10 Tips Menjadi Freelancer yang Sehat Mental dan Fisik

10 Tips agar Menjadi Freelancer yang Sehat Mental dan Fisik | Menjadi seorang freelancer memang memiliki kebebasan yang lebih besar dalam mengatur waktu dan pekerjaannya. Tetapi hal tersebut seringkali membuat freelancer mengabaikan kesehatan jasmani dan rohani mereka. Sehingga banyak dari mereka mengalami masalah kesehatan seperti stres, burnout atau bahkan penyakit secara fisik. Nah, kamu gak mau kan hal itu terjadi, maka dari itu aku akan kasih 10 tips ampuh untuk jadi freelancer yang sehat secara jasmani dan rohani, Check This Out!๐Ÿ‘€❤


10 Tips Menjadi Freelancer yang Sehat Mental dan Fisik

10 Tips agar Menjadi Freelancer yang Sehat Mental dan Fisik

1. Tetapkan Jadwal Kerja yang Teratur dengan Journaling

Jangan lupa bikin jadwal kerja yang keren dengan journaling, dengan membuat jadwal kerja yang teratur merupakan salah satu langkah yang bisa kamu lakuin untuk bisa punya work life balance. Kamu bisa coba untuk membuat rencana tugas, susun prioritas kerjamu, dan pastiin juga kalau kamu punya waktu luang yang bisa dipake buat istirahat. Jadwal yang terstruktur bakal bikin kamu terhindar dari stres, which is kerjaanmu akan tetap maksimal dan bakal lebih cuan deh!๐Ÿ‘„

2. Usahakan Tidur sebelum jam 11 malam! Supaya besok Tetep Produktif

Kamu masih suka begadang sampai saat ini, tidur gak teratur dan kurang dari 8 jam? Wadu kalau bisa jangan ya, kamu tau gak sih kalau ternyata tidur yang cukup bisa meningkatkan mood, konsentrasi dan produktivitas untuk bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal lho!๐Ÿ’ช

Coba deh mulai sekarang atur jam tidurmu untuk tidur sebelum jam 11 malam, kalau kamu masih suka insomnia, hindari penggunaan ponsel atau alat elektronik lainnya sebelum tidur dan jangan konsumsi makanan secara berlebihan sebelum tidur. Dengan tidur yang cukup bakal bikin hari-harimu jadi lebih menyenangkan dan bisa bekerja secara maksimal apalagi kamu adalah seorang freelancer๐Ÿ‘€

10 Tips Menjadi Freelancer yang Sehat Mental dan Fisik

3. Olahraga Tipis-Tipis

Ya tahu sendiri lah ya, kalau bekerja sebagai freelancer kebanyakan bekerja di depan komputer dan gak kemana-mana, nah jangan lupa untuk sempatkan waktu untuk olahraga ringan, biar badanmu gak kaku-kaku banget.

Kamu bisa nih lakuin beberapa olahraga ringan yang singkat seperti jalan kaki, bersepeda, atau mungkin yoga. Hal ini untuk menjaga fleksibilitas dan kesehatan jasmani tubuhmu. Btw olahraga juga bisa lho membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood jadi lebih baik, kalau mood oke, kerja jadi semangat dong!๐Ÿ’ช

4. Hindari Makan Junk Food dan Kopi Berlebihan

Hayo! disini siapaa nih yang masih suka makan-makanan junk food dan masih suka ngopiii!! Cungg!! Yups kamu tau gasih gengs kalau pola makan itu sangat berpengaruh lho buat kesehatanamu. Coba yuk mulai sekarang buat ubah menu makanan kamu dengan konsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi, kalau misal kamu masih susah buat makan sayur, kamu bisa mulai konsumsi buah-buahan dan jangan lupa untuk kurangi minum kopi, maksimal minum kopi dalam sehari hanya 2-3 cangkir aja ya, jadi jangan terlalu banyak, karena kebiasaan ini bisa bikin kamu kecanduan dan mempengaruhi pola tidurmu. Dengan konsumsi makanan yang bergizi bakal bikin hari-harimu jadi stay energized! Gak percaya? Yuk cobain sekarang๐Ÿ’ฅ

>>> Biar gak stress nih, coba 10 rekomendasi cafe di semarang yang cocok buat WFC, baca disini.

5. Minum Air yang Cukup

Biar kamu gak lemes, dan kebugaran tubuhmu tetep terjaga, selain mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, kamu juga perlu konsumsi air putih yang cukup, minimal 8 gelas sehari. FYI air putih itu sangat penting buat tubuhmu karena 60-70% tubuh manusia terdiri dari air, jadi jangan sampe tubuhmu dehidrasi karena itu bahaya banget lho gengs! Oh iya selain itu air putih juga bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi organ dan bisa bantu hilangkan racun-racun yang ada di tubuhmu. Jadi, mulai sekarang sediakan botol 2 liter di sebelah meja kerjamu biar kamu gak lupa untuk konsumsi air putih๐Ÿ’ฆ

6. Kesehatan mental juga gak boleh diabaikan

Hayo siapa yang disini masih suka mengabaikan kesehatan mental? Gengs kamu juga harus tau kalau kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Coba carilah vibes kerja yang bikin kamu nyaman dan aman untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Cari juga kegiatan yang bisa bantu kamu buat stress release, ya melakukan hobi yang kamu suka, meditasi, yoga, baca buku dan lain sebagainya, mungkin jika diperlukan kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan tenaga profesional ya! Jangan malu dan ragu, karena kesehatan mentalmu juga harus kamu jaga. Fighting!!๐Ÿ’ช๐Ÿ’“

>>> Mental lebih sehat dengan menerapkan gaya hidup stoic, baca artikel disini.

7. Tetap Terhubung dengan Orang Lain

Terkadang menjadi Freelancer kamu terlalu asik bekerja sendiri sehingga lupa untuk bersosialisasi, walaupun kamu bekerja bisa dari mana saja dan kapan saja, tapi kamu harus ingat kalau bekerja juga ada waktunya, jangan sampai bikin dirimu jadi feeling lonely, coba deh sesekali sempatkan waktu luang untuk kamu bermain bersama keluarga dan teman-teman. Tetap bersosialisasi bakal bantu kamu untuk menjaga kesehatan mental dan bisa kasih kamu support sistem yang kamu butuhkan. Kamu senang, pekerjaan juga aman๐Ÿ˜‰

8. Tetapkan Batasan Waktu

Siapa nih yang disini masih suka gak tau waktu kalau lagi kerja, wah ini nih yang mulai gak bener, coba yuk buat setel batasan waktu yang jelas untuk menyelesaikan pekerjaanmu, jangan terlalu lama bekerja dan jangan terlalu lama nyantai juga, intinya kamu harus atur dengan baik berapa jam kamu harus bekerja dan meluangkan waktu dengan keluarga, harus balance ya gais! Karena keluarga tetap prioritas yang utama.

9. Atur Kesehatan Keuangan

Jadi freelancer emang harus pinter atur-atur keuangan. Belum tentu pendapatanmu di bulan ini akan sama dengan bulan berikutnya bisa jadi lebih tinggi atau sebaliknya, nah sebaiknya kamu mulai sekarang coba buat perencanaan keuangan yang baik dan terstruktur. Kamu juga bisa gunakan spreadsheet keuangan rekomendasi ๐Ÿ‘‰ladyagaga agar keuangan lebih sehat. Gimana, udah gak bingung lagi kan buat atur keuanganmu?๐Ÿ’š

Atur keuangan dengan menggunakan template spreadsheet

10. Periksa Kesehatan Kamu Secara Berkala

Point terakhir yang gak kalah pentingnya, yaps periksa kesehatanmu secara berkala, jangan sekali kali abaikan kesehatan dirimu sendiri ya! Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala penting untuk bantu kamu memastikan bahwa tubuhmu tetep sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, which is kamu bakal bisa produktif tanpa terhalang masalah kesehatan, apalagi kamu seorang freelancer. Inget kata pepatah kalau pencegahan lebih baik daripada pengobatan, jadi pastikan kamu selalu rutin melakukan cek kesehatan ya!.

10 Tips agar Menjadi Freelancer yang Sehat Mental dan Fisik | Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar menjadi freelancer yang sehat jasmani dan rohani, menjadi freelancer memang banyak menyita waktu dan perhatianmu, tapi kamu jangan sampai lupa untuk menjaga kesehatan. Semoga tips diatas dapat membantumu untuk bisa menjadi freelancer yang sehat secara jasmani dan rohani ya! Selamat berkarya dan tetap semangat!๐Ÿ’‹

Posting Komentar

0 Komentar