Pengalaman Jadi Freelancer di Fiverr, Menjadi Seller Level Two

Pengalaman Jadi Freelancer di Fiverr, Menjadi Seller Level Two | Bagi yang ingin menjadi freelancer, mohon baca artikel ini sampai selesai. Jangan di skip skip ya...hehehe👀. Jujurly, sebelum aku bikin akun Fiverr rada skeptis aja. Secara, yang posting tawaran gig pada banting harga semua ke angka $5 (baca: lima dollar amerika). Dih, gak level banget aku, biasa satu desain dibayar minimal $25 kok banting harga segitu?.

Tapi karena memang menjadi freelancer kudu ikutin pasar dan jaman ( karena pada waktu itu Fiverr lumayan populer) ,jadi aku cuss...daftar akun Fiverr. Membuat beberapa gig dengan jasa yang berbeda. Ada jasa ilustrasi, jasa desain, dan jasa social media specialist. Sekitar awal tahun 2018 aku terdaftar di Fiverr.

Pengalaman Jadi Freelancer di Fiverr, Menjadi Seller Level Two

Pecah Telor : Orderan Pertama di Fiverr

Setelah menunggu beberapa minggu, bersyukur banget dapat orderan pertama dari Fiverr. Rasanya nano nano banget karena perasaan baru kemaren aku daftar, kok udah laku?. Apakah ini spam atau orang ngerjain?. Tapi emang beneran ada yang order. Firasat skeptisku runtuh... pyurrr...

Tentunya karena aku cuma berperan sebagai marketing alias nyales, bukan aku yang bikin orderannya. Pasti suami dan tim desainerku hehe...Tugasku hanyalah dealing dan maintain client agar order lagi. Syukurlah selalu mendapatkan feedback yang positif karena memang timku bagus bener karyanya.

Dari yang sebulan hanya 1 order, jadi 2 order. Dari yang beli hanya satu desain, bisa ada yang order 20-30 desain. Dikerjakan sesuai brief sepenuh hati agar melebihi ekspektasi pelanggan.

Waktu berlalu, puluhan klien terlampaui. Ada saja masalah yang datang, tapi tetap bertahan karena yang namanya kerja pasti ada perjuangannya kan?...tsesshh... bijak kali lah awak! (tiba tiba batak).

Pengalaman Jadi Freelancer di Fiverr

Masalah klasik yang ditemui di Fiverr adalah buyer yang tidaq sopan. Ada saja buyer yang gabut, minta revisi dengan jumlah yang tidak sesuai kesepakatan. Padahal kita postingnya hanya 1x revisi, tapi tetap minta revisi hingga perubahannya 100% (inimah namanya ngerjain ulang). Minta pertolongan dengan support center pun, pihak Fiverr selalu mengutamakan layanan kepada buyer. Alhasil, kitanya yang disuruh revisi terus menerus dengan sabar.
Biasanya jika dapat buyer yang menyebalkan seperti ini kuanggap nasib sedang tidak beruntung aja. Diselesaikan sampai buyer puas, jika sudah kelar langsung aku blokir/ blacklist agar dijauhkan dengan buyer buyer lucknut.

Meskipun pernah dapat bintang empat ⭐⭐⭐⭐ dari buyer lucknut, alhamdulillah secara bertahap mendapatkan badge khusus dari Fiverr Seller One, dan sekarang berubah jadi Seller Two. Badge ini sangat berpengaruh banget untuk menggaet buyer baru. Ya iyalah, kita pantas mendapatkannya selain sudah lama menjadi seller di Fiverr, hampir tiap bulan ada orderan dari situ.

Pengalaman Jadi Freelancer di Fiverr, Menjadi Seller Level Two

Ada ribuan freelancer dari berbagai negara yang berlomba lomba menawarkan gig dengan harga semurah mungkin, dengan waktu pengerjaan secepatnya, dan banyak revisinya. Apa gak kalah saing?

Sebenarnya dari awal aku menjadi freelancer yah sudah memahami 'kekhawatiran' ini...fu...fu...fu. Kekhawatiran itu muncul karena diri kita menganggap kita adalah superstar di dunia ini. Tokoh utama dari FTV, si paling penting dan eksis. He...he... (sorry, aku orangnya rada sarkas) jadi, ada beberapa fakta yang kudu dipahami. 

Pernah pergi ke pasar? pasar daging, pasar kambing, orang jualan cabai?. Kebanyakan posisi mereka itu berjejeran, karena memang diatur pemerintah seperti itu agar rapih. Barang yang mereka jual sama saja, bahkan tidak ada label, tidak ada bungkus yang estetik seperti di supermarket. Tapi, nyatanya mereka bertahan berjualan disana, ada pembelinya juga.

Jika tidak ada yang beli, mengapa para pedagang tersebut bisa bertahan berjualan di pasar?. Padahal produk dagangannya sama saja. Rejeki memang sebuah misteri, hmmm.

Sama seperti pedagang di pasar, menjadi freelancer di Fiverr juga begitu. Para seller nya berlomba lomba menawarkan gig mereka dengan beragam cara yang unik. Dengan banting harga, memberikan revisi unlimited, menawarkan harga bundling, diskon segala macam. 

Nah, sebagai seller juga nih kita perlu melakukan riset target pasar kita, apa yang mau kita tawarkan, usaha bagaimana caranya jasa kita bisa dikenal calon pelanggan, dan lain lain.

Fokuslah untuk mencari solusi daripada mengkhawatirkan pesaing. Justru belajar dari competitor dan kita modifikasi dengan ditambahkan hal yang menarik pelanggan.

Pengalaman Jadi Freelancer di Fiverr

Tips & Trik Agar Sukses Menjadi Freelance di Fiverr 

Disclaimer: Tips & trik yang aku bagikan ke teman teman berdasarkan pengalaman pribadi selama 6 tahun menjadi freelancer di Fiverr yah...jadi masih perlu banyak insight lain daripada hanya baca di artikelku disini saja. Semoga bermanfaat💁

Sebelumnya tips dan trik yang aku bagikan ini berfokus pada penjualan jasa online di Fiverr ya, jika kamu masih pemula dan ingin memahami persiapan apa saja untuk memulai kerja freelance bisa baca di artikelku yang ini yah 👉 Hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi freelancer.

  • Hal yang pertama dilakukan adalah sign up menjadi freelancer di Fiverr.com, DAFTAR DISINI👉 FIVERR.COM. Pastikan masukkan data data yang REAL (alias: yang sebenarnya) seperti nomor HP, alamat email, alamat rumah, KTP, Paypal, dll harus pakai akun yang aktif dan milikmu sendiri ya. Jangan lupa untuk simak materi fiverr di artikelku yang lain, penting untuk disimak nih ❤Artikel bahas Fiverr❤
  • Buat nama akun Fiverr kamu sama seperti nama akun sosial media kamu. Jadi misalkan akunku namanya Gagestudio, nah nama sosial media juga sama gagestudio. Ini penting banget agar calon buyer bisa kepo kepoin nama kamu di sosial media. 
  • Siapkan cover banner gig yang menarik, ini sangat penting banget karena banner inilah yang nantinya menjadi identitas/ impression para calon buyer kamu. Jika kamu ingin lebih praktis dan bingung membuat cover gig yang menarik, bisa pakai desain gig ku yah disini 👉 Template gig Fiverr.
  • Tampilkan dirimu yang sesungguhnya. Pakai foto profil dengan wajahmu yang manis, tunjukkan kamu percaya diri dan memang eksis. Bisa tampilkan juga di cover gig agar lebih meyakinkan calon buyer kamu.
  • Upload 2-3 portfolio setelah cover gig kamu, sesuaikan juga yang dengan ukuran cover gig Fiverr.
  • Buat 3 paket jasa kamu, untuk paket pertama dibikin murah saja untuk memancing buyer untuk melihat gig kamu misal dengan harga $5. untuk paket kedua bisa dibuat harga normal untuk jasa satuan kamu. Paket ketiga biasanya paket bundling. Berikut contoh jika kamu menawarkan jasa tulis artikel:
    - Paket 1 harga $5: jasa artikel dengan 300 kata, deadline 3 hari
    - Paket 2 harga $15: jasa artikel dengan 500 kata, termasuk optimasi SEO, deadline 2 hari
    - Paket 3 harga $25: jasa artikel 2 judul, masing masing 500 kata, optimasi SEO, deadline 4 hari
  • Presentasikan dirimu jika kamu menerima harga borongan, bisa bernegosiasi, dan custom order. Jarang sekali buyer fiverr langsung pesan paket dari gig kamu. Biasanya mereka akan chat terlebih dahulu. Setting profil Fiverr kamu untuk menerima custom order yah👌
  • Online Terooos adalah koentji✅ dulu ketika awal awal daftar di Fiverr, aku selalu online biasanya di jam kerja dan malam sekitar jam 9 malam. Kadang di laptop dan di smartphone, agar menunjukkan ke calon buyer kalau akun kita aktif terus. Jadi peluangnya lebih banyak.
  • Balas chat secepat kilat💥pastikan di aplikasi Fiverr kamu setting notifikasi agar bisa tahu chat dari calon buyer. Ada ribuan freelancer di Fiverr, jangan lewatkan peluang dengan tidak membalas chat dengan cepat. Calon buyer pasti akan lompat ke seller lainnya, hiiiy... serem.
  • Jangan takut dan ragu dengan bahasa inggris-mu. Faktanya, banyak juga buyer yang bahasa inggrisnya ngawur. Jadi pede saja menggunakan bahasa inggris seadanya sambil belajar. Lama lama nanti juga akan semakin bagus bahasanya. 
  • Jika ada calon buyer meminta sample, boleh saja kamu bikinkan untuk menunjukkan skill kamu. Tapi, jangan lupa kirim dengan resolusi rendah dan watermark agar tidak disalah gunakan. Misalkan bentuknya tulisan, berikan file pdf yg ada watermark dan ukuran kurang dari 1MB.
  • JANGAN PERNAH TAWARKAN UNLIMITED REVISION REQUEST❗❗ ini red flag banget sih bagiku, karena di Fiverr walaupun kamu setting revisi 1x, jika buyer belum puas, mereka akan terus menerus meminta revisi. Jadi daripada tawarkan revisi unlimited lebih baik tawarkan skillmu saja. 
  • Jangan pernah mau jika diajak komunikasi atau pembayaran diluar Fiverr🚩🚩 resikonya besar sekali. Belum belum nanti sudah dihempaskan oleh polisi Fiverr. Keep on straight, diskusi dan transaksi di Fiverr saja. Sekalinya keluar, tidak akan pernah bisa kembali. 
  • Bagikan link jasa Fiverr kamu di sosial media, whatsapp, teman, tetangga, mantan, dll. Namanya juga usaha, jangan pernah malu untuk menawarkan jasa diri sendiri ye kan. Kalau perlu bikin bikin portfolio dan konten, tarik audiens ke Fiverr kamu. 
  • Gig kamu gak laku laku❓jangan lupa sesekali mengecek kompetitor, atau google trends. Mungkin saja jasa yang kamu tawarkan sudah lawas, jadi bisa ubah ke jasa yang lebih update lagi. Contohnya, sekarang lagi hits jasa prompt ChatGPT, sebagai penulis kamu bisa tawarkan jasa ini karena permintaannya sedang tinggi sekali.
  • Jika sudah pecah telor di Fiverr, jangan lupa untuk kontak kembali buyer kamu. Setidaknya seminggu sekali tawarkan jasa dengan harga diskon pelanggan. Pastinya dengan cara yang halus dan sopan ya agar tidak terkesan spam.
  • sambil menunggu orderan dari Fiverr bisa banget tuh kamu daftar ke marketplace lain seperti Upwork, Fastwork, Sribulancer, dll. Jadi ibarat sebar umpan ke banyak area agar bisa mendapatkan peluang lebih banyak.
  • Asah terus skill dealing dan marketing kamu, bergaul dengan teman teman yang berprofesi sales, pemasaran, dll. Atau senior yang kerja wirausaha lumayan dapat insight dealing dari mereka. 
Wah, aku gak bisa marketing, aku kan orangnya introvert. Hmm, jika kamu memang ingin terjun didunia freelancer sulit sekali beradaptasi jika masih menutup diri dan bersembunyi dalam kedok introvert. Harus pandai pandai memasarkan produk/ jasa sendiri.
Pengalaman Jadi Freelancer di Fiverr

 Alasan kenapa Gig Fiverr kamu tidak laku laku😔hmm...sad.

  1. Banner gig Fiverr kamu kurang tepat atau kurang menarik. Ibarat penampilan, kalau kamu tidak cetarr mana bisa jadi pusat perhatian. Jika terlalu banyak teks tidak menarik, ada banyak gambar tanpa deskripsi juga kurang tepat, jadi yang efektif seperti apa? bisa cek link ku ya👉 Template Gig Fiverr.
  2. Resesi dan krisis global. Ini pengaruh banget sih karena sempat ada kabar resesi tahun 2022, langsung selama 3 bulan benar benar sepi tidak ada buyer yang nanya apalagi order...fuh.
  3. Jasa yang kamu tawarkan di Fiverr terlalu pasaran dan harganya terlalu tinggi diatas harga pasar. Jadi pastikan sebelum posting gig riset terlebih dahulu ya. Misalkan jasa desain Canva, sudah banyak sekali yang menawarkan jasa ini jadi buatlah harga yang sesuai pasar atau tambah keunikan. Misalkan 'Jasa desain Canva untuk Kampanye Pemilu' ke...ke...ke.
  4. Slow response. Posisikan buyer adalah pacar kamu, jadi balasnya bisa lebih cepat, karena kesabaran buyer setipis tissue paseo basah dibagi dua. Pasti mereka akan pindah ke seller lain.
  5. Sabar...sabar...sabar. Rata rata teman seperjuanganku yang juga freelancer bisa pecah telor sekitar 1 bulanan. Jadi bagi kamu yang baru daftar dan berharap besoknya laku, hehehhh...tidik bisi birkiti kiti siyi.
Pengalaman Jadi Freelancer di Fiverr, Menjadi Seller Level Two | Sebetulnya masih banyak lagi yang bisa aku bagikan kepada teman teman pembaca disini, namun karena mata udah mrepet mrepet bisa kulanjut di artikel lain. Oh iya yang ingin jadi freelancer di pasar Indonesia saja, tanpa siapin paypal bisa daftar di Fastwork, nih aku sudah tulis cara daftar, tips dan triknya disini👉Tutorial dan Pengalaman menjadi Freelancer di fastwork. Rencana sih aku mau bikin kitab tutorial menjadi freelancer dari pemula banget sampe advance, ini mulai aku susun. Doakan yah semoga bisa terealisasi. Silahkan komentar dibawah jika ada saran dan kritik yah, terimakasih. 💗Klik link aku💓



Posting Komentar

12 Komentar

  1. Blog menarik yang bagus. Tulisan yang luar biasa dari penulis. Terima kasih telah membagikan postingan yang indah ini. Teruslah berbagi blog yang lebih menarik seperti ini. Protective Order In Virginia

    BalasHapus
  2. The great thing about this post is quality information. I always like to read amazingly useful and quality content. Divorce Lawyers Fairfax VA and keep sharing.

    BalasHapus

  3. As a freelancer on Fiverr who has achieved Seller Level Two, my experience has been very satisfying. Through this platform, I have successfully built a strong reputation and acquired clients from various parts of the world. The evaluation and feedback features from clients have been instrumental in improving the quality of my services. Despite occasional challenges, the opportunity to work flexibly and earn a good income has made my journey as a freelancer on Fiverr highly beneficial both financially and professionally.
    accidente de camión ups

    BalasHapus
  4. Your blog on God-made Food vs. Man-made Food is eye-opening! A compelling exploration of natural versus processed choices. A reminder to savor the goodness nature provides. Informative and thought-provoking!
    Middlesex County Driving Without a License Attorney
    Middlesex County Driving Without a License Lawyer

    BalasHapus
  5. Embarking on the freelancing journey? Explore the captivating experience of becoming a Level Two Seller on Fiverr. This insightful blog shares the highs and lessons of freelancing success.
    abogado de testamentos y sucesiones cerca de mí
    Abogado de Accidentes de Semi Camiones

    BalasHapus
  6. Being a freelancer and working on platforms like Fiverr can be rewarding and challenging. As a freelance writer offering PhD thesis writing services in US, creating a Fiverr account was a decision I initially approached with scepticism. However, once I got the hang of it, I realized its potential for my freelance career.

    BalasHapus
  7. As a freelancer on Fiverr who has achieved Seller Level Two, I got the information from you blog thankyou
    I'm here to help guide you through studying for take my math test for me! I can assist with understanding concepts, working through practice problems, or clarifying any confusing topics

    BalasHapus
  8. bankruptcy lawyers near my location
    Fiverr is a platform that offers numerous benefits to freelancers, including the ability to become a freelancer, receive numerous referrals, and build a strong online presence. The platform has gained popularity among freelancers, with many expressing their satisfaction with the platform's services and positive reviews. Fiverr is also a great platform for those looking to start their own freelance business. Fiverr is a popular platform for freelancers, offering numerous opportunities for work and stable growth. It is highly recommended for those looking to start their own freelance business. In conclusion, Fiverr is a valuable platform for freelancers, offering numerous benefits, a strong online presence, and a strong reputation. It is a platform that is highly beneficial for freelancers, helping them achieve their goals and grow their businesses.

    BalasHapus
  9. It’s an interesting article..!! Thanks for sharing. Looks Useful. Keep Posting new york no fault divorce statute

    BalasHapus
  10. I'm thankful for your contribution and eager to implement the insights gained from your response. Once again, thank you for your considerate and valuable input. If you're also interested in geek vape mod, feel free to explore our selection for top-notch options

    BalasHapus
  11. Hello there, just became alert to your weblog thru Google,
    and located that it’s truly informative.

    BalasHapus
  12. "Pengalaman dan Tips Freelancer di Fiverr Seller Level Two" adalah sebuah posting blog yang informatif dan inspiratif, memberikan wawasan berharga bagi para freelancer yang ingin meningkatkan keterampilan dan pendapatan mereka di platform Fiverr. Penulis berbagi pengalaman pribadi dan memberikan tips praktis untuk mencapai level dua penjual di Fiverr. Posting ini tidak hanya memberikan panduan langkah-demi-langkah untuk meraih kesuksesan, tetapi juga menginspirasi pembaca dengan kisah-kisah keberhasilan. Ini adalah bacaan yang penting bagi siapa pun yang tertarik untuk menjelajahi potensi Fiverr sebagai sumber penghasilan tambahan atau karier penuh waktu dalam pekerjaan lepas.
    divorce cases in new york

    BalasHapus