10 Tips Langkah Mudah untuk Sukses Menjadi Online Freelancer

10 Tips Langkah Mudah untuk Sukses Menjadi Online Freelancer | Actually jadi seorang freelancer adalah satu pilihan karir yang sampai saat ini semakin diminati, why? Karena di era modern sekarang, akses internet dan perkembangan teknologi udah semakin canggih, dan banyak membuka peluang besar untuk bisa berkarir hanya melalui internet saja.

Tapi nih ya, jadi freelancer gak semudah yang kamu bayangkan, kamu tetap butuh usaha, strategi, pengetahuan yang relevan di bidang yang mau kamu tekuni. Trus gimana nih caranya biar bisa sukses untuk jadi freelancer? Yuk simak artikel berikut untuk tau 10 strategi ajaib untuk kamu yang mau jadi freelancer handal! Check this out! ๐Ÿค˜


10 Tips Langkah Mudah untuk Sukses Menjadi Online Freelancer

10 Tips Langkah Mudah untuk Sukses Menjadi Online Freelancer

1. Tentukan Spesialisasi Keahlianmu

Hal pertama yang harus kamu siapkan untuk jadi freelancer adalah tentuin dulu spesialisasi apa yang mau kamu tekuni. Coba deh mulai sekarang pikir matang-matang, kamu nih suka bekerja di bidang apa sih. Misalnya nih ya, kamu punya minat di bidang desain grafis, nah, coba luangkan waktu untuk mengembangkan keterampilan dengan ikut pelatihan, atau bisa belajar disini ๐Ÿ‘‰ladyaga, liat tutorial youtube dan lain sebagainya, selain itu kamu bisa coba untuk selalu terus pantau tren terbaru di dunia desain, biar jadi desainer yang selalu up to date!๐Ÿ‘ฝ

2. Buat Portofolio yang Menarik

Udah gak asing lagi kan dengan portofolio, yups portofolio adalah sekumpulan karya atau hasil kerja yang udah disusun sebaik dan semenarik mungkin untuk bisa jadi bahan pertimbangan dan bukti kalau kamu memang qualified di bidang tersebut. Pastikan portofolio yang kamu buat eye-catching dan punya kelebihan tersendiri dari pada portofolio orang lain.

Oh iya jangan lupa juga kalau mau bikin portofolio, pilih platform yang mudah diakses, dan mudah ditemukan oleh klien. Ada beberapa platform yang bisa kamu jadikan tempat untuk membuat portofolio. Kalau kamu seorang desainer kamu bisa buat portoflio di dribble atau behance, dan kalau kamu adalah penulis kamu bisa membuat portofolio di medium, linkedin, notion dan lain sebagainya. Tunggu apalagi, yuk coba buat portofolio mu sekarang! ๐Ÿ’ฅ

>>>Baca juga tutorial sukses jadi freelancer di fiverr, klik disini.

3. Tetapkan Harga yang Tepat, Jangan Underprice Sama Diri Sendiri

Nah lho, siapa nih yang disini masih suka pasang tarif yang terlalu murah, bilangnya sih gapapa tapi pas ngejalaninnya jadi ribet sendiri kan! Nah, maka dari itu penting nih untuk mulai sekarang tetapin harga yang sesuai sama jasa yang kamu tawarkan. Jangan suka menetapkan harga yang terlalu rendah, karena ini juga bisa merusak harga pasar. 

Tapi, di sisi lain juga jangan netapin harga yang terlalu tinggi, malah gak ada yang mau pake jasamu nanti. Lah terus gimana dong? Caranya adalah sebelum kamu menetapkan harga, coba lakukan research terlebih dahulu, kamu bisa lakukan research di platform manapun, ya bisa di upwork, fiverr bahkan facebook sekalipun.

Intinya nge-tarif harus sesuai sama kualitas kerja dan harga pasar yang ada saat ini, supaya kamu gampang dilirik klien dan terlihat profesional.

4. Jaga Reputasimu Sebagai Freelancer

Guys, asal kamu tau aja kalau reputasi itu penting lho untuk membangun karir sebagai freelancer. Pastikan untuk selalu deliver hasil kerja yang bikin klien-mu senang dan bahkan mau repeat order jasa yang kamu tawarkan.

Berikan hasil kerja yang berkualitas, dan selalui patuhi tenggat waktu yang telah disepakati dan jangan lupa juga untuk selalu berkomunikasi dengan klien, jangan ragu untuk meminta testimoni dari mereka yang telah menggunakan jasamu. Hal ini berguna untuk menaikkan trust terhadap klien baru yang mau pake jasamu. 

10 Tips Langkah Mudah untuk Sukses Menjadi Online Freelancer

Agar sobat online freelancer terkesan profesional, lebih dipercaya klien, dan terhindar dari proyek scam, kusarankan untuk menyiapkan surat menyurat seperti surat kontrak, surat invoice, proposal, ratecard, dll. Sekarang apa apa sudah menjadi mudah, salah satunya template yang siap pakai, editable cuma pakai Canva versi gratis. Kamu bisa dapatkan disini ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ladyaga. Pilih yang website marketplace Indonesia agar harganya lebih affordable๐Ÿ‘„

5. Stay Update and Relevant

Kita semua tau kalau saat ini dunia freelancing masih terus berubah dan berrkembang secara pesat, nah disini adalah tantangannya. Kamu jangan ragu untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dan terus mencari peluang untuk bisa mengikuti tren yang lagi booming di bidang yang kamu sedang tekuni. Dengan seperti itu, kamu akan tetap bisa memenuhi kebutuhan klien yang semakin hari juga akan semakin berkembang.

10 Tips Langkah Mudah untuk Sukses Menjadi Online Freelancer

6. Cobain Ngonten Di Sosmed

Siapa sih disini yang gak punya sosmed, pasti pada punya semua dong! Nah, mulai sekarang biar kamu bisa jadi freelancer yang sukses, cobain untuk bikin konten-konten yang bermanfaat sesuai sama bidangmu yuk! Misalnya bikin konten tips untuk memulai karir jadi freelancer, atau tips untuk bisa belajar desain grafis secara mudah dan lain sebagainya.

Bisa melalui video, foto atau dengan tulisan yang kamu buat. Dengan seperti itu, personal branding mu akan terbentuk seiring berjalannya waktu sekaligus bisa menjadi bahan mempromosikan diri. Awalnya kamu yang cari klien lama-lama klien akan mencarimu dan lebih yakin untuk menggunakan jasa yang kamu tawarkan, hal ini merupakan cara bagus buat promosi dan nyari peluang bisnis untuk kamu seorang freelancer ✨

>>> Selain sosial media kamu juga bisa ngonten di pinterest, klik untuk baca tutorialnya.

7. Investasi dengan Passive Income

Selain menjadi freelancer, kamu juga harus mulai pertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian penghasilanmu untuk berinvestasi ke dalam passive income. Ya you know kan apa itu passive income?.

Yups pendapatan yang bisa kamu dapetin tanpa kamu harus aktif mendapatkannya, alias kamu tidur aja bisa dapet cuan. Trus gimana dong caranya untuk bisa dapet passive income? Kamu bisa coba untuk melakukan investasi ke dalam saham, obligasi, properti yang menghasilkan dividen atau sewa. Pake cara ini, kamu bisa manfaatkan uangmu untuk menghasilkan pendapatan yang lebih dan bisa jadi dana darurat jika suatu saat pekerjaanmu lagi nggak stabil.

>>> Medzcreative, mendapatkan passive income hingga ribuan dollar perbulan, baca disini.

8. Jangan Lupa Investasi di Reksadana

Selain berinvestasi dengan passive income, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan secara bijak dan benar adalah dengan berinvestasi di deposito dan reksadana. Deposito merupakan salah satu produk di dalam dunia perbankan yang menawarkan bunga tetap dalam jangka waktu tertentu.

Sementara itu reksadana adalah investasi kolektif yang dapat memberikan hasil yang menguntungkan dalam jangka panjang. Nah, dengan melakukan investasi menggunakan deposito atau reksadana merupakan langkah cerdas untuk bisa memaksimalkan keuanganmu, biar kamu bisa pensiun dengan tenang.

9. Bergabung dengan Komunitas Freelancer

Gengs, hal ini juga harus kamu ketahui, networking adalah salah satu kunci kesuksesan sebagai freelancer. Coba deh mulai sekarang, kalau ngerasa kesepian, apalagi yang bekerja dari rumah, mulai untuk mencari komunitas freelancer secara online dan offline yang relevan dengan bidang pekerjaanmu.

Kamu bisa coba cari komunitas yang senasib di beberapa platform sosial media seperti facebook, twitter, telegram dan lain sebagainya. Pake cara ini kamu akan tetap bisa up to date dan bisa banyak belajar baru yang mungkin belum pernah kamu dapatkan sebelumnya. 

10. Belajar Hidup Stoik

Sebelumnya apakah kamu udah pernah mendengar apa itu stoikisme? Stoikisme berasal dari filsafat kuno yang menekankan kontrol atas emosi dan reaksi terhadap situasi. trus apa dong hubungannya sama freelancer? Kamu ngerasa gak sih kalau jadi seorang freelancer seringkali menemukan situasi yang tak terduga dan belom pernah kita dapatkan sebelumnya?

Nah, dengan belajar untuk hidup stoik dapat membantumu untuk bisa menerima kenyataan dan mengendalikan reaksimu terhadap situasi tertentu dengan tenang dan bijaksana. Kamu bisa coba untuk mulai belajar mengenai hidup secara stoikisme dengan membaca buku yang relevan atau bisa mengikuti kursus online.

>>> Pengalaman dan review penerapan gaya hidup stoic, baca disini ya.

10 Tips Langkah Mudah untuk Sukses Menjadi Online Freelancer | 10 Hal di atas merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi freelancer yang sukses, tapi perlu diingat bahwa, menjadi seorang freelancer yang sukses bukanlah tugas yang mudah, kamu harus tetap disiplin, memiliki dedikasi yang tinggi dan komitmen yang kuat untuk bisa mencapainya. Jangan lupa juga untuk selalu mengembangkan keterampilan agar kamu gak tergerus oleh jaman yang semakin berkembang. Gimana udah siap untuk jadi freelancer yang sukses? ๐Ÿ”ฎ

Posting Komentar

0 Komentar