Cara Daftar Akun Bisnis Pinterest dan Promosikan Produk Digital

Cara Daftar Akun Bisnis Pinterest dan Promosikan Produk Digital | Pinterest adalah sebuah platform media sosial yang memungkinkan pengguna buat menemukan, menyimpan dan berbagi ide dan inspirasi melalui gambar dan video, ada banyak hal yang bisa kamu dapetin di Pinterest lho, mulai dari inspirasi masak, fashion, DIY, desain poster, gaya hidup, website dan masih banyak lagi. Oh iya selain itu, di pinterest juga kamu bisa lho mencari, menjelajah bahkan mengorganisir konten yang menarik bagi kamu.

FUN FACT: Pinterest itu kalau dikatakan sosial media...hmm..tidak juga, dikatakan sebagai website juga tidak. Menurutku pinterest ini adalah 'Search Engine' seperti google, hanya saja didominasi oleh konten visual seperti foto, ilustrasi, maupun video pendek. Jadi wajar sekali, pinterest menjadi sangat populer untuk orang orang yang suka cari inspirasi unik.

Pinterest gak cuma tempat untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif, tapi juga merupakan platform yang untuk kamu bisa mempromosikan produk atau jasa. Penasaran gimana caranya? Yuk ikuti langkah-langkah berikut untuk daftar akun bisnis dan mulai promosikan produkmu di Pinterest ๐Ÿ”ฎ

Cara Daftar Akun Bisnis Pinterest dan Promosikan Produk Digital

PROMOSIKAN JASA DAN PRODUK DIGITAL KAMU DI PINTEREST, DAPATKAN TRAFFIC LEBIH TINGGI DAN BERPELUANG CUAN๐Ÿ’š

Step 1: Buat Akun Bisnis Pinterest

Okay, memasuki langkah yang pertama yaitu membuat akun bisnis Pinterest. Kamu bisa membuat akun bisnis baru atau meng-upgrade akun personal menjadi akun bisnis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Daftar Akun Bisnis Pinterest dan Promosikan Produk Digital
  • Masuk ke akun Pinterest kamu atau buat akun baru jika belum memiliki.
  • Klik tiga titik di kanan atas halaman Pinterest dan pilih "Tambahkan Akun Bisnis Gratis".
  • Pilih opsi "Buat akun bisnis baru" atau "Ubah akun pribadi menjadi akun bisnis" sesuai kebutuhanmu.
  • Jika memilih opsi "Buat akun bisnis baru", ikuti langkah-langkah pendaftaran dan masukkan informasi bisnis yang diperlukan.
  • Jika memilih opsi "Ubah akun pribadi menjadi akun bisnis", ikuti langkah-langkah yang ditampilkan.

Step 2: Lengkapi Profil Bisnismu

  • Setelah kamu memiliki akun bisnis, selanjutnya adalah melengkapi profilmu, langkah pertama yan harus dilakukan adalah menambahkan foto profil atau logo bisnismu, pilih foto profil yang jelas, unik dan menggambarkan bisnis yang akan kamu promosikan, dengan cara klik foto profil di kanan atas dan pilih "Edit profil."
  • Selanjutnya, jangan lupa juga untuk atur nama tampilan yang relevan dengan bisnismu dan gunakan kata kunci yang relevan juga. Misal kamu mau promosiin di bidang fashion, maka kata kunci juga harus relate sama kata fashion
  • Buat deskripsi profil yang singkat, informatif, dan menggambarkan bisnismu, tulis sejelas -jelasnya ya, buat audience paham dengan produk apa yang mau kamu jual ๐Ÿ˜‰
100 ide digital produk tercuan 2024
Inspirasi 100 ide digital product tercuan, klik untuk info lebih lanjut!


Step 3: Verifikasi Situs Web Bisnismu di Pinterest ๐Ÿ“ฉ

Pinterest juga perlu lho melakukan verifikasi akun bisnismu untuk memastikan bahwa kamu adalah pemilik asli dari akun ini, dan memungkinkan juga untuk kamu bisa mengakses fitur bisnis lainnya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk verifikasi di Pinterest:

Cara Daftar Akun Bisnis Pinterest dan Promosikan Produk Digital
  • Masuk ke akun Pinterest bisnismu.
  • Klik tiga titik di kanan atas halaman Pinterest dan pilih "Pengaturan".
  • Pilih opsi "Klaim" di menu sebelah kiri.
  • Masukkan URL situs web bisnismu di kolom yang tersedia.
  • Pilih metode verifikasi yang ingin kamu gunakan, seperti menggunakan tag HTML atau mengunggah file HTML yang disediakan oleh Pinterest.
  • Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses verifikasi.
  • Verifikasi situs web bisnismu di Pinterest. Untuk memaksimalkan efektivitas promosi produkmu, maka kamu harus memverifikasi

PRO TIPS: Jika belum punya website dengan domain milik sendiri, kamu bisa memanfaatkan web builder gratis seperti Milkshake, Caard.co, akun Fiverr kamu, Linktree, dll. Namun harus ingat itu pakai atau atas nama kamu sendiri, bukan orang lain.

>>> BACA JUGA! Artikel: Cara Menaikkan Ratusan Tayangan Pinterest Kamu!

Step 4: Create Pin & Board ๐ŸŽจ

Oke setelah semuanya selesai, sekarang waktunya untuk kamu melakukan promosi dengan mengupload atau membuat pin yang ada di Pinterest, ya Pin ini merupakan istilah yang dipakai untuk mengunggah hasil karya yang akan kamu promosikan, jangan lupa pakai kualitas yang HD ya dan deskripsikan produkmu secara jelas, biar audience tau nih produk apa yang lagi kamu promosiin. Selain itu, kamu juga bisa membuat board yang relevan dengan produk atau jasamu, misalnya nih kamu mau jual pakaian maka board yang relevan adalah Tren fashion atau inspirasi gaya atau mungkin OOTD casual, dan lain sebagainya, ya board itu mirip kayak folder gitu deh๐Ÿ‘Œ

Cara Daftar Akun Bisnis Pinterest dan Promosikan Produk Digital

PRO TIPS: Pastikan kamu membuat konten pin seperti foto, ilustrasi, maupun video dengan ORIGINAL dan tidak asal comot dari akun orang lain. Pakai aset aset digital yang free lisence misalkan dari freepik versi gratis, pexel, dll. Karena banyak sekali user pinterest yang di banned karena melanggar hak cipta. So, be wise๐Ÿ’š

Cara Daftar Akun Bisnis Pinterest dan Promosikan Produk Digital

Step 5: Pake Kata Kunci yang Relevan

Pinterest merupakan salah satu visual search engine, jadi kalau mau produkmu dilihat dan dikenal oleh banyak orang, maka kata kunci yang relevan adalah koenci utama kesuksesan promosimu. Pastiin untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa yang kamu promosiin, dan jangan lupa juga sekali lagi, deskripsi produk juga harus relevan dengan pin yang kamu buat. Hal ini akan membantu pinmu muncul ketika audience mencari produk dan layanan yang serupa๐Ÿ‘€

Cara Daftar Akun Bisnis Pinterest dan Promosikan Produk Digital

Langkah 6: Promosikan Produkmu di Pinterest

Jika kamu ada produk digital yang dijual dibeberapa markteplace misalkan Canva, Creative Fabrica, Gumroad, Esty, dll maka kamu bisa promosikan produkmu di pinterest. Buatlah board sesuai tema produk dan konten pin yang relevan. Misalkan kamu punya produk digital 'planner digital', maka kamu bisa membuat pin yang mempromosikan planner kamu. Jangan lupa menautkan link marketplace kamu agar ketika audiens klik pin langsung masuk ke marketplace dan ada kesempatan untuk membeli produkmu. CUAN DEH!

Cara Daftar Akun Bisnis Pinterest dan Promosikan Produk Digital

FUN FACT๐Ÿ’ฆ: Aku sendiri sudah coba untuk konsisten upload konten di pinterest, sekitar 3-4 pin/ hari dan mendapatkan 150 ribu tayangan perbulan, menurutku ini fantastis banget. Karena bisa reach calon konsumen lebih luas.

Langkah 7: Share & Interaction 

Nah ini juga penting lho, jangan lupa untuk berinteraksi dengan join grup-grup penjual di Pinterest, Follow board yang sesuai sama produkmu, join komentar orang lain buat promosi produkmu, atau bisa juga bikin konten yang menarik, yang penting masih relevan produkmu ya. Hal ini bakal bantu kamu buat lebih banyak dikenal lagi dan bisa pelan-pelan mulai bangun followers yang lebih besar, dan bisa meningkatkan eksposure produkmu.

Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi: Membuat Akun Bisnis Pinterest

Cara Daftar Akun Bisnis Pinterest dan Promosikan Produk Digital | Langkah-langkah di atas merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk promosiin produk atau jasa melalui Pinterest. Pinterest merupakan salah satu platform yang cocok untuk bisa memperluas network dan pastinya akan meningkatkan penjualanmu kedepan. Inget ya gengs kamu harus selalu konsisten untuk mempromosikan produkmu agar mendapatkan hasil yang maksimal dan dapet cuan lebih banyak deh. Jangan lupa untuk share artikel ini dan komen kira-kira produk apa sih yang mau kamu promosiin? ๐Ÿค˜

Gak bisa bikin desain pinterest yang estetik, bingung banget memilih desain template yang tepat. Aku ada rekomendasi 100+ lebih desain template pinterest. >>>>Klik disini!.

Untuk teman teman pembaca, jangan lupa untuk follow pinterest saya disini yah ๐Ÿ‘‰agarahmadani. Mungkin bisa menginspirasi teman teman untuk membuat board maupun konten pin. Untuk desain desain dari pin biasanya aku bikin dari canva. Tapi tetap untuk pahami lisensinya yah, agar tidak menyalahi aturan canva dan pinterest. Good luck!

Posting Komentar

0 Komentar