10 Strategi Ampuh untuk Mempromosikan Gig Fiverr Kamu, Simak Yuk!

10 Strategi Ampuh untuk Mempromosikan Gig Fiverr Kamu, Simak Yuk! | Jika kamu berpikir untuk merambah ke dunia kerja freelance atau sedang mencari peluang bisnis online, Fiverr bisa jadi salah satu platform tepat untukmu👍Artikel ini bertujuan untuk memberikan insight terbaru agar gig fiverr kamu jadi lebih berpotensi untuk laku dipasaran.

Seperti yang sudah kuinfokan di artikel artikel lainnya yang membahas fiverr ya, jadi sejak pandemi kemarin ada kenaikan pesat jumlah freelancer dibeberapa platform karena orang orang berkesempatan untuk WFH dan mencari cuan tambahan melalui online. Salah satunya di fiverr, seller jadi bertambah banyak, sedangkan demand atau permintaan buyer tidak begitu naik. Sehingga persaingan antar seller semakin ketat guys👀 Nah! disini kita kudu berlomba lomba untuk bersaing secara sehat, yaitu upgrade skill dan mempromosikan jasa freelance kamu lebih KENCEEEENG!💁

10 Strategi Ampuh untuk Mempromosikan Gig Fiverr Kamu, Simak Yuk!

JANGAN SAMPE KETINGGALAN, SEGERA PROMOSIKAN GIG FIVERR KAMU BIAR LARIS MANIS!

Sudah daftar FIVERR?

Sudah bikin gig FIVERR?

Sudah optimasi FIVERR kamu, bikin deskripsi yang jelas, banner, video, dll?

Jangan diem diem bae, ikutin cara ini biar semakin kenceng orderannya👇

1. Tawarkan jasa freelance gig fiverr kamu di Instagram

Bagi kamu yang menjadi freelancer di Fiverr, Instagram bisa jadi ladang subur untuk mempromosikan gig fiverr kamu. Dengan platform ini, kamu bisa menjangkau lebih banyak calon klien dan memperluas pasar jasa kamu ladi lareees maneees💋

  • Buatlah akun Instagram yang profesional dan menarik. Unggah portofolio proyek freelance kamu dan tambahkan deskripsi singkat tentang jasa yang kamu tawarkan. Selain itu, jangan lupa gunakan hashtag yang relevan dengan niche dan jasa kamu agar mudah ditemukan oleh calon buyer.
  • Manfaatkan fitur Instagram story, reels, carousel, post  untuk mempromosikan jasa kamu. Buat video pendek yang menarik dan informatif tentang jasa kamu, lalu jangan lupa sertakan link ke profil Fiverr kamu agar calon klien bisa langsung mengakses profil kamu. Bisa bikin ajakan "guys, kalau mau order silahkan klik link bio aku ya".
  • Jangan lupa untuk berinteraksi dengan followers di Instagram. Balas komentar mereka dan berikan informasi yang mereka butuhkan tentang gig fiverr kamu. Semakin banyak kamu berinteraksi, semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan buyer baru dari Instagram.
Keyboard kinetic lucu shopee

2. Bangun personal branding dan share gig fiverr kamu di Tiktok

Lagi ngetren di hati para user netijen internet, Tiktok jadi sosmed yang paling kekinian. Selain buat unjuk kebolehan dengan video-videonya yang keren, Tiktok juga bisa jadi senjata ampuh buat membangun personal branding dan promosiin gig Fiverr-mu.

10 Strategi Ampuh untuk Mempromosikan Gig Fiverr Kamu di Tiktok

Untuk membangun personal branding di Tiktok, kamu dapat membuat konten yang kreatif dan informatif tentang skill dan gig yang kamu tawarkan di Fiverr. Dengan cara ini, kamu dapat menarik perhatian calon buyer dan memperluas jangkauan konten kamu dengan memanfaatkan fitur Tiktok seperti duet atau reaksi untuk berinteraksi dengan pengguna lain.

Di samping itu, kamu bisa mengiklankan gig Fiverr-mu di Tiktok dengan gaya yang informatif, edukatif dan menghibur. Coba buat video yang menunjukkan keahlian yang kamu tawarkan atau bagikan tips dan trik seru seputar bidangmu. Dijamin, cara ini bisa menggandakan pesanan yang masuk dan memikat hati calon buyer.

Jangan sampai ragu-ragu untuk memanfaatkan Tiktok sebagai senjata untuk membangun personal branding serta mempromosikan gig Fiverr kamu. Tak ada salahnya untuk mencoba, siapa tahu lantaran konten yang kreatif dan berkualitas, kamu akan menjadi bintang di Tiktok dan mendapatkan lebih banyak pesanan di Fiverr!❤

PRO TIPS: Agar follower dan impression kamu bertambah di tiktok bisa lakukan LIVE secara rutin, terjadwal dan posting konten 3-5 konten perhari. Tidak perlu memunculkan wajah jika masih malu, tunjukkan skill dan portfoliomu sambil storytelling. AMPUH!

3. Promosikan gig fiverr kamu di Facebook

Iya iya, aku paham... mayoritas pembaca artikelku ini generasi z kebawah xixixi...

"Udah gak jaman kali, pake facebook!"

Well, well...user facebook masih banyak loh guys, meskipun didominasi oleh gen milennial keatas. Tapi beneran masih rame. Manfaatkan facebook dengan mempromosikan jasa freelance gig fiverr kamu dengan memposting link dan berikan deskripsi jasa yang ditawarkan. 

PRO TIPS: di Facebook sudah ada fitur reels dan LIVE, mirip seperti di tiktok maupun instagram. Manfaatkan untuk mempromosikan gig fiverr kamu ya!

4. Join komunitas di Facebook

Jangan lupa untuk join komunitas di facebook, tentu saja yang relate dengan gig fiverr yang kamu tawarkan. Contohnya, jika gig fiverr kamu jasa desain logo, kamu bisa join komunitas desainer grafis, komunitas UMKM setempat yang mungkin berpotensi untuk membeli jasa kamu. Namun kudu ingat yah, setiap group atau komunitas memiliki rules masing masing, jadi agar kamu tidak ter'kick' dari komunitas, jangan lupa untuk ikuti aturannya.💚

5. Aktif di LinkedIn, share portfolio kamu dan gig fiverr

Hah! LinkedIn? for real?!

Iya bener, linkedIn ibarat sosial media namun lebih formal dan profesional. Selain di media sosial kamu juga bisa promosikan jasa gig fiverr kamu di LinkedIn. Terapkan bahasa yang formal namun santai dan tetap terkesan profesional. Update foto profil kamu, bio, dan portofolio kamu di LinkedIn sekarang juga. Lalu posting portfolio dan show off skill kamu disana. 

LinkedIn sangat populer di perusahaan perusahaan besar Internasional, kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan orderan dari luar negeri di LinkedIn. Ada banyak HRD, pemilik startup, rekruter yang sering ngepoin LinkedIn untuk mencari partner bisnis mereka.

6. Aktif di X Twitter sekalian promosikan gig fiverr

Bagi kamu yang gig fiverrnya gak jauh jauh dari bidang ini: copywriting, penulis novel, digital marketing, video editing, desainer grafis, data entry, dan yang serupa lainnya. Cocok banget nih untuk ngonten bercuit di X. Berikan cuitan yang lucu, menghibur, edukatif dan sekalian promosikan gig fiverr kamu. 

Beberapa rekanku yang tertarik dengan dunia Web3 dan punya skill admin, dapat proyek dari buyer yang didapat dari X twitter. Menjadi admin komunitas internasional di discord yang membahas web3 dengan fee bulanan hingga 200 dollar lebih👀 tugasnya cuma bales balesin chat di discord. 

7. Teknik jemput bola: tawarkan gig fiverr kamu ke email calon buyer

Cara ini memang menguji rasa insekyur kamu, ytta lol👀 memang bikin males banget sih, tapi ini juga cara yang ampuh untuk menggaet buyer kamu loh. Kamu bisa cari info alamat email calon buyer di gugel. Tentunya kudu paham dulu ya, target pasar kamu siapa. Misalkan jasa yang kamu tawarkan adalah data entry, nah cari calon buyer pemilik usaha, freelancer, blogger, atau yang berpotensi untuk order gig fiverr kamu.

Setelah itu bisa kirimkan proposal sekaligus link gig fiverr kamu melalui email. Kamu bisa manfaatkan mailchimp atau kirim email manual ke calon buyer. Kebetulan aku ada template email proposal yang bisa kamu edit dan pakai, silahkan download disini 👉Freelancer kit.

10 Strategi Ampuh untuk Mempromosikan Gig Fiverr Kamu, Simak Yuk!

8. Khusus Illustrator, UI UX designer, atau graphic designer. Aktif upload portfolio di platform behance, dribble, artstation

Untuk teman teman freelancer dibidang DKV atau seni silahkan upload portfolio kamu di behance, dribble atau artstation karena ini akan menaikkan traffic pengunjung gig fiverr kamu. Website portfolio tersebut sangat populer dan mudah untuk tampil di gugel. Sehingga portfolio kamu bisa berpotensi muncul dihalaman depan gugel.

Jika target pasar kamu dari wilayah Indonesia saja, bisa manfaatkan fitur platform Whatsapp blaster yang super aman dari Watzap.id👌 ada banyak benefitnya apalagi jika kamu rajin ngonten di sosial media atau ngiklan di meta. Sehingga database konsumen kamu dan customer kamu tidak sia sia, bisa dimanfaatkan untuk follow up, promosi, dan menambah cuan kamu dimasa depan📢

9. Bikin konten video atau shorts di Youtube

Youtube masih populer sebagai platform video yang diminati penduduk dunia. Kamu juga bisa berkonten di youtube, bagikan tips and trick atau ilmu dari skill gig fiverr yang kamu tawarkan. Dibawah caption atau deskripsi sekalian bisa kamu cantumkan link gig fiverr kamu.
Masih males untuk bikin video berdurasi panjang?
Upload aja video shorts dengan durasi hingga 1 menit, caraku biasanya reupload konten dari reels instagram maupun tiktok. 

10. Paling recommended nih: ngonten dan upload portfolio kamu di PINTEREST!

Udah siap buat nambahin klien di Fiverr? Bikin portfolio yang unik dan menarik untuk menunjukkan skillmu, biar calon buyer lebih mantap pilih kamu sebagai freelancer andalan mereka!👀

10 Strategi Ampuh untuk Mempromosikan Gig Fiverr Kamu di Pinterest

Nah, selain tips diatas, kamu juga bisa manfaatin Pinterest buat promosiin gig Fiverr-mu. Tinggal buat board yang keren (tentu saja yang relate dengan skill gig fiverr kamu), pamerin hasil kerjamu, dan pastiin link-nya mengarah ke gig kamu di Fiverr. Dijamin bakal bikin gig-mu makin keliatan dan kena mata orang banyak!👀

  • bikin akun bisnis pinterest ( ada fitur untuk bisa share link website portfolio/ landing page atau link gig fiverr kamu)
  • bikin board yang relate dengan gig fiverr yang kamu tawarkan
  • bikin konten atau pin yang menarik
  • kamu bisa dapet inspirasi dari kreator pinterest lain
  • rutin posting 3-5 pin per hari
Aku sendiri sudah dapat hasilnya, meskipun baru rajin ngonten di pinterest 1 bulan ini, traffic website dan impression fiverr aku jadi naik sekitar 25% keatas.💯💯💯

10 Strategi Ampuh untuk Mempromosikan Gig Fiverr Kamu, Simak Yuk! Nah, itu tips dari aku agar gig fiverr kamu laris manis. Sementara ini yang paling aku kencengin kontennya dari instagram, tiktok, dan pinterest, itu saja sudah lumayan bagus hasilnya loh👌✅Apalagi kalo diterapin 10 starteginya, jadi berpotensi semakin kenceng deh penjualannya. Ingat juga yah untuk konsisten dan sabar, mungkin saja ngontennya sekarang, namun konversinya baru 1-2 bulan kedepan💓

Posting Komentar

0 Komentar