Akun Etsy Kena Suspend, Berikut Marketplace Alternatif Jualan Produk Digital

Banyak yang berpikir kalo kita jualan di Etsy bakal aman-aman saja dan nggak bakal diblokir jadi pembeli di Etsy. Tapi, apa kabar? Itu ternyata bisa terjadi! Meskipun peluangnya lebih tinggi buat si penjual, jangan sampai terkejut ketika jadi pembeli. Kita harus paham, kalo Etsy punya peraturan ketat buanget, siap-siap akun kita bakal di suspend kalo melanggar aturan, nggak peduli kita pembeli atau penjual.

Jujurly memang daftar di Etsy itu tidak semudah jamanku masih muda (7 tahun lalu) bisa daftar gitu saja yang penting cantumin kartu kredit beres. Eh, tahun kemaren coba lagi malah gagal maning gagal maning. Kena suspend mulu, padahal selalu ikuti prosedur yang ada. 

Akun Etsy Kena Suspend, Berikut Marketplace Alternatif Jualan Produk Digital

Kenapa sih sekarang sulit sekali daftar Etsy, sedikit sedikit kena suspend tanpa tahu alasannya?

Jadi, sesungguhnya marketplace Etsy ini berfokus ke penjualan barang barang kreatif, seni, rajut, dan kerajinan dalam bentuk fisik. Hasil asumsiku yah, sepertinya etsy memang membatasi seller yang berjualan produk digital. 

Ada banyak alasannya seperti masalah lisensi, lisensi font, lisensi aset desain, dll yang kemungkinan mirip dengan seller lain. Sehingga kita yang baru daftar dan posting produk ini jadi dikira njiplak. But, once again this is my opinion only👀.

In my case, aku daftar Etsy tujuannya mau jualan template dan digital product, namun sepertinya aku ada pelanggaran yang TIDAK KUSADARI DIAWAL😖. Yaitu ketika aku posting produk digital (listing) gak langsung bayar tagihannya yang cuma 4000 perak. Ternyata seharusnya kudu langsung bayar cuy, padahal aku udah menautkan segala wallet online dan kartu kreditku dengan sukses. 

Gak pake lama, daftar hari senin langsung kena suspend permanent hari kamis. Buset! se saklek itu sistem pengamanan Etsy, disisi lain salut sih sama marketplace ini karena benar benar menyeleksi sellernya. Disisi lain ya, kesel banget lah!.

Namanya juga marketplace pasti punya sistem dan aturannya sendiri sendiri, kalo udah ditolak mentah mentah gini ya cara terbaik adalah MOVE ON!. Ngapain dibikin stress dan maksain keadaan ya kan? kan masih ada kesempatan lain di marketplace lain bukan??

>> Baca artikel: Gambar Ilustrasi Digital Suka Suka Malah Dapet Penghasilan Online! 

Untuk teman teman yang ingin berjualan produk digital seperti template canva, ilustrasi, e-book, video dan lain lain aku ada solusi marketplace alternatif yang juga populer dan bagus penjualannya. 

Nah! agar lebih mudah daftar ke marketplace ada baiknya kamu mempersiapkan hal hal ini ya, biar lebih mulus aja jalannya:

  1. Siapkan portofolio karya karya kamu seperti desain ataupun yang berkaitan dengan produk digital yg akan kamu jual, bisa posting di sosial media atau website agar ini menjadi bukti bahwa kamu memang sudah ada niatan buat jualan produk digital. Contohnya, aku pengen jualan desain kaos, nah di Instagram aku posting posting desain kaos juga.
  2. Siapkan Paypal atau Payoneer, rekening ini wajib kamu miliki jika ingin jualan digital produk berskala internasional. Tutorialnya banyak kok, tinggal kunjungi website resmi paypal aja. Pastikan sampe sudah divalidasi rekening bank lokal juga ya, agar nanti proses pencairan tidak ada kendala.
  3. Siapkan logo brand kamu dan banner, agar lebih meyakinkan dan kece dong! kan mau jualan kan?. Jika kesulitan kamu bisa pake Canva, disitu banyak kok desain desain logo yang keren.
  4. Siapkan foto foto banner produk digital kamu dan file filenya dengan resolusi bagus. Sebetulnya setiap marketplace memiliki ketentuannya masing masing, jadi jangan lupa dibaca dulu ya guide dari marketplacenya.
  5. Pelajari lisensi karya dan font apalagi jika kamu jualan aset digital dalam bentuk template canva, agar aman dari serangan kompetitor atau kena banned dari marketplace.

Rekomendasi marketplace alternatif untuk jualan produk digital

Creative Fabrica

Menurutku ini adalah marketplace recommended banget sih dan greenflag banget!. Daftarnya gampang banget, ada salah satu followers aku daftar hari ini dan besoknya sudah bisa jualan produk digitalnya.

  • Tidak ada biaya pendaftaran maupun biaya listing, mau ngelist ratusan produk digitalpun GRATEEESS! gak pake ribet.
  • Kamu bisa jualan macem macem produk digital disini, jadi mau jualan random juga boleh asalkan tahu aturan lisensi karya.
  • Settingan UI dan UX nya paling gampang dimengerti, apalagi untuk orang awam.
  • Minimal pencairan dana hanya 10 dollar tanpa potongan biaya admin.
  • Makin banyak ngelist, makin banyak kesempatan untuk laku.
  • Iklan marketing creative fabrica kenceng banget di youtube dan email marketing, jadi tiap seller ada kesempatan untuk laku digital produknya.

Tutorial cara daftar dan jualan produk digital di creative fabrica silahkan baca artikel dengan klik disini ya!

Akun Etsy Kena Suspend, Berikut Marketplace Alternatif Jualan Produk Digital

Gumroad

Gumroad ini adalah marketplacenya para gamer, pemain 3D, dan desainer lain yang butuh brush, pattern, mockup, dll. Jadi marketnya sepertinya tidak untuk orang awam, tapi ada banyak juga jenis produk digital yang bisa dijual disini.

  • Tidak ada biaya pendaftaran dan biaya listing, hanya potongan persenan dari marketplace aja.
  • Bisa jualan brush procreate, mockup model, animasi, templace canva, ebook, buku mewarnai, dll.
  • Pokoknya branding dan tampilan banner kamu kudu bener bener menarik karena target market mereka juga kebanyakan orang yang paham desain juga.
  • Sistem UI dan UX marketplace sedikit lebih menantang tapi bisa kok diikuti saja guidenya.

Tutorial cara daftar dan jualan produk di Gumroad, klik disini!

Creative Market

Mirip seperti creative fabrica, kamu bisa jualan banyak produk digital disini seperti template, video, desain kartu nama, desain banner, desain logo, dll. Tapi marketplace ini mengutamakan keunikan dan originalitas karya. Jadi lumayan selektif dibanding dengan gumroad dan creative fabrica.

Meskipun aku sudah daftar dan memiliki akun di creative market, tapi belum pernah posting apa apa sih disini, jadi belum bisa memberikan feedback yang lebih jelas. Jika sudah aku praktekkan, pasti aku update kok di artikel ini. Ditunggu ya :)


Akun Etsy Kena Suspend, Berikut Marketplace Alternatif Jualan Produk Digital

Melalui Web Builder lokal maupun internasional

Selain rekomendasi marketplace diatas, aku juga jualan produk digital di web builder seperti Lynk.id (milik influencer Agus Leo), Desty page, Milkshake, atau Carrd.co.

  • Cocok banget buat kamu yang lebih aktif di sosial media, atau kamu udah punya banyak followers di instagram maupun tiktok. Jadi bisa langsung ajak calon buyer kamu dengan klik link di bio.
  • Potongan biaya adminnya jadi lebih sedikit, jadi cuannya lebih banyak.
  • Ada yang gratis maupun pro, bisa pilih saja semaumu.
  • Yang muncul hanya produkmu saja, jadi gak bisa tuh calon buyer kamu scroll scroll cari pembanding harga ke kompetitor kamu.
  • Lebih eksklusif dan profesional, karena kamu sudah punya link dan website online sendiri meskipun domainnya masih numpang web builder.
  • Bisa pasang harga sesuka kamu, gak ada yang atur.
  • Bisa mengumpulkan prospek dengan mudah.
Akun Etsy Kena Suspend, Berikut Marketplace Alternatif Jualan Produk Digital
Template surat kontrak freelancer dan sebagainya, klik saja!

Semoga artikel ini memberikan pencerahan disaat akun etsy kamu kena suspend, ternyata ada banyak kan marketplace alternatif jualan produk digital yang bagus juga. Gak perlu panik saat ditolak, pasti ada cara lain kok. Alhamdulillah, aku sudah cair di creative fabrica, lynk.id dan gumroad. Sekarang giliran kamu bestie!❤.




Posting Komentar

1 Komentar

  1. Discovering your Etsy account suspended can be disheartening, but fear not. Explore alternative digital product marketplaces like Gumroad, Creative Market, and Redbubble. Diversify your reach and regain momentum by showcasing your creations on these platforms, turning setbacks into new opportunities.

    BalasHapus