3 Cara Melupakan Mantan yang sudah lama Pacaran

3-Cara-Melupakan-Mantan-yang-sudah-lama-Pacaran
sumber: canva

Sudah pacaran 5 tahun gagal? sakit banget bestie

3 cara melupakan mantan yang sudah lama pacaran | artikel ini aku tulis bukan karena iseng, tetapi berdasarkan pengalaman pribadi  yang terjadi beberapa abad lalu *eaak. Jadi, artikel ini jelas sekali ditulis untuk kamu yang sudah menjalin hubungan selama hitungan tahun, bisa 1 tahun, 5 tahun atau bahkan 10 tahun *sudah seperti cicilan motor ya? udah lunas kali kalo dihitung 5 tahun. 

Pengalaman pribadi | jujur aku pertama kali mengetahui dunia cinta dan pacaran diusia kuliah, disaat saat tugas masih numpuk, circle pertemanan sangat luas sampai lintas universitas. Beberapa kali juga berganti pasangan karena adalah alasannya *lol. Nah, ada rekor yang paling lama nih pacarannya, anggap saja namanya Bambang. Hubunganku dengan Bambang on off seperti remot AC, terjadi selama 5 tahun, jaman tersebut tidak ada istilah Toxic relationship, Toxic partner, yang sekarang sering diserukan di media sosial. 

Lupakan mantan
sumber: giphy

Kuserahkan hidupku bertahun tahun bersama Bambang, sama sama bucin parah. Dunia seperti milik berdua, saking toxicnya kita sampai tidak peduli dengan sahabat, tugas kuliah atau hobi masing masing. Yang kita lakukan cuma nongkrong di kantin, bermain main, jalan jalan. Maklum, umur segitu masih nakal nakalnya. Hingga suatu hari, kita dititik dimana kudu berpisah saat itu juga.

Sakit?

Pasti.

Tapi jika hubungan kami dilanjutkan, akan lebih sakit lagi. Keluarga dia juga tidak mau terima aku, sedangkan aku tidak bisa menerima dia yang sudah Dropout (alias tidak bisa menyelesaikan studinya) tidak ada jalan lain kecuali menjalani hidup masing masing dan MOVE ON.

Psikosomatik, itu yang kurasakan. Dari penyakit hati sampai badan rasanya juga sakit, menangis sejadi jadinya karena semua impian bersamanya hancur. Perasaan depresi dan stress kulalui berminggu minggu. Pokoknya campur aduk.

Kamu yang sudah lama pacaran dan putus pasti juga pernah mengalami hal ini. Ada buku yang menceritakan kondisi psikologis wanita dan pria setelah putus, kondisinya berbeda. Beberapa wanita setelah putus mengalami masa sedih diawal dan berangsur membaik. Sedangkan pria, 'masuk ke goa' nya sendiri, seperti menikmati hal hal yang dia inginkan seperti pesta, main game, atau travelling lalu baru masuk kearah sedih, sumber:  Men Are from Mars, Women Are from Venus, John Gray 

Lalu apa saja caraku untuk melupakan mantan? berikut adalah beberapa cara yang aku praktikkan: 

Melupakan mantan baca
sumber: canva

Membaca Buku Motivasi Relasi: 

Terdengar klise ya? tapi karena aku suka membaca yah salah satu cara healing-ku membaca buku. Aku iseng ke toko buku terdekat dan mendapat buku yang lumayan bagus. Berikut adalah daftar dan sedikit sinopsis dari bukunya:

John gray
beli di shopee: link disini

Men are from Mars, Women are from Venus | John Gray

Dari buku ini aku jadi paham perbedaan wanita dan pria dari sifat, cara menghadapi masalah, arti dari perilaku, dan tanda tanda yang diberikan kepada pasangan. Ada beberapa poin menarik dalam buku ini bahwa ketika ada masalah datang, reaksi wanita dan lelaki itu berbeda. Lelaki cenderung menjauh, 'masuk ke goanya' seperti mencari pelarian, memancing, sibuk bermain game, atau kumpul bareng teman temannya. Sedangkan wanita cenderung emosional, butuh perhatian dari lelaki tersebut. Untuk lebih lanjut, bisa baca bukunya sendiri yah :)

The Secret | Rhonda Byrne

Buku favorit yang sampai sekarang masih aku baca, berfokus pada LOA (law of attraction) bahwa dunia memiliki gaya tarik menarik. Seperti quotes dari Buddha 'What you think, you become' dari sinilah aku belajar tentang LOA. Ada beberapa tokoh populer dunia, ilmuwan, psikolog, dan ahli spiritual menceritakan pengalaman LOA mereka. Tidak hanya itu, para peneliti juga membuktikan bahwa ketika kita membayangkan sesuatu, badan kita pun akan bereaksi. 

Buku ini memberiku harapan bahwa dimasa depan, aku pasti akan mendapatkan jodoh yang baik. Lebih baik daripada yang kemarin. Jadi, aku terapkan dikehidupan sehari hari, misal duduk disamping tempat tidur seolah olah ada jodoh masa depanku tidur disamping. Mengosongkan beberapa ruang di lemari, membeli 2 mug couple. Membuat diri seolah olah sudah memiliki pasangan, gapapa kan yak praktek nge- halu begini demi harapan dan kewarasan wkwkwk.

Bukunya bisa beli di shopee (klik disini) Bagi yang tidak sempat membaca di youtube ada audio book, dan filmnya. 

Sebetulnya masih ada beberapa buku lagi yang aku baca seperti Filosofi Teras, Everything is fucked, dll. Tapi karena berfokus pada move on, sepertinya 2 buku diatas sudah cukup. Selamat membaca ya :)

Menonton Youtube:



Suatu hari aku dalam perjalanan keluar kota, kepala kusandarkan ke jendela sambil melihat awan gelap sendu. Merasa menjadi wanita yang paling sedih sedunia. Ditambah lagi dengar lagunya Adele, beuh mantap!. Sesekali aku scrolling sosial media, dari nonton video lucu, video musik yang kekinian, dan entah akhirnya mendarat di video youtube TED TALK berjudul The Unstoppable Power of Letting Go. Narasumbernya bernama Jill Sherer Murray, jurnalis wanita yang mengisahkan pengalamannya tentang bagaimana dia menghadapi hubungan yang tidak baik, berusaha untuk melepaskan semuanya dengan ikhlas dan move on.

Rangkuman dari video ini:

Bercerita tentang hubungan Jill dan Hector, meskipun Jill sudah berpacaran dengan Hector selama 12 tahun. Hector selalu menghindar untuk bertemu keluarga Jill, katanya 'belum siap'. Bahkan selama itu, mereka belum pernah tinggal bersama (budaya barat, kalau pacaran biasanya sudah tinggal bareng). Tapi Jill masih sabar dan berharap kepada Hector, menunggu sampai dia siap. Suatu hari Jill menunggu Hector untuk datang bertemu, tetapi malah gak dateng dateng tanpa kabar dan alasan. 

Setelah kejadian tersebut, Jill memutuskan untuk move on dari Hector, alias putus.

Dibayangi dengan harapan yang kandas, di usia 41 tahun, Jill tidak banyak pilihan. Merasa masa depannya semakin sempit untuk mendapatkan kesempatan untuk menjalin hubungan. 12 tahun Jill bersabar, berharap, tetapi gagal. Perasaannya sangat campur aduk, takut dimasa tua dia sendirian. 

Akhirnya Jill berusaha untuk meninggalkan semua, dia jual apartemen dan pindah ke Pennsylvania (berhijrah) yang mungkin ada harapan baru baginya. Meskipun Hector memohon untuk tidak pindah, tetapi Jill tetap pindah dan ingin melupakannya. Bagaimana tidak kesal, selama 12 tahun diberi kesempatan malah ngelunjak.

Seperti kata patkai (kera sakti) yang menyembuhkan rasa sakit hati dan move on salah satunya WAKTU. Setelah beberapa tahun berusaha untuk healing, Jill akhirnya bertemu pria yang tepat melalui online dating, Dan. Jill sangat kagum dengan keunikan Dan, saat pertama kali mereka kencan, Dan memakai kaos kusut dan topi payung agar tidak kena air hujan, tidak lupa Dan memberikan Jill Topi hujan yang sama. 
Setelah 4 kali bertemu, mereka saling jatuh cinta. Tanpa menunggu lama, 1 tahun kemudia Dan menikahi Jill. 
Jill menjadi sadar bahwa, kejadian yang lalu adalah proses untuk bertemu cintanya saat ini. Jill sangat bersyukur bertemu dengan Dan, pria yang sabar, bijak, tampan dan membuat dia menjadi sangat berarti.
Cerita tidak berhenti disitu, Jill mendapat kabar bahwa mantannya, Hector meninggal karena kanker. Lagi lagi, meskipun sudah move on, Jill merasa sedih sepeninggal Hector. Tetapi kali ini Jill berusaha untuk menangkal perasaan negatif seperti itu, dia sudah memiliki cara untuk move on. Berikut tipsnya:
  • Let go of taking things personally | menurutku ini sih artinya, kalau masih diawal, jangan berharap banyak untuk kepentingan pribadi karena kamu tidak bisa mengontrol semua hal. Setelah beberapa waktu berlalu ternyata, Hector tidak siap untuk menikah dan banyak alasan untuk tidak bertemu dengan Jill adalah karena Hector sedang berjuang untuk bekerja dan menghidupi keluarganya. Meskipun fakta ini sedih, tetapi ini adalah masalah yang dihadapi oleh Hector, bukan Jill. 
  • Let go of what other people think | ketika Jill membawa Dan untuk bertemu orang tuanya, tanggapan Ibu Jill adalah," wah kaya, pintar, dan tampan seperti pembunuh berantai Ted Bundy ya?". Karena hal itu, Jill jadi overthinking parah, jadi takut dengan Dan. Tetapi ada konsep yang diyakini oleh Jill. Apapun yang kamu tunjukkan ke orang lain, 10% orang akan membencinya, 80% orang masa bodoh, 10% mendukung. Jadi, Jill bisa mengatasi kecemasannya dengan meyakini bahwa pendapat Ibunya tidaklah benar.
  • Let go of trying to be something you're not | menjadi diri sendiri lebih baik daripada selalu mencoba menuruti kemauan orang lain tetapi tidak bahagia.
  • Let go of the need to be perfect | Quotes jill yang mencengangkan adalah, " siapa yang mau berteman dengan orang yang sempurna?".
  • Let go of "not yet" | jangan pernah menunda sesuatu, apalagi jika pasangan bermasalah, lalu menunggu berharap dia akan berubah.

Membuat Diri Menjadi lebih Sibuk :

Mantan

Hal yang kulakukan adalah membuat diri sendiri menjadi lebih sibuk, melakukan travelling, pergi main kerumah saudara diluar kota, atau melakukan hobi baru. Masih ingat, ditahun setelah aku putus aku berusaha sekali untuk belajar main alat musik, ukulele. Tidak hanya itu, aku ikut seminar seminar wirausaha gratis hampir tiap minggu. Mendapat teman baru, ilmu baru, dan komunitas baru membuat hidupku jadi lebih baru.

Berolahraga juga membuat pikiran lebih fokus, emosi dan energi lebih tersalurkan, daripada harus diam dikosan lebih baik buang keringat. Bonusnya, badan jadi sehat, lebih langsing dan bertenaga.

Jika memang mantan ternyata aktif di sosial media, lebih baik unfollow, mute atau blokir saja. Ingat! jangan pernah kepo mantan, karena gak ada gunanya. Nikmati hidup disaat ini saja, jangan sampai masa lalu membuatmu bete.

Alhamdulillah aku bersyukur setelah masa masa gelap berlalu, ada jodoh yang datang. Kami berpacaran tidak lama, langsung menikah dengan sederhana. Tidak ada foto prewedding, tidak ada resepsi, tidak ada hiburan, tidak keluar dana banyak karena memang waktu itu sedang krisis. Tapi pernikahan kami sangatlah berbahagia. Memiliki suami yang sabar, penyayang, setia, pekerja keras sudah cukup bagiku. Suami menerima semua kekuranganku dengan lapang dada, begitupula aku.

Semua orang punya standar jodohnya masing masing, ada yang ingin memiliki pasangan kaya dan tampan, yang ingin jodohnya nanti seksi bohay, ada yang ingin jodohnya gemuk biar enak dipeluk. Tidak apa apa, jika sampai saat ini kamu belum ketemu dengan kriteria kamu. Jangan pernah menurunkan standar, karena pendapat orang lain. 

Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk melupakan mantan yang sudah lama pacaran ya, jika kamu terkena physical abuse jangan lupa tahap awal ke psikolog terlebih dahulu. Hwaiting!

Baca artikel lain disini: Program diet 

Baca artikel lain disini: Aplikasi cuan



Posting Komentar

11 Komentar

  1. "Nikmati hidup saat ini saja, jangan sampai masa lalu membuatmu bete." Wow, jleb banget kalimatnya. Alhamdulillaah bisa move on dgn cara2 positif, yaa. Nice, Mbak Aga.

    BalasHapus
  2. Wah keren mbak kiat-kiatnya.
    Sangat bermanfaat dan memotivasi generasi muda yang mungkin saat ini ada yang mempunyai masalah yang sama.

    BalasHapus
  3. Move itu susah-susah gampang sih, Mbak? Aku kalau lagi galau tuh menyedihkan. Nggak doyan makan dan nggak mau pergi kemana-mana. Maunya cuma diem aja di kamar dan nggak ngapa-ngapain. Nah loh kok aku malah curhat 😂

    BalasHapus
  4. Moga bahagia selalu sama suami tercinta yaa Agaaa. Kalo aku patah hati biasanya pergi jauh nggak mau selokasi lagi ma yg bikin patah hati dan menyibukkan diri.

    BalasHapus
  5. Tips nya menarik, Mbak. Aku kalo lagi patah hati, ada senengnya juga, Mbak, karena bobot tubuh biasanya menurun drastis tanpa perlu diet. Hehehe.

    BalasHapus
  6. Aga, terima kasih sudah berbagi pengalaman ini dan juga buku maupun video2 yg bagus ini.. insya Allah berguna bagi pembaca yg ingin move on.. salam hangat..

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah cuma punya satu mantan yang sekarang jadi suami. Tapi pernah sih ngrasain patah hati gegara cowok yang diincar dan kek kasih harapan, eh ujung-ujungnya menjauh, menyibukkan diri jadi salah satu hal yang kulakukan saat itu.

    Btw, Mars vs Venus buku bagus buat belajar membangun hubungan sama cowok. Aku di awal nikah dulu banyak berantemnya karena ya itu belum sadar soal Mars vs Venus. Kalau sekarang sih senyumin aja, wkwk.

    BalasHapus
  8. Aku merasakan tu mbak pacaran lama eh tetiba diputusin sepihak cuma via telpon dan beberapa bulan kemudian datang undangan nikah sang mantan dan aku inget banget posisinya tinggal beberapa hari lagi aku ujian skripsi. Krbayang kan kaya gimana rasanya? Merasa jd perempuan paling menderita tapi kalo skr inget kebelakanv bersyukur ai kami ga berjodob. Allab gau apa yg terbaik utk hamba Nya ya mbak. Moga2 dikau bahagia selalu sama paksuami ya

    BalasHapus
  9. Wajib banget dibaca nih buat yang susah move on hehhehe. Aku dulu dah sebulan mau nikah gagal jadi ingat deh masa masa kelam ea... Tips aga bagus semua ini sih.

    BalasHapus
  10. Cool... akhirnya bisa move on dari mantan dengan cara yang elegan. Masa lalu emang ga bisa di-undone... tapi kita selalu punya pilihan untuk move on, entah itu kilat ataupun bertahap. Yuuk live our life to the fullest...

    BalasHapus
  11. Aku pernah ngerasain juga, Aga. Tapi waktu itu posisiku udah kerja sih. Broken heart banget waktu itu, apalagi aku udah merasa bahwa dia bener2 jodohku, tapi Allah Maha Tahu, ada seseorang yang lain yang lebih baik dari dirinya. And I wish, I can be happy ever after with him.

    BalasHapus