Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Melatih Intuisi dengan Bermain Kartu Solitaire

9 komentar
Game Solitaire

Bagaimana peran intuisi dalam kehidupan sehari- hari?

Melatih intuisi dengan bermain kartu solitaire | Kali ini saya membahas tentang intuisi, menurut artikel dari wikipedia. Intuisi adalah memahami sesuatu atau peristiwa tanpa nalar atau tidak rasional. Bisa juga diartikan sebagai getaran jiwa atau getaran hati untuk melakukan sesuatu. Banyak sekali arti lain dari intuisi (yang serupa) yaitu visualisasi, prediksi, firasat, pandangan, ramalan, dll. Jadi misalkan melakukan sesuatu secara tiba tiba (seperti mendapatkan wangsit) dan ternyata kegiatan tersebut sangat membantu atau bermanfaat. Masih bingung? berikut contoh yang pernah aku alami:

Dulu sewaktu masih duduk dikelas 12 SMA, setiap pulang sekolah aku selalu menunggu angkot didepan sekolah. Kebetulan SMA ku posisinya tepat dipinggir jalan besar, mobil kecil hingga truk besar lalu lalang disitu. Karena aku ada les tambahan, aku pulang sedikit telat sehingga keadaan saat itu sudah sepi. 

Biasanya aku menunggu angkot tepat dibawah pohon, tapi entah kenapa aku jalan mendekati warung kecil disebelah pohon. Padahal warungnya sudah tutup dan keadaan tidak ingin jajan. Selang beberapa menit, 

DHUARRRR!! BRAKKK!

Ada mobil dan truk bertabrakan, mobil kecil itu menabrak pohon tempatku menunggu angkot tadi. Untungnya, supir dan semua orang dalam kejadian tersebut tidak ada luka sama sekali. Hanya mobilnya saja yang parah, hingga serpihan kaca bertebaran dimana mana. 

Dalam hati, aku merasa beruntung sekali. 

Untung saja tadi aku berpindah tempat, coba kalau aku terus berdiri diatas pohon? pasti sudah jadi peyek deh! mana kejadiannya cepet banget. 

Nah, dari peristiwa ini bisa jadi adalah faktor takdir, Tuhan Yang Maha Esa sedang melindungimu dari malapetaka. Bisa jadi karena intuisi kamu sangat kuat sehingga memberi sinyal kepada jiwa untuk menghindari sesuatu yang buruk.

Selain logika yang kuat, intuisi juga diterapkan dalam dunia bisnis. Menurut Wikipedia, orang orang yang sukses dalam berbisnis justru lebih banyak menerapkan kemampuan psikis mereka. Yang saya tangkap disini contohnya para eksekutif terkenal seperti Jack Ma, Bob Sadino, Jeff Bezos, Mark Zuckerberg ketika diawal bisnis mereka tidak ada orang yang percaya bahwa bisnis mereka bisa sukses seperti saat ini. Tetapi mereka tetap optimis dan memiliki 'penglihatan' bahwa kedepannya bisnisnya akan sukses. Dan jadilah seperti saat ini.

Berarti para orang sukses tersebut selain memang pintar bisnis, tapi juga jago meramalkan sesuatu yah? mereka punya pandangan kedepan bisnisnya akan seperti apa.

 Intuisi bisa dilatih

Seorang dokter (physician) sekaligus Newyork Times bestselling author, Lissa Rankin, M.D menyebutkan dalam artikelnya di Minbodygreen ada 18 cara untuk melatih dan memperkuat intuisi kita. Beberapa diantaranya yaitu dengan melakukan: 

  • Meditasi ; mencoba untuk memahami dan mendengarkan diri sendiri
  • mulai memperhatikan apa yang bisa dilakukan oleh panca indera dengan
  • memperhatikan mimpi disaat tidur, setiap mimpi kemungkinan memiliki arti
  • melakukan hal yang kreatif seperti melukis, prakarya, memasak, dll
  • berlatih menggunakan kartu tarot, remi, atau jenis kartu lainnya 

Aku yakin beberapa orang sudah memiliki sensitifitas terhadap intuisi, misalkan aku. Tetapi kemampuan ini bisa dilatih dan dimaksimalkan. Sekitar 3 tahun yang lalu aku mulai belajar kartu tarot, karena kebetulan teman dekat ada yang suka bermain kartu tarot. Hasilnya lumayan efektif walau kadang meleset, terutama untuk hal mencari keputusan. 
Bermain kartu lumayan membantuku ketika sedang kalut atau bingung saat mengambil keputusan. Akhirnya, berawal dari iseng bisa membantu teman teman yang juga ingin mencari 'tanda'. Tetapi, karena sekarang terlalu sibuk, aku meninggalkannya. 

Melatih Intuisi dengan Bermain Kartu Solitaire

Kembali ke masa kuliah, aku tinggal bersama kakek nenekku. Ketika baru bangun tidur siang, aku lihat nenekku bermain kartu remi, nama permainannya SOLITAIRE. Hanya bisa dimainkan oleh 1 pemain saja, bertujuan untuk mengurutkan posisi atas (raja) hingga bawah. Meskipun terlihat mudah, tetapi lumayan mikir mainnya. Menebak, mencari, menghitung, dan lain lain. 

Ternyata ada alasannya kenapa nenekku setiap hari bermain Solitaire, yaitu mencari petunjuk. Ya atau Tidak? Sekarang atau Nanti? Banyak atau Sedikit. Bertujuan untuk iseng sekaligus melatih intuisi bagi beliau.

solitaire

 Bermain kartu dengan mudah, tanpa download, tanpa ribet 

Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi bermain kartu untuk melatih intuisi jadi lebih mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tidak perlu beli kartu remi di warung, cukup buka website Solitaire.org sudah bisa bermain kartu secara online.


Klondike Solitaire adalah permainan kartu remi asal Eropa Utara yang memiliki arti 'kesabaran'. Dengan cara mengurutkan kartu dari K,Q,J,10,9,8 dan seterusnya. Biasanya disusun selang seling warna merah dan hitam. Untuk seterusnya bisa cek langsung di websitenya.

Caraku untuk melatih intuisi melalui solitaire

Jawaban iya atau tidak :

Jika memenangkan atau semua kartu sudah terbuka semua (tidak ada yang tertutup) ๐Ÿ‘‰ YA

Jika tidak bisa melanjutkan permainan, salah langkah ๐Ÿ‘‰ TIDAK

Menanyakan tanggal, waktu, dan nomor:

Langkah kartu terakhir. Misal kartu terakhir yang dimainkan 4

Apakah ada jalan keluar? atau pertolongan?

Jika memenangkan permainan/ menyelesaikan permainan

Permainan kartu solitaire ini lumayan untuk menghibur dan mengisi waktu luang di sela sela pekerjaan yang padat. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah, 

Tidak semua yang diperlihatkan kartu adalah suatu kebenaran atau kenyataan, mainkan kartu dengan enjoy saja. Jangan terlalu diambil sebagai hal yang serius, kecuali kalau kamu adalah cenayang. Semua keputusan dari Tuhan YME :)

Pyramid solitaire

 PYRAMID 

Ini adalah variasi permainan solitaire, dengan susunan seperti piramid. Tujuan permainan ini adalah untuk mengeluarkan pasangan kartu yang berjumlah total 13 dari susunan piramida dua puluh delapan kartu. Jadi jika jumlah kartu sudah 13, maka bisa dikeluarkan. 

Kartu King : 13
maka langsung bisa dikeluarkan

Kartu 10 sekop dan 3 hati
bisa dikeluarkan

dan seterusnya...

Caraku untuk melatih intuisi melalui solitaire Pyramid

Menurutku permainan Pyramid ini selain melatih intuisi juga melatih kemampuan matematika LOL. Kadang suka tidak fokus alias stuck dengan penjumlahan kartu. Padahal cuma penjumlahan 13 saja, tidak lebih. Nah, caraku untuk melatih intuisi:

Pertanyaan dengan jawaban iya atau tidak

Jika bisa memenangkan permainan ๐Ÿ‘‰ IYA

Jika tidak bisa memenangkan permainan ๐Ÿ‘‰ TIDAK

Menanyakan tanggal, waktu, dan nomor:

Langkah kartu terakhir

Apakah ada jalan keluar? atau pertolongan?

Jika memenangkan permainan/ menyelesaikan permainan

Kesimpulan

Jika lebih suka bermain kartu remi secara fisik bisa beli di warung warung dengan harga murah. Biasanya sih aku beli di Indomaret hehe. Tapi kalau mau yang lebih praktis bisa langsung mengunjungi  situs Solitaire.org tanpa harus download atau buffering lama. 

Ketika bermain dengan melatih intuisi jangan terlalu diambil secara serius yah, dibawa enjoy dan menanyakan hal hal yang ringan saja biar gak kepikiran. Karena sekali lagi, itu hanya untuk latihan bukan untuk profesi cenayang. Jika ingin lebih serius, bisa menggunakan kartu tarot karena tanda tanda dalam kartunya lebih detail. Berlatih bersama ahli tarot akan lebih baik daripada sendiri.

Semoga bermanfaat yah artikelku kali ini, sampai jumpa di artikel lainnya :)






Terbaru Lebih lama

Related Posts

9 komentar

  1. Dulu pernah beberapa kali main solitare ini, sudah lama nggak main, kapan-kapan coba ah tips Dari aga nih

    BalasHapus
  2. ah jadi ingat duluuuu kusuka min solitaire ini di kompi maupun manual. begitu juga dg 'ramal2an' dengan kartu remi. hihi..sampai ada teman2 yg selalu minta main ini tiap ketemu. eh..sejak kapan aku berhenti ya? rasanya sdh lamaaa sekali!

    BalasHapus
  3. Kalau cerita pohon di atas sepertinya lebih tepat disebut insting, ya.
    Sedangkan intuisi tetap butuh data meski tidak lengkap. Kepandaian membaca pola dari data yang tidak lengkap inilah yang disebut intuisi. Bisa dilatih dengan game seperti solitaire, ya

    BalasHapus
  4. Game favoritku jaman sebelum nikah nih…udh lama jg trnyta ya ga main game lg. Dan skrg bs lgsg akses jg di Solitaire.org…cobain lg ah… Btw,boleh tuh dibacain kartu tarotnya๐Ÿคญ

    BalasHapus
  5. Wah ternyata ada tips and trik ya main solitaire akudah lama ga main game kapan-kapan bia dicoba praktekin saran dari Aga

    BalasHapus
  6. Ini game.kesukaan papaku. Kalo ada waktu luang pasti deh main ini..coba ntar aku kasih tau triknya sama.papa ya

    BalasHapus
  7. Ya ampuun udah lama juga aku nggak main game solitaire ini. Asik sih main ginian karena bisa mengisi waktu sambil nungguin sesuatu. Apalagi sekarang udah ada website yang bisa dijadikan rujukan main game tanpa donwload dulu

    BalasHapus
  8. Lama banget nggak main solitaire padahal zaman dulu berjam-jam betah. Asik banget

    BalasHapus
  9. Jadi ingat, jaman kapaaan ya dulu aku mainan solitaire ini. Kalau sekarang lebih suka main Sudoku, sama2 berlatih strategi dengan unsur angka. Hanya saja beda permainannya.

    BalasHapus

Posting Komentar