Gambar Ilustrasi Digital Sesuka Hati Dapat Penghasilan Online

Apakah kamu suka bikin gambar ilustrasi digital?

suka corat coret pake pen tablet, Ipad, atau bahkan di smartphone kamu?

daripada menuh menuhin memori dan cuma buat pajangan aja, mending dijual deh! bisa dapet cuan loh!

Mau aku spall spill nih? yuk baca artikel ini sampe abiss biar dapet informasi lebih lengkap👇👇

Gambar Ilustrasi Digital Sesuka Hati Dapat Penghasilan Online

Apa sih yang dimaksud gambar ilustrasi digital?

Gambar ilustrasi digital bukanlah sembarangan seni visual, tetapi merupakan hasil karya yang memadukan teknologi komputer dan software khusus. Dengan teknik ini, seorang seniman seperti kamu dapat membuat gambar dengan detail dan realistis, seolah-olah diciptakan dengan pensil dan cat. Dan yang luar biasa, gambar ilustrasi digital dapat dengan mudah diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan menggunakan software editing atau aplikasi gambar digital.

Salah satu kelebihan dari gambar ilustrasi digital adalah kecepatan dan kemudahan dalam membuat gambar yang kompleks. Dalam waktu singkat, seorang seniman dapat menciptakan karya yang berkualitas dengan berbagai macam perangkat seperti laptop, pen tablet, ipad, atau smartphone. Selain itu, gambar ilustrasi digital dapat disimpan dalam format digital sehingga mudah diakses dan dibagikan.

Gambar ilustrasi digital sangat populer dalam dunia seni dan desain. Digunakan dalam berbagai proyek kreatif seperti iklan, buku anak-anak, dan film animasi. Dalam era digital yang semakin maju ini, gambar ilustrasi digital akan terus berkembang dan menjadi semakin penting dalam dunia seni dan desain.

Meskipun sistem artificial intelligence (AI) sudah berkembang sehingga orang yang tidak bisa gambarpun bisa bikin gambar ilustrasi digital keren, tapi tidak se keren buatan original manusia langsung. 

 


Wah aku mah bikin gambar ilustrasi digital cuma iseng saja, cuma hobi! 

Jaman udah berkembang dan udah beda banget dari tahun tahun jaman baheula... sekarang siapa saja bisa jadi apa saja (you know what i mean?) jadi jika kamu suka bikin gambar ilustrasi digital sudah bisa disebut seniman kok. Cuma memang ada yang otodidak ada juga yang punya background pendidikan yang relate. Disclaimer : IMO yahh☮

Daripada cuma dijadikan koleksi mending gambar ilustrasi digital kamu dijual saja di marketplace agar mendapatkan penghasilan secara online!

Banyak rekan rekanku yang non-artist memiliki bakat gambar ilustrasi digital hanya untuk hobi dan koleksi pribadi, padahal bisa jadi jika dijual akan mendapatkan penghasilan online yang akan menjadi passive income. 
Yang paling bikin asik adalah gambar ilustrasi digitalnya SUKA SUKA! iyak, literally suka suka aja kamu pengen gambar apa, gak ada yang nyuruh nyuruh maupun mengkritik.
Namun, harus dipahami bahwa meskipun suka suka, ketika kamu menjualnya di marketplace harus ikutin 'house rules' mereka ya.

Bagaimana menjual gambar ilustrasi digital ke marketplace?

Kamu bisa membuat gambar ilustrasi digital sesuka hati dan jual ke marketplace recommended (favoritku ya) yaitu creative fabrica dan adobe stock. Karena persyaratan dan cara daftarnya relatif mudah untuk pemula.

>> Baca artikel: Cara Daftar dan Jual Aset Digital di Creative Fabrica!

Sebelumnya jangan lupa kamu mempersiapkan beberapa hal seperti berikut, agar perjalanan kamu saat mendaftar marketplace tersebut lebih mudah:

  1. Siapkan portofolio terlebih dahulu, minimal kamu memiliki akun sosial media yang berisi karya karya gambar ilustrasi digital kamu.
  2. Menyiapkan rekening online seperti paypal.
  3. Siapkan berkas berkas dalam bentuk softfile seperti KTP dan NPWP.
  4. Pastikan gambar ilustrasi digital kamu bukan sebuah fanart, meniru karya populer yang sudah ada seperti gambar disney, gambar anime terkenal, atau fanart film. Karena menimbulkan resiko kena suspend atau penolakan.
  5. Berkomitmen untuk tidak mencuri karya orang lain maupun menjiplaknya.
  6. Kumpulkan semua gambar ilustrasi digital kamu dalam satu folder dan dipilih pilih yang sesuai dengan kriteria marketplace.

>> Baca artikel: Passive Income Jualan Aset Digital!

Gambar Ilustrasi Digital Sesuka Hati Dapat Penghasilan Online

Perlu dipahami, bahwa setiap marketplace seperti creative fabrica maupun adobe stock memiliki kriteria gambar ilustrasi digital sendiri seperti ukuran file, jenis file, resolusi file, dan sebagainya. Informasi lebih detail bisa langsung cek di website official marketplace mereka. 

Meskipun kamu bisa bikin gambar ilustrasi digital sesuka hati, namun tetap saja harus ikuti aturan ya. Aturan tersebut memang mutlak dari marketplace secara umum seperti:

  • Tidak menampilkan ketelanjangan atau pornografi yang dimana hal ini amat sangat dibatasi oleh beberapa marketplace.
  • Tidak menyinggung ras, orientasi seksual ataupun agama tertentu.
  • Menampilkan keberagaman badan dan tidak body shaming.
  • Tidak menyinggung politik secara frontal namun boleh kok jika editorial.
Sisanya kamu bisa bikin gambar ilustrasi sesuka hati dan mendapatkan penghasilan online dari marketplace. Bisa gambar doodle, gambar bunga, pemandangan, kartun lucu, sticker, dan sebagainya. 

Selain aku sendiri yang mendapatkan penghasilan online dari gambar ilustrasi digital suka suka, namun karena memang sedikit sekali jumlah karya yang aku upload. Paling sebulan masih sekitar 100 dollar-an hehehe😆

>>Baca artikel: Hobi Menggambar Bikin Sukses!

Jika ingin contoh yang lebih 'sultan' dan tetap realistis salah satunya adalah rekanku, mas Oen atau lebih populer dipanggil MEDZCREATIVE. Sudah aku bahas diartikel sebelumnya, dengan membuat gambar ilustrasi digital sesuka hati dan dijual ke marketplace.

Gambar Ilustrasi Digital Sesuka Hati Dapat Penghasilan Online

Mas Oen ini mendapatkan penghasilan fantastis yang mengubah hidupnya!. Sampai bisa memenuhi kebutuhan ekonomi, beli rumah dan mobil. FYI:  Mas Oen memang sudah profesional dibidang desain dan ilustrasi, semua yang dia hasilkan adalah perpaduan bakat dan ketekunan👀

Posting Komentar

0 Komentar