2 Cara Mendapatkan Penghasilan Menjual Foto Secara Online

Dalam masa-masa krisis ini, banyak dari kita mencari cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan, selain pekerjaan utama.

Membuka usaha sampingan (side hustle) atau pekerjaan online memang sangat memakan waktu. Meskipun kita mungkin memiliki lebih banyak waktu sekarang, tetap sulit untuk tahu harus mulai dari mana, ya kan?.

Menjual foto secara online adalah salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan uang tambahan secara online. Silahkan simak artikelnya sampai habis untuk dapatkan informasi yang jelas dan bermanfaat👍

2 Cara Mendapatkan Penghasilan Menjual Foto Secara Online

Bagaimana Caranya Mendapatkan Penghasilan Tambahan dengan Menjual Foto Online?

Pada tahun 2015, Buaannyaaak orang asyik mengabadikan 1.8 miliar momen setiap hari dengan kamera digital. Meski terlihat sepele karena foto-foto merajalela di mana-mana, sekarang, lewat media sosial dan iklan promosi, jualan foto online jadi jalan pintas menuju cuan!

Foto-foto keren selalu laris manis, jadi jika kamu punya bakat membidik momen-momen epik, uang pun bisa mengalir deras lewat jualan foto online.

Persiapan untuk menjual foto secara online, lakukan langkah langkah berikut ini: 

Langkah pertama dalam menjual foto secara online yang perlu kamu ambil adalah memutuskan apakah kamu berencana untuk menjual foto kamu ke situs marketplace web atau di situs web kamu sendiri. Jika kamu bingung, jangan khawatir – kamu dapat memulainya dengan mencoba kedua opsi tersebut.

Namun, sebelum kamu memikirkan untuk menjual foto secara online, mungkin pertama-tama mempertimbangkan kualitas foto hasil jepretanmu, keterampilan pengeditan foto misalkan di photoshop dan keunikan/kualitas secara keseluruhan fotomu.

Untuk memulai menjual foto secara online, pastikan kamu perhatikan hal hal ini:

  • Kamera yang layak dengan lensa-lensa yang beragam
  • Beberapa marketplace juga bisa menerima foto dari jepretan smartphone
  • Perangkat lunak pengeditan foto yang tepat seperti adobe photoshop
  • Membekali diri sendiri dengan belajar fotografi melalui youtube, sosial media, agar paham sedikit soal ilmu fotografi
  • Mengumpulkan foto foto sebanyak mungkin, yang sekiranya cocok dijual di marketplace
  • Memahami tujuan kamu menjual foto online untuk penghasilan sampingan, atau jadi pekerjaan utama?
  • Setelah kamu merasa sudah cukup tahu tentang fotografi (atau mungkin kamu sudah berpengalaman sebagai fotografer), kamu dapat mulai menjual foto secara online

# Cara 1 : Jual foto kamu di marketplace microstock

Dapatkan penghasilan dengan menjual foto di microstock, tidak perlu menjadi fotografer profesional. Asalkan kamu bisa ikuti panduan dan spesifikasi file foto di platform mereka. Ikuti saja ukuran yang ditentukan, ukuran file, jenis foto yang dibutuhkan microstock. 

Meskipun setiap foto dibayarnya amat sangat rendah, tapi bisa menjadi penghasilan passive income kamu loh! semakin banyak yg diupload akan semakin dapat kesempatan laku lebih banyak juga. 

Di platform microstock ini kamu gak bisa setting harga sendiri, karena harga sudah ditentukan oleh marketplacenya sendiri. 

Sebelum berjualan foto di microstock siapkan data diri seperti foto buku rekening, KTP, NPWP, dan rekening online Paypal. Karena biasanya, microstock membutuhkan data ini. 

Berikut adalah platform microstock yang populer, silahkan daftar disini: 

Kamu bisa daftar ke semua platform microstock diatas, dan pilih non-exclusive assets agar kamu bisa berjualan foto yang sama diseluruh microstock tanpa khawatir untuk kena banned. 

30 mockup foto model kaos tshirt print on demand

# Cara 2 : Jual foto kamu di marketplace Creative Fabrica

Kamu juga bisa menjual foto foto kamu dan mendapatkan cuan online di 👉Creative Fabrica. Ini adalah marketplace favorit aku, karena daftarnya sangat mudah, bisa listing sebanyak banyaknya secara gratis, dan ter-publish dengan cepat!.

Beneran gak ribet sih selama aku jualan digital product di Creative Fabrica!. Jadi ini recommended banget buat kamu yang pengen jualan foto dan dapetin cuan online. 

Kalau dicek lagi, Creative Fabrica ini mirip sama Etsy, cuma bedanya Etsy fokus ke penjualan barang kerajinan craft. Nah! Creative Fabrica jualan pre-made design assets, seperti ilustrasi, stiker, template, video dan foto. 

2 Cara Mendapatkan Penghasilan Menjual Foto Secara Online

PRO TIPS: Di Creative Fabrica yang paling laris itu item yang dalam bentuk bundle (alias dalam jumlah besar) misalkan jualan foto sepaket ada 20 foto dengan tema yang sama. Meskipun bebas kasih harga berapapun, kamu bisa setting harga promo juga biar lebih banyak yang beli.

Baca artikel >>> Jadi Freelancer, tanpa Bahasa Inggris!

Jadi gimana? kamu mau pilih jualan foto di microstock atau marketplace creative fabrica? pilih saja mana yang lebih cocok untuk kamu.

Namun selain kamu memperhatikan kualitas foto foto hasil jepretanmu, kudu rajin rajin upload juga. Karena semakin mudah, semakin banyak saingannya. Mulai dari listing 1 item perhari secara rutin, agar dapat kesempatan cuan rutin juga. 

Pantau terus artikel ladyaga lainnya untuk mendapatkan informasi peluang cuan online lebih banyak, praktekkan langsung dan nikmati cuannya sesegera mungkin guys! GOOD LUCK!❤✌

Posting Komentar

1 Komentar


  1. Exploring the two methods for earning income by selling photos online provides aspiring photographers with a practical roadmap to Union County reckless driving lawyer||New Jersey Sex Crimes Attorney|| monetize their passion. This insightful guide equips creative minds with actionable strategies, turning their visual artistry into a lucrative online venture.




    BalasHapus