Rekomendasi Cuan Online di Tahun 2024 Cuma Modal Smartphone Saja

Ide Cuan Online yang Masih Eksis di Tahun 2024 Modal Smartphone Saja, Cocok untuk Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga, Penjaga Warnet | Sebagai content creator yang sering berbagi tips freelance, tips cuan online, dan passive income. Aku tak luput dari banyak komentar dan pertanyaan netijen sosial media. Kek, tiap hari ada aja 10 orang nanya: 

Kak saya mahasiswa nih belom ada laptop, ada gak info kerja freelance modal pake HP kentang aja bekas dari bokap? gue butuh banget nih buat tambah tambah uang jajan. 

Baiklah, karena aku sekarang pengabdi netijen, baik baik...๐Ÿ˜† aku bikin artikel ini untuk memberikan insight baru kepada netijen sekalian, tentang bagaimana kita mendapatkan cuan untuk bekal di tahun 2024 mendatang dan kapanpun itu. Jadi mohon simak seluruh artikel ini ya๐Ÿ‘‡ (dah capek capek bikinnya lol) surveynya sendiri juga lumayan makan waktu.

Rekomendasi Cuan Online di Tahun 2024 Cuma Modal Smartphone Saja

Spill Dapatkan Cuan Online Modal Smartphone Aja, Yuk Simak Artikelnya!

*Saya akan menerima komisi jika kamu melakukan pembelian melalui tautan produk afiliasi yang kutampilkan disini, tentunya tanpa biaya tambahan lagi ya. Iklan lain yang ditampilkan disini bukanlah tanggung jawab penulis*

Pengen dapet penghasilan tapi adanya cuma HP smartphone aja, gak punya skill dan portofolio apa bisa?

Jawabannya bisa. Tapi, apakah bisa dapat banyak cuan? hmm... gimana ya jawabnya. Kerja online itu sangat kompetitif, sedangkan permintaan pasar gak selamanya ada banyak. 

Rekomendasi Cuan Online di Tahun 2024 Cuma Modal Smartphone Saja

Logikanya, semakin mudah pekerjaan tersebut ya peluangnya semakin sedikit. Aku menyampaikan hal ini bukan untuk bikin kamu pesimis yah guys, tapi memberikan informasi realitanya saja. 

Kenapa sih kudu menginfokan kenyataan pahit ini? ya agar ekspektasi kamu gak berlebihan saja. Karena namanya kerja ya butuh skill. Yang bikin konten youtube prank aja butuh skill video editing biar cocok kontennya, butuh skill ngelawak pula.

Semoga dengan intro yang bikin, "hah! kok gitu sih" ini bisa menjadi pemanasan ๐Ÿ˜ตbuat kamu agar bisa lanjut baca rekomendasi cuan online modal smartphone ini.

Jika sudah mantep, kuy lanjut baca. Aku spill sekarang, lesgooooooo!!!

Rekomendasi cuan online di tahun 2024, cuma modal smartphone saja ada beberapa ya. Kamu bisa pilih salah satunya atau coba semua, silahkan.

Pastikan pilih yang sesuai dengan minat atau skill kamu ya, agar tidak 'maksa' atau bikin kena mental. Atau kamu bisa pelajari dulu skill skill yang relate agar tidak kaget pas kamu dapet jobnya.

Caranya bisa kamu pelajari lebih lanjut di sosial media, ecourse online seperti coursera, atau tutorial ecourse aku disini. Berikut adalah rekomendasinya:

1. Modal cuma pake hp kentang, ngonten di sosial media dapet cuan!

Kamu masih inget gak, konten kreator Mursid? yang slogannya selalu "WELL!" pas awal awal ngonten, masih ingat konten youtube pertama kekeyi? yang pake beauty blender dari balon?๐Ÿ‘€. Coba cek deh kualitas videonya seperti apa?.

Enggak!. aku gak nyuruh kamu ngonten selucu itu. Itukan Mursid, itukan Kekeyi, bukan kamu. 

Itu adalah salah dua contoh dari konten kreator yang start 'humble' menggunakan hp pribadi mereka yang seadanya namun kontennya bisa ngena, ngena diotak kita gak sih?.

Tapi berhasil kan? mereka dapat income dari ngonten, adsense maupun endorse. Dengan niche konten pilihan mereka sendiri, ada yang hiburan, ada yang spill resep keripik kaca, dll. 

Nah! tadi kan Mursid dan Kekeyi ya? contoh selanjutnya adalah aku, Ladyaga. Sebetulnya aku ngonten udah dari 2 tahun lalu tapi belom ketemu niche-nya.

Hanya untuk iseng dan suka suka, sisanya njalanin konten suami yang isinya personal branding untuk menjual jasa ilustrasi suami. Akunku sendiri? zonk banget๐Ÿ’

Ya, karena sekali lagi, pada waktu itu aku emang gak begitu mendalami dunia ngonten. Sibuk bener multitasking jadi virtual assistant dan manage suamiku. Untuk serius ngonten, aku skeptis:

Keknya, kalo baru mulai ngonten sekarang ini udah telat!. Aku gak good looking, ngelawak gak bisa, jokes-ku terlalu dark. Ngomong didepan kamera gagap, aku kan 75% introvert. Afah bisa?!

Akhirnya aku iseng iseng share soal potensi cuan online bulan juni 2023, ternyata ada yang FYP Tiktok. Coba lagi ngonten di reels Instagram, eh ternyata FYP juga dan banyak followers bertambah. Ternyata apa yang aku share tersebut bermanfaat untuk netijen. Walaupun ada seorang rekan bisnis bilang:

Mbak Ladyaga, kamu nanti kalo sering share tips dan trick cuan online ke sosial media malah rugi loh!. Kan nantinya ada kompetitor kamu yang ikutin caramu, nyuri ilmu yang kamu share bagaimana?.

Wah! justru aku senang๐Ÿ˜‰, karena ilmu yang aku share bermanfaat. Malah dapat amal dari situ, alhamdulillah. Faktanya, tidak ada rahasia atau trik rahasia menjadi freelancer seperti ini kecuali selalu belajar, upgrade skill, dan konsisten.

Tapi ingat juga rejeki orang berbeda beda, kesabaran juga dibutuhkan.

Oke! motivasinya udahan, kuy lanjoooot!. Jadi setelah FYP aku merasakan dapat hidayah untuk menekuni dunia perkontenan. Kenapa? ya...barangkali ada potensi cuan juga dari situ, karena jujurly pada waktu itu aku memutuskan berhenti dari kerja virtual assistant (karena ada masalah tertentu).

Rekomendasi Cuan Online di Tahun 2024 Cuma Modal Smartphone Saja

Dua bulan berlalu, belom ada hasil apa apa. Cukup capek karena kudu ngonten 3-5 postingan sehari, untuk informasi lebih lanjut mengenai pengalamanku dan tips cuan dari sosial media bisa baca artikelku yang ini ya๐Ÿ‘‰ tips ngonten di tiktok tanpa affiliate produk orang lain.

Apa benefit ngonten di sosial media?

Kamu berkesempatan untuk menjadi micro influencer๐Ÿ‘Œ (jika punya followers mulai dari 500 atau 1000) bisa daftar di partipost misalkan, dan dapat produk gratis dan sejumlah cash. Namun, ada plus minusnya, jadi mohon dicek and ricek terlebih dahulu ya.

Selain itu kamu bisa juga mengajukan proposal ke beberapa brand untuk barter produk dengan jasa konten kamu. Ini teknik jemput bola, silahkan bisa diterapkan.

Namun jangan lupa untuk membuat ratecard terlebih dahulu dan surat terms and condition influencer agar lebih profesional dan jelas. Kamu bisa pakai template freelancer kit nomor 14 disini. 

Jika kamu punya jasa atau skill tertentu yang ditawarkan, dengan eksis di sosial media kamu jadi memiliki massa dan impression baru, yang kemungkinan mereka bisa jadi klien kamu. Cuan gak tuh! he... he... he.

Nanti kalo sudah cuan, bisa beli alat tempur yang lebih yahud. Kek ringlight, stylus smartphone, atau HP aipon? ye kan?.

2. Menawarkan jasa social media designer daftar di platform freelance

Apakah kamu seorang desainer? atau canva enthusiast? nah peluang ini sangat cocok buat kamu. Beneran cuma pake smartphone aja kamu bisa dapat cuan. Namun, kudu punya skill yaitu bikin desain dari canva dan kamu tawarkan ke platform freelance yang valid. 

Kenapa sih kudu pake canva?

Sebetulnya aku gak mewajibkan, hanya merekomendasikan karena canva memiliki aplikasi yang bisa dipake di smartphone *btw, aku bukan affiliator canva ya...*. Selain fiturnya yang beginner friendly, ada dua pilihan yaitu gratis dan pro. Jadi buat kamu yang baru mulai bisa coba canva versi gratis. 

Jika masih kagok pake canva, aku juga ada video ecourse yang bisa bantu kamu untuk menggunakan canva disini, ada pula template canva gratis untuk dukung pekerjaan kamu di link ini: Cuan dari Canva 75K. 

Jualan jasa desain canva di platform freelance apa?

Udah punya skill canva? kamu bisa jual atau tawarkan jasa desain kamu di platform freelance seperti fastwork, fiverr, atau comeup. Untuk kamu yang belum pede dengan bahasa pengantar inggris, bisa coba dulu untuk daftar di fastwork, tutorial dan review fastwork ada disini

Untuk jualan jasa desain menggunakan canva di platform freelance, range harganya sangat variatif, ada yang mulai 50 ribu rupiah hingga ratusan ribu. Jangan lupa survey dulu agar jasa yang kamu tawarkan memiliki impresi yang tinggi. Good Luck!

3. Kamu penulis? yuk jadi kontributor penulis atau ngeblog!

Kamu suka nulis nulis, jadi lebih suka nulis ketimbang kudu tampil didepan kamera atau banyak diskusi dengan calon klien?. Bisa jadi ide cuan online ini sangat cocok untuk kamu. 

Untuk awal awal kamu bisa bikin portfolio dengan ngonten nulis dulu di platform X atau Threads. Instagram dan sosial media lainnya juga recommended kok. Fokus ke tulisannya aja, gak perlu munculin wajahmu gapapa. 

Buat konten motivasi, inspirasi, sharing ilmu, cerita fiksi, lawakan, dll lah. Pokoknya yang bermanfaat untuk netijen, termasuk ngelawak itu kan bermanfaat banget. Bisa menghibur orang lain.

Modalnya pun hanya dari smartphone juga bisa kan?

Atau ada pilihan lain,

Kamu bisa memulai ngeblog, bisa pake blogger atau wordpress silahkan pilih yang mana. Coba coba aja dulu pake yang versi gratis. Barangkali bisa jadi portfolio kamu yang akan bisa dikonversikan menjadi cuan ya kan?

Setelah itu, sudah ada beberapa portfolio, kamu bisa daftar ke platform kontributor penulis misalkan froyonion, wattpad, karyakarsa. Setiap ada yang baca tulisanmu, kamu bisa dapatkan poin yang bisa dirupiahkan. 

Cuannya gak cuma dari situ aja loh, kamu bisa dapatkan tambahan cuan dengan affiliate produk toko orang. Join di program affiliate shopee isi kode: UVUFWLV  atau tokopedia misalkan.

Jadi disela sela kamu ngonten, kamu bisa sisipkan rekomendasi produk dan kalo ada yang beli nanti kamu dapat komisinya. 

Hingga saat ini, tiap minggu aku dapat income tambahan dari affiliate shopee. Kadang dapat 20 rebu perminggu kadang juga cuma dapet recehan. Ya, dapetnya segitu karena aku gak fokus affiliate sih. Mood mood an aja. Tapi lumayan kan?

Dengan modal nulis blog dari hape aja kamu juga bisa mengajukan adsense dan dapatkan cuan dari traffic blog kamu. Selain itu juga ada adsterra yang siap menjadi platform cuan kamu. 

 4. Dapatkan cuan dengan mengisi survey online

Kalo kamu searching searching dapatkan cuan online di research google, pasti salah satunya merekomendasikan untuk mengisi survey online. Apakah masih eksis? jawabannya masih. Tapi yaitu, dapetnya gak banyak, dan proyek isi survey onlinenya juga terbatas. 

Tapi kan sekali lagi yah, kamu bertanya: bagaimana dapat cuan online modal smartphone saja?. Ya inilah salah satu jawabanku. Mengisi survey online hehehe...

Ada banyak sekali platform survey online seperti Toluna, Ysense, Surveyon, YouGov Indonesia, dll. Mohon dicek kembali ketika daftar diplatform tersebut karena beberapa ada yang belum terdaftar di OJK. Sehingga faktor cuannya mungkin sedikit meragukan.

5. Jadi admin chat atau sosial media manager suatu usaha online

Suka chattingan? dan balesnya bisa cepet banget? rekomendasi cuan online ini bisa jadi cocok buat kamu. 

Namun kudu selektif yah untuk cari recruiter-nya karena banyak sekali proyek SCAM diluar sana. Untuk lebih aman bisa join di LinkedIn atau platform freelance agar meminimalisir potensi kena penipuan. Pokoknya kalau belum apa apa disuruh transfer sejumlah dana atau deposit jangan mau ya kakak kakak sekalian. 

Skill yang butuhkan untuk menjadi admin chat atau kang bales balesin komentar netijen di akun sosial media klien๐Ÿ‘‡

  • Skill komunikasi, keliatannya gampang yak cuma balesin chat. Tapi kalo gak ada 'isinya' yah percuma. Ngapain juga perekrut kerjasama sama admin yang gak pandai komunikasi.
  • Kecepatan merespon, kamu kudu cepat cepat balas tapi gak boleh pake emosi loh.
  • Bisa memecahkan masalah (problem solving) kalo ada netijen nuckal ya jangan dibales tapi di adem ademin, berikan solusi lebih baik.
  • Jadi admin yang menghibur, contohnya kek admin akun media sosial netflix Indonesia. Dia favoritku banget!.

Jadi admin chat whatsapp maupun admin media sosial memang sangat menggiurkan guys, modalnya cuma pakai smartphone saja dan kuota. Asik bener, bisa dikerjain sambil rebahan pula. Untuk yang paling advance selain balesin chat ada beberapa pekerjaan lainnya yang mirip mirip:

  • Tim support chat website atau suatu platform.
  • Tim email support, jadi kalo ada klien dari klienmu kirim email, kamu tugasnya balesin emailnya.
  • Admin marketplace dari toko online di shopee, tokopedia, lazada, dll.

Artikel diatas udah aku rangkum dan spill rekomendasi cuan online yang akan dan masih eksis di tahun 2024 ya, cuan modal smartphone. Kalau rekomendasi terbaik aku adalah poin 1, 2 dan 3 karena yang paling banyak peluangnya. Dan jelas cuannya๐Ÿ‘Œ

Tapi ingat modal smartphone aja tidak cukup, kamu kan butuh kuota internet, butuh subscription aplikasi misalkan canva (jika ingin pakai yang pro). 

Yang paling aku sarankan dan tekankan, semuanya butuh skill, portofolio dan konsistensi yah guys.

Jadi hasilnya gak instan, proses cuannya butuh waktu. Jangan pernah percaya dengan ajakan orang lain, yang selalu bilang job gampang tapi cuannya banyak. Hati hati yah๐Ÿ’‹


Posting Komentar

0 Komentar