Tutorial Membuat Konten Promosi Gig Fiverr di Pinterest

Apakah kamu seorang freelancer dan sudah terdaftar di Fiverr?. Menjadi freelancer di Fiverr memang perlu kerja cerdas karena banyak saingan tidak hanya dari dalam negeri namun dari luar negeri. Bisa jadi sama sama memiliki gig desain logo, kompetitor kamu memiliki gig desain logo yang jauh lebih laris, dengan rating terbaik, dan harga lebih murah sehingga buyer lebih memilih kompetitor kamu. 

Eitts! jangan overthinking dulu, karena nyatanya yang punya pemikiran begini gak kamu saja kok, saya (penulis) sekaligus freelancerfreelancer juga di Fiverr ada rasa minder karena takut kalah saing dan gig sepi. Namun, seiring berjalannya waktu, aku jadi lebih paham untuk bisa mengontrolnya dengan cara memperbanyak promosi gig Fiverr diluar platform. Gimana ya caranya? yuk simak sampai abis.

Tutorial Membuat Konten Promosi Gig Fiverr di Pinterest

Solusi Gig Fiverr Laris Manis, Berikut Tutorial Membuat Konten Promosi Gig Fiverr di Pinterest

Sebelumnya aku pernah menulis artikel ini 10 cara ampuh mempromosikan gig Fiverr kamu , nah karena banyaknya permintaan untuk lebih jelas dengan tutorial step by stepnya silahkan simak artikel ini sampai habis dan langsung dipraktekin yah. 

Step 1: Gig Fiverr Aktif

Pastikan terlebih dahulu kamu memiliki gig Fiverr aktif yah, syukur syukur yang sudah pernah dapat 1 buyer. Tapi kalau masih new seller banget, gapapa yang penting akun Fiverr sudah ter-verifikasi dan gig kamu aktif. Jangan lupa lengkapi semua profil, deksripsi gig Fiverr dan semua data yang perlu ditampilkan agar tidak missleading calon buyer kamu. 

Tutorial Membuat Konten Promosi Gig Fiverr di Pinterest

Step 2: Membuat Akun Pinterest Business

Jika kamu memiliki akun pinterest normal, langsung saja diperbarui dengan mengubahnya menjadi akun bisnis. Kenapa harus akun bisnis? karena akun bisnis bisa menampilkan tautan eksternal. Jadi kalau kamu upload konten, makan user yang meng-klik konten kamu langsung masuk ke link yang kamu tautkan. 

Untuk cara membuat akun pinterest business ada di artikelku yang ini yah 👉Cara daftar akun pinterest business

Tutorial Membuat Konten Promosi Gig Fiverr di Pinterest

Step 3: Membuat Konten Promosi Gig Fiverr

Konten yang bisa diupload ke pinterest itu bisa dalam berbagai jenis seperti konten foto, ilustrasi atau gambar, dan video berdurasi pendek. Setiap platform sosial media memiliki ciri khas tertentu yah, termasuk pinterest. Pinterest ini selain mengkategorikan konten secara keyword atau trend pencarian, juga mempertimbangkan estetika konten, palet warna dan ukuran konten. 

Kesimpulannya, sebisa mungkin kamu upload konten promosi gig Fiverr yang tidak asal asalan namun diperhatikan estetika dan desainnya agar enak dipandang mata manusia. 

Aku pribadi lebih suka menggunakan Canva Pro karena sudah tersedia template konten pinterest yang bisa dipakai dan modifikasi sesuka hati. Lumayan mempercepat waktu karena tidak perlu repot repot cari inspirasi terlebih dahulu. 

Untuk ukuran sebetulnya bebas, namun jika aku membuat konten pinterest biasanya lebih sering ambil  ukuran 1000x1500 pixel (konten slide dan foto) dan 1080x1920 (konten video). 

Tutorial Membuat Konten Promosi Gig Fiverr di Pinterest di Canva
Pakai template pinterest di Canva, desain sesuai dengan kontenmu

Tutorial Membuat Konten Promosi Gig Fiverr di Pinterest
Save dalam bentuk JPEG atau MP4 lalu klik 'unduh'

Baca juga artikel >>> Platform Frelance Fiverr VS Upwork, mana yang lebih unggul?

Tips Ngonten di Pinterest

Buatlah konten yang estetik, mengedukasi dan informatif. Tidak hanya hard selling dengan menampilkan portofolio saja. Seperti contoh, jika gig Fiverr kamu menawarkan jasa penulisan artikel maka buatlah konten tips membuat artikel yang bagus dalam bentuk list atau tabel. Hal ini akan menarik buyer untuk meng-klik dan akhirnya membeli jasa gig Fiverr kamu. 

Step 4: Mengisi Judul, Deskripsi, Tag Konten Pinterest

Judul untuk Konten Pinterest adalah kunci utama:

Judul adalah elemen pertama yang akan dilihat oleh pengguna Pinterest. Pastikan judul yang kamu tulis singkat, padat, dan jelas. Gunakan kata kunci yang relevan dan menarik untuk memastikan judul konten promosi gig Fiverr kamu mudah ditemukan melalui browser google. Contohnya, "Logo Design Idea for Food Franchise", atau "Stunning Template Design for Skincare Product.

Deskripsi yang jelas dan informatif:

Deskripsi adalah kesempatan kamu untuk memberikan lebih banyak informasi tentang konten Anda. Gunakan deskripsi untuk menjelaskan dengan lebih rinci apa yang dapat diharapkan oleh pengguna dari konten pinterest kamu. Sertakan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan SEO dan mempermudah pencarian.

Tag yang Relevan:

Tag adalah hal penting untuk mengkategorikan dan mengoptimalkan konten kamu di Pinterest. Gunakan tag yang relevan dan spesifik untuk memastikan konten promosi gig Fiverr muncul dalam pencarian yang tepat. Jangan terlalu banyak menggunakan tag; sekitar 5-10 tag yang tepat sudah cukup. Misalnya, untuk pin desain logo bisa gunakan #logodesign atau jasa ilustrasi #illustration dan sebagainya.
Tutorial Membuat Konten Promosi Gig Fiverr di Pinterest
Isi semua judul, deskripsi, link, tag

Step 5: Menautkan Link Gig Fiverr di Konten Pinterest

Nah ini adalah tahap paling vital! yaitu menampilkan link gig Fiverr kamu, karena nantinya jika ada orang yang nge klik pin pinterest yang kamu upload akan langsung menuju ke gig Fiverr kamu. Caranya adalah, kamu buka gig Fiverr lalu copas link dengan sempurna dan benar. 

Setelah itu paste di kolom tautan, beres deh!

Tutorial Membuat Konten Promosi Gig Fiverr di Pinterest
Copy link gig Fiverr kamu

Agar lebih wadiwaw hasilnya, saranku kamu harus konsisten untuk upload pin pinterest ini secara berkala. Bisa setiap hari ada 1 pin, atau sehari ada 3 pin silahkan yang penting konsisten. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Sangat tidak dianjurkan spamming, atau upload konten yang sama berulang ulang dalam satu waktu. Seharusnya divariasikan jenis konten, link yang ditautkan, dan deskripsinya agar tidak kena banned Pinterest.
  • Tidak me-repost atau mencuri konten orang lain dari google, pinterest maupun platform lainnya karena rentan untuk kena blokir atau laporan pelanggaran hak cipta.
Tutorial Membuat Konten Promosi Gig Fiverr di Pinterest
Tampilan setelah di upload ke Pinterest

Kesimpulan

Konsisten meng-upload konten pinterest dan jangan lupakan link gig fiverr kamu, hal ini bisa menaikkan popularitas agar bisa lebih banyak potensi mendapatkan buyer baru di Fiverr. Sekalian upload portofolio, edukasi dan insight yang kamu pahami dibidangmu, GO WILD bestie❤
Tertarik dengan artikel Ladyaga, jangan lupa subscribe yah👄

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Make visually appealing Pinterest pins to advertise your Fiverr work! Display your abilities with eye-catching images and succinct, interesting text. Draw attention to your gig by emphasizing its special selling point. Use hashtags and pertinent keywords to increase reach. Boost your Fiverr profile by strategically promoting on Pinterest."General law encompasses rules and regulations established by governments to maintain order, protect rights, and ensure justice. It includes civil, criminal, and administrative law, governing areas like contracts, property, and personal conduct. Law serves to resolve disputes, penalize unlawful actions, and provide a framework for societal functioning, ensuring fairness and security within the community.
    file uncontested divorce virginia

    BalasHapus

  2. Learn how to create effective ||Notice of Appearance Divorce New York||Conversion Divorce New York State Fiverr gig promotional content on Pinterest with this tutorial, complete with attention-grabbing visual strategies.

    BalasHapus