Medzcreative: Cuan Ribuan Dollar Menjadi Microstocker, Inspiratif!

Medzcreative: Cuan Ribuan Dollar Menjadi Microstocker, Inspiratif! | Berkarir di dunia kerja freelance memang terbilang gampang gampang susah. Gampang nya itu kita terbebas dari drama kantor. sedang susahnya itu adalah, harus dituntut kesabaran. Karena diawal awal ngefreelance, biasanya lumayan alot untuk bisa dapat klien pertama ataupun penghasilan yang gede.


Dalam artikel ini membahas rekanku yang sudah kukenal selama lebih dari 5 tahun ini, dari awal ketika dia masih berjuang dan aku masih kuliah. Mungkin aku salah satu 'saksi' prosesnya hingga saat ini sudah SUKSES! dan aku ingin berbagi kepada pembaca agar bisa TERMOTIVASI dan TERINSPIRASI dari Medzcreative!💥

Medzcreative: Cuan Ribuan Dollar Menjadi Microstocker, Inspiratif!

Medzcreative: Cuan Ribuan Dollar Menjadi Microstocker, Inspiratif! Wajib Dibaca Sekarang Juga!

Medzcreative, atau biasa dipanggil MEDZ, adalah seorang Freelance Graphic Designer dan Illustrator yang berbasis di Jakarta Selatan. Ia beroperasi melalui studio kreatif pribadinya yang diberi nama TIFF Creative Studio. Dalam kesehariannya beberapa tahun terakhir, MEDZ fokus pada mencari passive income dalam bentuk dollar di dunia microstock.💚Sebelumnya akan aku jelaskan, apa yang dimaksud dengan microstocker, yaitu: orang yang menjual aset digital seperti video, foto, karya ilustrasi, template, mockup ke platform microstock. Lebih dikenal sebagai 'contributor' atau 'contributor artist' namun di artikel ini aku lebih suka menyebutnya microstocker.

Perjuangan menjadi microstocker

Memulai karir nya sebagai microstocker pada tahun 2018, MEDZ memulai perjalanan sebagai kontributor di Shutterstock. Di awal mula ngefreelance sebagai microstocker, pendapatan yang diperolehnya sebesar $0,25 per gambar (saat ini $0,10 per gambar). Mungkin sebagian ini tampak sangat kecil, namun akan sangat berdampak besar nominalnya jika kita mempunyai stok gambar yang banyak. Dengan stok gambar yang banyak ini akan memungkinkan juga banyaknya kesempatan pengunduhan.

>>> Rekomendasi dan tutorial jualan aset digital atau microstock bundle di Gumroad, baca artikel disini.

Motivasi MEDZ untuk konsisten menjadi microstocker

Apa yang mendorong MEDZ untuk terus bertahan dalam dunia microstock? Ia ingin menikmati kehidupan dengan bekerja secara mandiri, dengan kebebasan waktu dan tempat kerja. Hal ini memberinya kesempatan untuk berkarya tanpa tekanan atasan dan dengan rasa yang senang. MEDZ melihat potensi pendapatan pasif yang cukup menjanjikan dari karya yang ia publikasikan di platform microstock sebagai investasi jangka panjang (lifetime).

Pendapatan rata-rata dengan rajin upload karya di microstock

MEDZ berhasil memperoleh ribuan dolar setiap bulan melalui microstock. Dengan penghasilan ini, ia telah membeli iMac 27” 5k retina senilai 36 juta rupiah dan motor Aerox senilai 28 juta rupiah secara tunai. Bahkan, ia telah merencanakan membangun rumah impian berkat pendapatan dari microstock. Pengalaman MEDZ membuktikan bahwa microstock dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Keren banget ya, berkat kesabarannya, ia bisa bangun rumah  dan beli barang lainnya secara tunai😱😱😱

Tidak jauh dari peran keluarga yang selalu support

MEDZ mendapat dukungan penuh dari keluarga dan orang tuanya dalam menjalani karir sebagai microstocker. Mereka bersyukur karena dapat berkumpul setiap hari bersama keluarga, bermain bersama anak kapan saja, dan bahkan berlibur tanpa perlu meminta izin cuti kepada atasan. Bekerja secara mandiri dari rumah dan menghasilkan ribuan dollar bisa menjadi kebanggan tersendiri baginya.

>>> Sukses jualan produk digital di Creative Fabrica, baca disini.

Motivasi untuk Para Freelancer dan Microstocker Pemula

MEDZ memberikan motivasi bagi para freelancer pemula. Ia menekankan pentingnya menikmati proses dan tidak terlalu fokus pada hasil akhir. Kesuksesan di dunia microstock tidak datang dengan cepat, dibutuhkan bertahun-tahun untuk membangun portofolio yang kuat. Semua orang harus siap untuk berjuang dan berkorban, termasuk ide, waktu, dan tenaga, demi menciptakan karya yang berkualitas. Untuk teman teman yang ingin melihat sosial media dan karya dari Medzcreative? bisa cek disini yuk👉 Medzcreative | Envato Market 

Selain itu, mental yang kuat dan kesiapan untuk bersaing secara sehat menjadi kunci kesuksesan. Di dunia microstock, persaingan bukan hanya berasal dari kontributor di Indonesia, melainkan juga dari kontributor di berbagai negara. Dirinya juga menegaskan pentingnya menjaga keseimbangan dengan menjalani ibadah dan berdoa kepada Sang Maha Pemberi Rezeki. 

Kerja lancar, anak sehat, ibadah khusyuk, nikmat mana lagi yang kau dustakan..

Potensi Cuan dengan Jualan Digital Asset di Microstock

Setelah membaca biografi dari MEDZ Medzcreative pasti teman teman ingin sukses juga yah?. Memang potensi cuan dari jualan digital asset di microstock sangat menjanjikan. Bermodalkan skill dibidang fotografi, videografi, ilustrasi dan upload di platform microstock tanpa banyak diskusi dengan klien ataupun menghadapi ketidakpastian klien, berikut adalah beberapa potensi menjadi microstocker :

  • Potensi Penghasilan Menjanjikan: kamu akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui penjualan foto, video, desain template, ilustrasi di platform microstock. Setiap kali desain terjual, desainer menerima royalti yang bervariasi tergantung pada platform dan jenis lisensi yang digunakan oleh pembeli.
  • Tidak perlu menjadi profesional: Menjadi microstocker sekarang sangat mudah sekali, siapapun bisa upload dan menjual aset digital, bahkan foto yang diambil dari kamera smartphone saja bisa dijual loh. Yuk! jadi microstocker sekarang. 
  • Mengembangkan Portofolio: Menjual foto, video, desain template, gambar di platform microstock juga membantu desainer untuk mengembangkan portofolio mereka. Ini memungkinkan desainer untuk mengeksplorasi berbagai jenis desain dan mengidentifikasi apa yang paling diminati oleh pasar.
  • Menjangkau Pasar Global: Platform microstock memiliki jangkauan global dan dapat diakses oleh pengguna dari berbagai negara. Ini memungkinkan para desainer untuk menjangkau klien dari seluruh dunia. Amerika, Eropa bahkan Asia juga terlampaui.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika ingin menjual aset digital kita di microstock. Baca dengan seksama ya👀

Selaku desainer atau kreator kita harus memastikan bahwa desain yang dijual memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh platform microstock (setiap platform memiliki lisensi dan regulasi yang berbeda beda). Kita juga harus memastikan bahwa mereka memiliki hak cipta atas desain yang dijual dan tidak melanggar hak cipta orang lain. Boleh melihat karya orang lain hanya sebagai referensi. Ini bertujuan agar karya karya yang kamu buat orisinil atau organik.

Platform microstock memiliki banyak sekali contributor di dalamnya, jadi sebagai desainer atau contributor perlu memastikan bahwa desain yang dibuat memiliki nilai tambah dan dapat bersaing dengan desain lainnya. Ada 3 Tips penting menjadi microstocker yaitu: KONSISTEN, KEYWORD YANG SESUAI, SESUAI DENGAN ATURAN PLATFORM.

>>> Sukses jualan produk digital, dengan ngonten di pinterest, tutorial klik disini ya.

Menjual desain di platform microstock adalah salah satu cara efektif untuk mendapatkan dan meningkatkan penghasilan serta juga bisa mengembangkan portofolio kita sebagai desainer. Namun, kualitas desain, hak cipta, dan kemampuan bersaing adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Kesuksesan dalam dunia microstock, seperti yang diperlihatkan oleh MEDZ, dapat menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan yang dapat meningkatkan kualitas hidup.

Medzcreative: Cuan Ribuan Dollar Menjadi Microstocker, Inspiratif!
Belajar sekarang di ladyaga❤

Medzcreative: Cuan Ribuan Dollar Menjadi Microstocker, Inspiratif!| Bagi kamu yang tertarik untuk menjual aset digital di microstock bisa mulai daftar di salah satu platform microstock seperti 👉Shutterstock. Sebagai alternatif lain, untukmu yang terispirasi dari cerita MEDZ diatas, kamu juga bisa menjual aset digital dalam berbagai macam dan berbagai platform, silahkan join kelas video course👉 ladyaga. Dalam e-course tersebut kamu bisa mendapatkan 100 ide jualan digital produk, dan lain lain. 


Posting Komentar

2 Komentar

  1. such an inspirational story. thank you

    BalasHapus
  2. For freelancers diving into the world of mobile accessories and gadgets, the procurement process is vital. Coordinating diverse resources becomes seamless with the assistance of Supply Chain Management Consultants, ensuring a streamlined supply chain from order to delivery. These consultants play a pivotal role in optimizing logistics, enhancing efficiency, and ultimately supporting freelancers in acquiring the necessary tools for a successful start.

    BalasHapus