Cara Mengatasi Maag Sejak Dini, Hindari Resiko Penyakit Sekarang!

Gaya hidup sehat kini tidak hanya menjadi trend, tetapi telah bertransformasi menjadi kebutuhan dalam kehidupan masa kini. Banyak yang belum paham, kesehatan yang prima menjadi aset berharga yang mendukung berbagai aspek kehidupan, mulai dari pekerjaan hingga interaksi sosial.

Perkembangan jaman dan teknologi membuat kita semakin sibuk dan tidak ada waktu untuk menjaga badan, hingga datang masalah penyakit seperti obesitas, sakit punggung hingga penyakit maag. Artikel ini akan memberi informasi cara mengatasi maag secara alami.

Kenapa kesehatan lambung perlu dijaga? 

Bersumber dari film dokumenter Netflix yang berjudul Hack Your Health: The Secrets of Your Gut, perut dan metabolisme adalah cerminan dari diri kita. Yang ada didalam sistem pencernaan seperti lambung, usus halus, usus besar, adalah yang menjaga keberlangsungan hidup kita. Tentu saja jika tidak dijaga kesehatan lambung dan seluruh sistem pencernaan akan menimbulkan resiko kesehatan.

Penyakit maag amat sangat populer apalagi dikalangan, tidak pandang bulu entah kamu masih muda atau sudah tua dan dari kalangan ekonomi atas, menengah, bawah bisa saja terkena resiko penyakit ini. Berbagai cara mengatasi maag secara medis maupun alami tersedia di berbagai sumber seperti buku kesehatan, buku medis, konsultasi dokter, hingga terapi rempah rempah. 

Apa saja kebiasaan gaya hidup yang menjadi pemicu sakit maag?

Terkadang kita tidak sadar bahwa kebiasaan hidup sehari hari adalah hal yang tidak sehat, karena kurangnya 'kesadaran' ini membuat badan menjadi 'protes' dan akhirnya bermasalah. Ada beberapa pemicu datangnya penyakit maag. Menurut dr. Fadhli Rizal Makarim (halodoc), penyebab sakit maag adalah:
  • Memiliki tekanan mental seperti stress, terlalu cemas dan depresi memberi pengaruh buruk bagi kesehatan salah satunya pada lambung.
  • Adanya infeksi lambung dari bakteri Helicobacter Pylori
  • Terkena efek samping karena mengkonsumsi obat yang mengandung anti-inflamasi non-steroid.
  • Terlalu banyak makan dalam satu waktu
  • Kegemukan.
  • Makan terlalu tergesa gesa.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, minyak dan pedas.
  • Terlalu banyak minum minuman kopi (berkafein) atau soda.
  • Makan coklat secara berlebihan.

Penyakit maag sendiri terjadi karena iritasi atau peradangan di lambung. Karena rusaknya mukosa sehingga asam lambung menyentuh lapisan mukosa yang meradang dan terjadi perasaan nyeri atau perih yang membuat tidak nyaman. 

Rasa perih yang tidak nyaman tersebut biasanya disertai dengan rasa mual, kembung di perut bagian atas, sering bersendawa, nyeri dan panas di ulu hati, dan rasa kenyang lebih lama (tidak nafsu makan). Yang paling beresiko adalah perasaan tidak lapar tersebut, sehingga kita sering lupa dan telat makan, berulang ulang terjadi akibatnya kena maag akut. 

Bagaimana cara mengatasi maag?

Ada banyak sekali cara untuk mengatasi penyakit maag, namun diiringi dengan memperbaiki gaya hidup agar tidak kambuh dikemudian hari. Cara mencegah agar tidak terkena maag atau membuat maag tidak datang lagi dikehidupan kamu adalah:

  • Menghindari stress dan kecemasan berlebih: namanya juga manusia pasti pernah mengalami stress, namun kita bisa ubah perasaan ini dengan menyalurkannya ke kegiatan positif seperti meditasi, yoga, olahraga ringan, atau sekedar jalan jalan melihat pemandangan. 
  • Makan teratur, pastikan kamu makan dengan teratur agar kebutuhan nutrisi terjaga. Meskipun tidak merasa lapar, tetap usahakan makan agar energi bertambah dan mempercepat proses penyembuhan. 
  • Diet sehat atau atur pola makan, salah satu pemicu terkena maag adalah kegemukan. Coba untuk mengatur pola makan dan konsultasikan ke dokter gizi untuk mengatur diet kamu. 
  • Minum air putih yang cukup, manusia normal biasanya membutuhkan cairan minimal 2 liter perhari. Kamu bisa bawa tumbler favoritmu yang berisi air putih yang bisa kamu minum kapan saja dimana saja. 
  • Kurangi konsumsi makanan pedas, berlemak, bersantan. Karena ini menjadi pemicu rasa mual, eneg dan kembung dalam perut. Gantilah dengan makan makanan sehat yang banyak serat dan protein dengan cara memasak ditumis, kukus atau panggang. 
  • Hindari minuman berkafein dan bersoda, gantilah dengan banyak minum air putih atau bisa minum es teh yang segar. 
  • Hindari kebiasaan merokok selain beresiko untuk paru paru, merokok juga menjadi pemicu penyakit maag.
Cara mengatasi maag

Cara mengatasi maag dengan alami

Jika mengalami sakit maag yang terasa nyeri dan pedih pada area lambung, ada beberapa cara untuk mengatasi maag secara alami seperti:

  • Menyeduh teh hijau dicampur madu diminum hangat hangat akan mengurangi rasa sakit diperut.
  • Membuat seduhan rempah rempah JSR ala dr.Zaidul Akbar dengan cara mencampurkan irisan jahe, kunyit, lengkuas, sereh, lemon dan sedikit madu murni.
Dengan mengkonsumsi rimpang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh terutama pencernaan kita. Rimpang yang cocok untuk menjaga kesehatan lambung dan mengatasi maag salah satunya adalah kunyit.

Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus
Karena kunyit memiliki kandungan Curcuminoid yang berperan untuk mengontrol asam lambung dan melindungi lapisan mukosa sehingga mengurangi iritasi di lambung. Saat ini mengkonsumsi rimpang sangat praktis karena sudah ada produk alami asli Indonesia Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus yang mengandung kunyit dan black pepper, siap untuk melindungi lambungmu dari serangan maag. 

Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus Soft Capsule berisi 50 Kapsul, mengandung zat aktif curcuminoid dan piperine standar dalam bentuk mini soft gel yang mudah ditelan dicerna tubuh. Diproses menggunakan teknologi low temperature extraction agar kandungan dalam kapsul terjaga dan stabil. Tentu saja sudah standar GMP dan HALAL. 

Posting Komentar

1 Komentar