperti ilustrasi, desain logo, desain sosial media, desain produk, dll
  • Penulisan dan Penerjemahan: Jasa menulis artikel, menulis blog review, Copy Writing, penerjemahan Mandarin Indonesia, penerjemahan Rusia Indonesia, dll.
  • Web dan Pemrograman: web developer, desain website, pembuatan aplikasi,dsb.
  • Visual dan Audio: Video editing, Audio editing, Voiceover.
  • Pemasaran dan Periklanan: Social media specialist, marketing online, jasa admin, dll
  • Psikologi: Konsultasi psikologi, jasa curhat, dll.
Review Fastwork.id

Tidak terbatas itu, saya perhatikan setiap hari ada saja pekerjaan unik yang muncul seperti jasa review google, komentar sosial media, review makanan, konsultasi mantan, dll. Selama itu legal, okelah.
Ada beberapa tips yang aku dapat dari para freelancer Fastwork.id yang lebih senior, semua kurangkum dibawah ini ya:
  • Untuk awal awal kita diberi kesempatan 3 slot pekerjaan yang ingin kita tawarkan. Jadi tentukan 3 keahlianmu yang paling atas, yang sekiranya kamu memang unggul dipekerjaan tersebut.
  • Deskripsikan jasa yang kamu tawarkan dengan jelas agar calon pelanggan juga paham apa yang kamu tawarkan. Misalkan jasa endorse baju, kamu bisa beri info ukuran dan dalam bentuk apa saja hasil kerjanya. 
  • Tulis 'langkah Pekerjaan' secara detail dan urut, ini membantu pelanggan kita untuk bisa memahami jasa kita dengan mudah, mempersiapkan apa saja yang diperlukan, dll.
  • Buatlah desain banner/ cover yang jelas, profesional dan menarik minimal 3 cover. Yang paling depan adalah kompilasi hasil kerja/ portfolio, selanjutnya portfolio detail. cover berukuran sekitar 1120 x 630 pixel, cara cepat adalah menggunakan aplikasi Canva dengan memakai template yang sudah ada.
  • Buatlah paket paket, seperti paket murah, hingga paket yang termahal. Jelaskan apa saja yang akan didapat oleh pelanggan, beserta detail pekerjaannya. 
  • Untuk awal awal, tawarkanlah dengan harga yang terjangkau terlebih dahulu agar menarik kepercayaan pelanggan (promosi). Dan sebagai portfolio tentunya, lalu secara perlahan dinaikkan harganya. 
  • PENTING! jangan pernah menawarkan jasa yang vulgar atau illegal. Misal jasa menambah followers dengan robot dan trading robot illegal, bisa bisa akun kamu dibanned. 

Tips Membuat Cover pekerjaan yang Menarik

Manusia juga makhluk visual ya, jadi pasti suka dengan hal hal yang elok, cantik, menarik. Seperti kita, kalau lihat lelaki tamvan di drama korea langsung klepek klepek walau tidak saling kenal. Nah, first impression seperti ini juga perlu diaplikasikan pada pekerjaan. Jika kita bertemu calon pelanggan secara fisik pasti berupaya untuk memakai baju yang bersih, berdandan rapih agar terlihat profesional. Nah, jika calon pelanggannya online juga sama, dengan menggunakan foto profil yang menarik, desain CV yang menarik, dan cover yang menarik. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat cover yang menarik namun jelas:
Aplikasi Canva
1. Download aplikasi Canva atau bisa daftar di website Canva

Tutorial desain banner fastwork.id
2. Buatlah template berukuran 1120x630 pixel atau pilih opsi 'writing' jika kamu penulis

Tutorial dan Pengalaman menjadi Freelancer di Fastwork.id
3. Edit teks dan unggah foto kamu yang menarik

Tutorial dan Pengalaman menjadi Freelancer di Fastwork.id
4. Berikan beberapa poin kelebihan dari jasa kamu. Setelah semua dirasa sudah cocok, kamu bisa mengunduh desain kamu dalam bentul file JPEG. Dan siap untuk upload di Fastwork.id.

Nah jika sudah mengisi semua data, profil, pekerjaan dan lain lain. Tinggal kita tunggu konfirmasi dari tim Fastwork.id untuk mengecek jasa yang kita tawarkan layak posting atau tidak. Sekitar 2x24 jam bisa dapat pengumumannya melalui aplikasi atau website. Sabar dan berdoa, semoga lolos dan ada pelanggan yang datang membeli jasa kita. Amin

Berdiskusi dengan pemberi kerja, membuat penawaran (quotation) dan kontrak

Jika ada pelanggan yang chatting kamu berarti dia tertarik dengan pekerjaan yang kamu tawarkan. Nah ini adalah kesempatan kamu untuk menggaet mereka. Pakailah bahasa yang sopan, ramah dan tetap profesional. Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu untuk menarik pelanggan melalui chat:
  • Membalas chat dengan secepat mungkin (fast response)
    agar menunjukkan kamu antusias, menghormati, dan bisa melayani calon pelanggan dengan baik.
  • Berikanlah penawaran spesial, dengan memberi harga yang lebih murah, atau memberi bonus pekerjaan. Misal pesannya 3 desain, buatlah bonus 1 desain lagi sebagai alternatif.
  • Tanya sedetail mungkin mengenai pekerjaan yang akan dikerjakan agar terhindar dari miskomunikasi dan banyaknya revisi kedepan.
  • Jika calon pelanggan meminta kamu untuk membuat sample, silahkan saja. Tapi saranku sih berikan portofolio yang serupa saja agar tidak menghabiskan waktumu. 
  • Jika calon pelanggan tidak ada respon, tidak usah dikejar kejar/ diteror nanti malah takut dan kapok.
  • Mulai pekerjaan ketika pelanggan sudah membayar kontrak via aplikasi, dan terlihat status 'membayar'. Jangan dikerjakan dulu jika pelanggan belum membayar.
  • Jika pelanggan meminta revisi, selesaikanlah sesegera mungkin. 
  • Akhirnya kamu sudah menyelesaikan pekerjaan, dan uang akan masuk setelah konfirmasi dari fastwork.id di waktu yang sudah ditetapkan.
  • Jangan pernah memberikan data pribadimu ke pelanggan seperti no HP, LINE, email, dll. Karena itu sudah menjadi aturan dari aplikasi Fastwork.id.

Pengalamanku sebagai Freelancer baru di Fastwork.id

Pertama mengetahui aplikasi fastwork.id yaitu dari konten seorang ibu penulis yang muncul di FYPku. haduh, lupa aku namanya siapa. Soalnya begitu ada info langsung cuss daftar ke Fastwork.id. Sejak 2012 memang sudah pengalaman kerja online dibeberapa platform seperti Upwork, Fiverr, Intellinfluence, PeoplePerHour, dll. Jadi langsung tertarik untuk masuk di Fastwork.id dengan mengisi data selengkap mungkin. 
Aku mencoba untuk menawarkan harga jasa yang supermurah, untuk test market. Sebetulnya sedikit pesimis karena pekerjaan yang aku tawarkan sangat banyak sekali pesaingnya, apalagi yang profesional juga banyak. Sedangkan aku, menulis artikel seperti ini hanya sebagai pengisi waktu luang ketika nganggur *tapi memang banyak nganggurnya deng,lol.

Setelah daftar, sekitar 2 hari penawaran jasaku sudah layak tampil di aplikasi. Dan tidak sampai seminggu, langsung ada 6 chat masuk menanyakan jasa saya. Tidak hanya itu, ada 2 pelanggan yang tertarik dengan jasa tulis reviewku langsung kontrak dihari yang sama. Wedyannn! 

Entah kenapa menulis blog review untuk produk orang itu lebih cepat dan mudah daripada nulis untuk konten sendiri wkwkkw. Padahal sama saja nulis sendiri tanpa copy paste loh. Alhamdulillah, langsung di acc semua tanpa revisi, uang langsung masuk di wallet. Pelanggan juga memberikan aku bintang 5 semua. Perlu dipahami adalah semua platform marketplace pasti cari untung dengan memotong pendapatan kamu misalkan dari yang 10% hingga 20%, itu sah sah saja karena secara tidak langsung kamu menggunakan jasa platform untuk bertemu dengan pelanggan.  

Sebagai pengguna baru, aku tidak ada masalah sama sekali dengan bekerja menjadi freelancer di Fastwork.id. Hanya saja ada beberapa kekurangan yang aku alami seperti:
  • Terkadang chat yang masuk di aplikasi, notifikasinya telat. Bisa telat 20 menit atau lebih, dan jika sudah masuk notifikasinya, selalu diulang ulang. Padahal sudah dibaca dan ditanggapi.
  • Jika hanya download di aplikasi saja, informasi dan fiturnya tidak selengkap di Website. Sama sih sebetulnya seperti Fiverr, jadi kita dituntut untuk stay di laptop dan HP. 
  • Banyak sekali keluhan di google tentang Fastwork.id mengenai adanya banned account karena tidak sengaja memberi informasi nomor HP atau instagram di aplikasi Fastwork.id. Tapi yang memang platform seperti ini punya peraturan yang berbeda beda. Jika kamu menyetujui dan selalu mengikuti aturan Fastwork dengan tidak bertukar nomor HP, email, Line dan semacamnya pasti akan aman aman saja. Maklum aku pengalaman kerja di Upwork dan di banned permanen karena memberi alamat email ke pelanggan. Sekarang bisanya cuma pakai akun Upwork suami.
Karena masih pengguna baru, jadi itu saja kendalaku. Semoga dari pusat fastwork.id bisa segera untuk memperbaiki fitur fiturnya yah agar semakin keren dan mudah digunakan untuk freelancer maupun pemberi kerja. 
Gimana? kamu sudah ada bayangan untuk bekerja menjadi freelancer di Fastwork.id? semoga artikel ini yang membahas tentang Tutorial dan Pengalaman menjadi Freelancer di Fastwork.id bisa memberi sedikit informasi, dan bermanfaat yah. Untuk informasi lebih banyak mengenai artikel serupa bisa follow blog ini, atau follow Instagram aku di : agablackjack

SALAM CUAN!









Related Posts

Posting Komentar