Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica

Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica | Kreatifitas atau keahlian di bidang seni adalah salah satu aset berharga yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah menjual aset digital. FYI buat yang belum tau nih, aset digital adalah segala sesuatu yang dibuat dan dapat disimpan secara digital, dapat dengan mudah diidentifikasi dan memiliki nilai yang berharga, Aset digital bisa berupa gambar, video, template, planner hingga saham sekalipun.

Namun, pernahkah terbesit di pikiranmu untuk menjual aset digital yang kamu miliki? Kalau kamu pernah berpikir untuk menjualnya tetapi masih bingung mau jual kemana? Nah, pas banget nih, aku punya rekomendasi buat kamu yang mau jual aset digital dengan pake ✨Creative Fabrica ✨

Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica

Jualan aset digital, apa sih Creative Fabrica itu?

Creative fabrica merupakan salah satu situs marketplace dimana para desain graphic atau seniman lainnya bisa menjual dan membeli hasil karya digital dengan cara yang mudah. Dengan menjual aset digital di website ini, kamu bisa dapatkan penghasilan hingga 75% dari setiap aset yang kamu jual.

Aset-aset digital yang bisa dijual mulai dari font, template desain, foto dan lain sebagainya. Trus gimana nih caranya untuk bisa berjualan di Creative Fabrica? Nah biar gak penasaran lagi, aku bakal spall spill step by step untuk kamu bisa mulai berjualan. Check this out!๐Ÿ‘€

>>> Tutorial menjual aset digital du gumroad klik disini ya!

Step By Step Daftar dan Jual Aset Digital di Creative Fabrica

Step 1: Siapin Aset Digitalmu

Sebelum kamu daftar jadi seller di Creative Fabrica, pastikan dulu kalau kamu udah punya aset digital yang mau dijual. Aset digital yang mau kamu jual harus memiliki kualitas yang oke dan sesuai sama panduan yang udah dijelasin sama Creative Fabrica, termasuk cek lisensinya yang ada di website mereka. Selain dari segi kualitas yang baik, kamu juga harus bisa mendeskripsikan secara detail produk yang mau dijual, hal ini berfungsi biar customer bisa menemukan produkmu dengan mudah. Produk produk aset digital yang bisa kamu siapkan contohnya :

  • Template canva (biasanya dijual dalam bentuk link template canva): planner, journal, calendar, buku mewarnai anak, template reservasi hotel, spreadsheet, dll
  • Ilustrasi, vector, karya digital: simpan dalam bentuk png, svg, AI, atau PSD bisa kamu buat di mockup agar lebih menarik.
  • Mockup atau Foto: kamu bisa jualan mockup foto misalkan mockup model kaos, perabotan, merchandise.
  • Kelas online/ e book: jika kamu suka share edukasi boleh banget jualan ebook disini, pastikan pakai bahasa inggris karena buyer mayoritas orang luar negeri.

Step 2: Daftar Akun

Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica

Nah, kalau aset yang mau dijual udah siap, dan udah bikin kalimat untuk bisa deskripsiin produkmu, udah saatnya masuk ke langkah ke-2, yaitu membuat akun Creative Fabrica, kamu bisa mengunjungi situs resmi ๐Ÿ‘‰creative fabrica dan di halaman utama cari dan pilih opsi “Daftar” atau “Sign Up” di bagian atas halaman.

Step 3: Isi Data Dirimu

Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica

Yuhu udah step 3 aja nih, nah pada step berikutnya setelah klik “Daftar” kamu akan diminta untuk mengisi data diri untuk melengkapi akunmu. Pastikan nama, alamat email, password dan lain sebagainya akurat dan valid, jangan sampe kamu salah isi data dirimu ya! Oh iya setelah itu lupa kamu bisa klik tombol daftar untuk next ke langkah berikutnya ๐ŸŒป

Step 4: Verifikasi Akunmu

Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica

Lanjott!! Oke habis isi data akun, Creative Fabrica bakal kirim tautan verifikasi ke email yang udah kamu kasih. Setelah membuka email, jangan lupa untuk memverifikasi akun dengan memasukan kode OTP yang diberikan ๐Ÿ˜‰

Step 5: Lengkapin Profilmu

Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica

Nah, setelah akun udah terverifikasi, waktunya kamu lengkapi profil penjual. Upload foto profil, pilih foto yang jelas dan kece, siapa tau ada yang naksir kan, oke next, kamu bisa ceritakan dirimu secara singkat dan penuh percaya diri, biar dilirik buyer dan yang terakhir kasih info tentang jenis aset digital apa yang mau dijual, dengan begitu bakal bikin calon buyer jadi lebih yakin dan percaya untuk membeli produk yang kamu jual. Kalo kata buyer si, emang boleh semenarik itu?๐Ÿ’˜

Step 6: Post a Project

Sebelum memulai berjualan, yuk coba untuk showcase project-project apa yang mau kamu jual, coba tampilkan portofolio desain yang pernah dibuat, tuliskan juga deskripsi secara informatif dan menarik.

Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica

Step 7: Waktunya Buka Tokomu Sendiri

Nah, setelah udah post beberapa karya yang pernah kamu buat, sekarang waktunya untuk membuat toko sendiri di Creative Fabrica. Langkah pertama adalah cari my profile → my account lalu pilih “Turn My Account Into A Designer Account”๐Ÿ‘Œ

Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica

Setelah kamu klik, akan muncul tampilan berikut๐Ÿ‘‡

Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica

Pada halaman ini kamu bisa lengkapi profil mulai dari nama, nama desainer, dan lain sebagainya, karena disini tim Creative Fabrica ingin mengetahui latar belakangmu sebagai seorang desainer. Isi form tersebut dengan jelas dan detail ya agar permintaan dapat di acc.

Setelah lengkap dan selesai klik “Request to Open Shop” dan Request ni akan terkirim ke admin Creative Fabrica untuk proses approve. Setelah di approve maka kamu bisa langsung ke “Design Dashboard” untuk mulai mengunggah produk dan berjualan.

Ada beberapa tips nih untuk mengunggah aset digital yang mau dijual yaitu sebelum upload jangan lupa untuk ikuti panduan Creative Fabrica yang bisa didapatkan pada website mereka, di sana lengkap dibahas deh mulai dari format file dan lain sebagainya. Oh iya ini juga penting selain deskripsi produk yang menarik, jangan lupa untuk buat judul yang jelas, sehingga akan memudahkan client untuk menemukan produkmu.

Cara upload produk digital yang akan dijual di Creative Fabrica: 

  1. Siapkan 3 cover banner creative fabrica berukuran 1169x772 pixel tentu saja menampilkan preview aset digital yang ingin kamu jual.
  2. Isi judul, deskripsi aset digital, informasi fomat file, dll.
  3. Upload aset digital dalam bentuk ZIP file.
  4. Isi harga sesuai keinginanmu.
  5. Isi keyword yang relate dengan aset digital kamu.
  6. Pilih fitur harga dan promosi apa saja yang ingin kamu terapkan (ada 4 macam).
  7. Setelah upload, akan di review pihak Creative Fabrica maksimal dalam 2 hari kedepan.
  8. Aset digital kamu siap ditampilkan๐Ÿ’š

Step 8: Tentuin Harga dan Lisensi

Mostly, Creative Fabrica tuh bakal ngasih kamu kebebasan buat nentuin harga dan lisensi produkmu. Kamu bisa pilih mau jual dengan lisensi komersial atau lisensi pribadi. Pastiin juga nih kalau harganya wajar dan sesuai sama kualitasnya. Biar gak bingung nentuin harga, bisa coba research-research dulu di website Creative Fabrica biar ada referensi.

>>> Tips jualan merchandise pakai premade design dari creative fabrica.

Step 9: Promosiin Produkmu

Udah bikin toko dan upload produk, tapi masih gak ada yang lirik ataupun beli? Tenang untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa nih mempromosikan produkmu lewat sosial media, blog atau platform promosi lainnya. Btw Creative Fabrica juga punya fitur promosi yang bisa kamu manfaatin.

Step 10: Pantau Penjualanmu dan Terus Interaksi sama Customer

Eitss! Ketika udah jadi seller aset digital di Creative Fabrica, ada hal yang penting yang harus kamu ketahui dan pahami. Coba untuk selalu pantau penjualan dan sebisa mungkin fast respon untuk membalas setiap pertanyaan atau masukan dari customer dengan bahasa yang sopan ya. Dengan begitu akan memberikan insight yang positif untuk tokomu.

Gimana? Udah gak bingung lagi kan untuk jual aset digital di internet. Dengan ikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa jadi seller di Creative Fabrica dan mulai hasilkan cuan dari aset digital. Tapi, ada hal yang perlu kamu inget untuk bisa sukses berjualan di dunia aset digital, butuh semangat, komitmen yang kuat dan usaha untuk terus promosikan produk dan toko milikmu.

Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica
Klik untuk dapatkan video ecourse dan listnya☝

Kesulitan untuk mendapatkan inspirasi produk apa yang akan dijual? sekarang lebih praktis loh! aku ada solusinya. Dapatkan 100 inspirasi ide jualan aset digital melalui๐Ÿ‘‰Ladyaga๐Ÿ‘€

Cara Daftar Menjadi Penjual Aset Digital di Creative Fabrica | Semoga artikel ini bisa membantumu untuk memulai berjualan aset digital di Creative Fabrica dan jangan lupa untuk comment dan share artikel ini ke temen-temen kamu ya! Enjoy Selling! ๐Ÿ˜Ž Simak artikel lain yang membahas jualan print on demand menggunakan aset digital dari creative fabrica๐Ÿ‘‰ print on demand creative fabrica.

Posting Komentar

0 Komentar