Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Dapat 100 dollar dari Aplikasi | Mencari Cuan di Masa Pandemi

9 komentar


dapat 100 dollar dari aplikasi

Asiknya dapat 100 dollar pertama dengan menulis Blog Review!

Dapat 100 dollar dari aplikasi~ Jaman sekarang banyak sekali kemudahan yang terhampar didepan mata kita, tentunya ini akan sangat bermanfaat jika kita SADAR. Harga gadget banyak sekali yang terjangkau dan paket internet juga semakin murah. Berbeda jika dibandingkan dengan 10 tahun lalu yang hanya play youtube saja harus nunggu buffering 2 menitan sampe pegel. Oleh karena kemudahan seperti sekarang ini, kita harus cepat tanggap mencari peluangnya juga. Do you know what i mean? hahahah. Mencari cuan lah tentunya, telusuri terus peluang di internet hingga akhirnya aku menemukan aplikasi yang memberiku cuan.

Berikut adalah list yang akan kita bahas:
  • Pengenalan aplikasi Intellinfluence
  • Proyek apa saja yang bisa dikerjakan
  • Prosedur pendaftaran (login) dan cara dapatkan campaign
  • Pro dan kontra mengenai aplikasi tersebut
  • Kesimpulan

Pengenalan aplikasi Intellinfluence

Penasarankan aplikasi apa itu Intellinfluence yang bisa mengirimkan aku uang $100?. Aplikasi Intellinfluence ini adalah sebuah platform marketplace untuk para influencer dan brand. Mempertemukan brand bran besar kepada influencer nano sampai makro. Kalau yang lebih dikenal di Indonesia contohnya Sociabuzz, Sosiago atau Lemon. Nah, IntellInfluence ini tergolong baru dan global. Banyak sekali brand brand luar negeri memakai aplikasi ini untuk mencari influencer dari berbagai penjuru dunia. Job atau proyek yang diberikan sangat beragam, dari yang mudah sampai yang expert.

Proyek apa saja yang dikerjakan?

Banyak sekali job campaign atau proyek yang ditawarkan Intellinfluence, yaitu:

  • Review aplikasi di playstore atau appstore.
    Ini campaign yang paling mudah, biasanya tidak harus memakai bahasa inggris, tapi bisa juga review pakai bahasa Indonesia. Tentunya, disertai bintang 5 yah agar client puas.
  • Menulis Blog Review.
    Beberapa campaign meminta kita untuk menulis ulasan produk, jasa, aplikasi, atau website mereka dengan mencantumkan link. Beberapa campaign menentukan berapa kata yang harus ditulis, misal 300 hingga 1000 kata. Ada keterangan tambahan seperti do's/dont's (apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan) misal tidak boleh beriklan secara terang terangan tetapi secara smooth, review jujur saja.
  • Blog Placement.
    Konten tulisan dan gambar sudah disediakan oleh brand, tugas kita hanya posting di blog pribadi dengan menautkan link brand. Pastinya dengan ketentuan jumlah kata, bahasa, sesuai target pembaca dan niche website.
  • Repost Content.
    Campaign ini menawarkan kamu untuk me-repost content mereka, bisa berupa tulisan dan gambar atau video. Biasanya kamu hanya upload di sosial media atau blog.
  • Endorse product.
    Biasanya campaign ini akan memberikan kamu produk gratis dan uang tambahan. Membuat konten di sosial media atau blog. Bisa berupa foto atau video, tergantung dengan briefnya.

Prosedur pendaftaran (login) dan cara mendapatkan campaign

Intellinfluence
Halaman utama Intellinfluence

Silahkan kunjungi Intellinfluence untuk daftar akun (sign up). Nantinya akan ada pilihan sebagai Brand atau Influencer. Pastikan pilih yang Influencer yah, lalu isi data diri seperti foto dan akun sosial media. Secara default, intellinfluence menyarankan untuk menggunakan Paypal sebagai aplikasi pembayaran. Jadi siapkan juga akun paypal terlebih dahulu dan cantumkan alamat email Paypal kamu (jangan sampai salah email). Poin yang paling penting adalah menulis profil yang lengkap dan portfolio sosial mediamu agar brand brand yang punya campaign bisa lebih mengenal kamu, apakah cocok untuk campaign mereka. Karena basic dari Intellinfluence adalah bahasa inggris, tulis profil kamu dengan bahasa inggris.

Intellinfluence Profile
Menulis bio menggunakan bahasa inggris

Tulis bio kamu dengan 1 sampai 2 paragraf saja karena menurut saya ini efektif, tidak terlalu panjang maupun singkat. Pakai bahasa inggris yah, jika sulit coba pakai google translate mungkin akan membantu. Lebih baik lagi kalau ada teman atau saudara yang fasih bahasa inggris bis dimanfaatkan heheh. Ada beberapa poin penting yang harus ditulis:

  • siapa kamu? contohnya:
    "I'm a senior photographer with 5 years experience in...."
  • kota dan negara asal, agar klien tahu posisi kamu dimana dan campaign bisa tepat sasaran
  • deskripsi singkat sehingga calon klien punya alasan kenapa harus hire kamu
  • sebutkan skill apa saja yang mendukung kegiatan kamu. Misalkan kamu berfokus untuk endorse produk di sosial media, bisa sebutkan skill video editing, desain canva, dll
  • kata kata penutup, bikin yang santai saja karena ini bukan CV lamaran kerja yah.
Dapat 100 dollar dari aplikasi
Tampilan Marketplace Intellinfluence

Setelah semua data dan profil kamu terisi, bisa langsung buka menu marketplace untuk mencari job campaign yang sesuai dengan niche kamu. Banyak sekali pilihan disitu dengan mayoritas brand luar negeri. Namun tidak semua bisa kamu apply karena beberapa brand memiliki batasan jumlah followers (reach) atau blog visitors. Dan tidak semua brand tersedia untuk negara Indonesia. Seperti jodoh dan rejeki yah, kalau cocok pasti akan ketemu.

apply campaign intellinfluence
apply campaign | menulis proposal singkat

Jika kamu merasa cocok dengan campaign job dari brand tertentu silahkan apply campaign dengan menulis proposal singkat. Cukup 1-3 paragraf saja, tulis hal singkat yang relate dengan brand tersebut. Misal brand tersebut adalah baju ibu menyusui bisa tulis proposal yang relate misal: "saya wanita usia menikah namun masih punya adik yang masih bayi, sehingga produk ini bisa saya peragakan dan saya sebarkan untuk followers saya yang rata rata usia 30 tahun keatas". Jujur juga penting, biasanya saya menulis kalimat tambahan diakhir proposal seperti: "pembaca saya kebanyakan adalah orang Indonesia sehingga saya sering menulis memakai bahasa Indonesia dengan baik dan benar". 

intellinfluence pitch
notifikasi pitch
Perlu diperhatikan, jika sudah mengirimkan proposal singkat jangan langsung dikerjakan briefnya. Tunggu notifikasi atau balasan yang biasa disebut pitch dari admin brand. Biasanya mereka akan mengirimkan detail briefnya terlebih dahulu, jika sudah diterima bisa langsung accept campaign-nya dan segera dikerjakan. Pasti ada deadline yang ditentukan, jangan sampai terlambat. Oh iya, detail brief yang dimaksud adalah waktu pengerjaan (deadline), tagline brand yang ditampilkan, jenis file yang digunakan, dan foto/ gambar yang dipakai.


100% completed work intellinfluence
mengirimkan pesan dan bukti kepada admin
Setelah selesai mengerjakan briefnya, bisa segera kirim pesan bahwa kamu sudah selesai dan bukti foto/ screenshot pekerjaan kamu. Biasanya mereka lebih memilih kamu melampirkan link foto dari postimage.org agar tidak perlu repot repot download file foto. Kalau saya sendiri maksimal 24 jam sudah dibalas oleh admin dan langsung proses pembayaran.

Pro dan Kontra 

Pengalaman pribadiku saat menggunakan aplikasi Intellinfluence ini, so far sangat baik. Pertama kali tahu aplikasi ini dari teman blogger juga, setelah itu langsung daftar. Pagi hari pas habis bangun tidur langsung mantengin laptop, dan isi semua data. Karena aku aries yang selalu gercep dan berambisi, tak perlu menunggu lama, langsung saja apply beberapa job campaign secara random hehe. Terkejut! siangnya langsung dihubungi oleh salah satu admin untuk mengerjakan blog review seharga $100, dalam hati ALHAMDULILLAH! belum ada sehari sudah dapat job segitu. 

Awalnya saya sempat curiga, apa benar nih aplikasi bisa memberikan saya job semudah itu. Padahal waktu itu DA saya cuma 4 saja, receh banget. Positive thinking aja, langsung saya kerjakan deh briefnya. Karena malas malasan, yang seharusnya sehari jadi. Jadi molor 2 hari baru kelar, masih gak percaya saja. 

Besoknya langsung di accept oleh admin. Semudah itukah? langsung saldo bertambah $100 dollar. AJAIB! gak percaya, bingung, joged joged manja deh jadinya. Mungkin memang itu adalah rejeki saya yang sudah lama terpendam? akhirnya cair juga. LOL

Tapi, sekarang kurasa ini sulit. Sudah 10 proposal belum ada yang diterima atau setidaknya dibalas. Hiks😥! perih sekali, kemarin rasanya dibawa terbang menuju luar angkasa, sekarang dilupakan. Jadi memang aplikasi ini tidak menjamin kamu mendapatkan uang secara instan, namun juga memperhitungkan peruntungan dan usahamu. Rajin kepo marketplace, kirim proposal yang baik, dan menambah jumlah reach sosial media. 

(+) Pro's Intellinfluence: 

  • semua orang bisa daftar, tidak harus punya followers yang banyak atau DA PA blog yang tinggi
  • brand internasional, ada yang boleh pakai bahasa Indonesia ada juga yang berbahasa inggris
  • proses administrasi cepat
  • lumayan sebagai side hustle, menambah pundi pundi rupiah
  • trusted! bukan aplikasi bodong

(-) Con's Intellinfluence:

  • karena masih baru, brand yang ditampilkan masih sedikit
  • mayoritas brand membutuhkan konten berbahasa inggris
  • tidak semua brand tersedia untuk Indonesia

Sampai saat ini ditanggal 13 oktober 2021 saya belum ada proyek lagi yang di acc😭semoga esok hari bisa lebih beruntung dan dapat proyek lebih dari $100. AMIIIN!. Yang bisa dilakukan selagi menunggu adalah rajin rajin menulis blog, bikin konten disosial media sehingga menaikkan engagement.

Kesimpulan

Demikian review dan tutorial versi saya pribadi mengenai dapat 100 dollar dari aplikasi, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Tidak ada niat lain melainkan share pengalaman pribadi dan memberi informasi peluang rejeki kepada pembaca semua. Jika ingin membahas aplikasi lain silahkan kirim komentar dibawah ini. Untuk artikel artikel tutorial lainnya silahkan silahkan cek: Tutorial




Related Posts

9 komentar

  1. Aku malah baru tahu ada aplikasi kece gini, cocok banget juga ya buat mamak-mamak blogger hehehe

    BalasHapus
  2. Teman blogger memberiku info ttg aplikasi ini..tapi aku msh maju-mundur cantik, blm daftar jg..hehe.. Pertama sih krn males bikin paypal, kedua jiper duluan sama bhs Inggris! wkwk..receh bgt ya alasannya.. Tp baca review mba ini jd lebih asz bayangan ttg aplikasi ink. Trmksh

    BalasHapus
  3. Wow, ini lebih dari sekedar lumayan ya kalau sampai $100 feenya. Kalau begini mah pasti tertarik banget dah.

    Konten kita nggak harus berbahasa asing kan ya kak?

    BalasHapus
  4. Mantap juga nih kalau satu job worth 100 dollar gini. Semoga segera dapet job lagi ya Aga. Mau bikin akun juga ah di intellinfluence.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah aku udah nerima 100 dolar pertamaku dari Intellifluence. Sedih juga sih, berkali-kali apply job lain belum diterima lagi. Wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. Waah mupeng 100 dollarnya. Mau gabung juga ah, mencoba peruntungan di sini.

    BalasHapus
  7. Waaah maaauu... Aku tahunya yang berbahasa Indonesia hihii.. Keren juga nih misal bisa lolos dan dapat dollar. Gimana ya rasanya, jadi pengen apply

    BalasHapus
  8. Menarik juga ya platformnya bisa jadi peluang baru untuk blogger dan konten kreator mendapatkan penghasilan tambahan... Ngiler 100 dollarnya..

    BalasHapus
  9. Aku juga udah dapat 100$ dari Intellifluence nih, tapi baru masuk ntar November. Udah nggak sabar pengen segera cair, wkwk. Toss juga belum dapat job lagi, mungkin harus bikin offering yang lebih menarik yaa :)

    Semoga makin sukses dengan Intellifluence ya mbak :)

    BalasHapus

Posting Komentar