10 Cara Mendapatkan Orderan Pertama di Platform Freelance Fiverr

Cara Mendapatkan Orderan Pertama di Platform Freelance Fiverr | Merasa keder mencari cara meraih orderan pertama di Fiverr? Nggak bisa dipungkiri, buat pejuang online, nangkep order perdana di platform ini bisa jadi urusan nggak gampang banget. Apalagi kalo bersaing sama ribuan seller baru yang numpuk setiap harinya. Bukan bercyandaa lagi, emang secapek itu๐Ÿ˜ž Oh iya untuk yang belum tahu cara daftar Fiverr, bisa ikuti tutorialnya disini yah๐Ÿ‘‰Cara daftar Fiverr.

Tapi janganlah putus asa! Yang perlu dilakukan adalah merumuskan strategi untuk dapat menggondol klien pertama kamu di Fiverr. Setelah itu, kamu bisa mengulangi strategi tersebut untuk menarik minat klien baru di masa depan. 

10 Cara Mendapatkan Orderan Pertama di Platform Freelance Fiverr

Cara Mendapatkan Orderan Pertama di Platform Freelance Fiverr

Kamu mungkin berpikir dan bertinyi tinyi, "haruskah seller kek gue kudu nunggu berbulan bulan untuk mendapatkan order pertama di Fiverr?" Eits, jangan salah๐Ÿ’ฅ Menurut penelitianku pribadi, seller pemula seperti kamu dari awal daftar, isi semua data, dan upload gigs (tentu saja dengan banner dan keterangan yang jelas) sekitar 1-2 bulan mungkin bisa dapat orderan pertama. Lebih dari itu bisa diupdate, atau dibenahi lagi akun atau gigs kamu agar lebih menarik.

Jika kamu bisa menerapkan trik dan tips ini dengan seksama, rasakan keseruan merasakan order pertamamu dalam waktu dekat! Kemungkinan besar, dengan trik dan tips ini, kamu akan mendapatkan order dengan mudah dan cepat. AMIIIN๐Ÿ’š

1. Tawarkan Gigs yang Unik!

Di setiap niche gigs, bakal ada yang namanya lawan main, dan ini sangat penting buat bikin hal-hal baru di niche tersebut. Kalo kamu bisa kasih layanan unik di fiverr yang belum dihadirin sama lawan main kamu, kamu bakal menang di kompetisi. Kompetisi selalu tergantung sama lawan main dan permintaan di sektor tersebut. Makanya, kalo kamu bisa kasih layanan unik di Fiverr, kamu bakal lebih cepet dapet pesanan pertama.

Contohnya, kamu desainer grafis, buat desain yang unik banget dan bikin saingan menarik nafas kagum. Tapi, kalau ada kategori niche gigs yang sepi peminat, buruan menuju situ! kepoin dulu berapa banyak gig yang bisa ditawarkan. Terus, kalau udah dapet kerjaan, tingkatkan kualitas gig-mu dengan deskripsi dan gambar yang keren abis, biar pembeli ngiler dan gak bisa nolak!๐Ÿ‘

2. Tawarkan Harga Promosi Alias Murah Meriah

Mau tahu cara jitu untuk meraih klien pertama kamu dengan cepat di Fiverr? Nih, tips terbaik langsung dari pengalamanku sebagai freelancer Fiverr Seller Level 2: jangan ragu tawarkan layanan kamu dengan harga terjangkau. Aku tahu dan paham bener semua seller berusaha mati-matian buat dapat pesanan pertama, tapi sayangnya banyak yang ragu jualan dengan harga terlalu murah. Padahal, dengan menawarkan harga bersahabat, kamu bisa menarik hati calon klien yang lagi mencari diskonan. Pokoknya, jangan ragu buat berinovasi dan menawarkan pelayanan terbaik agar dapat orderan pertama secepat kilat!๐Ÿ‘€

Pasti tahu dong kalau di Fiverr itu banyak banget seller yang harganya ramah di kantong. Semua seller berjuang mati-matian buat dapetin klien dan review pertama mereka. Karena di dunia Fiverr, review itu segalanya! Tapi jangan panik, kamu masih bisa dapet pesanan pertama dengan menawarkan harga yang terjangkau di gig kamu. Hal ini akan bikin klien pertama kamu jatuh cinta dan bikin reputasi kamu cemerlang di masa depan!๐Ÿ’š

Banyak orang heboh berbondong-bondong ke Fiverr untuk mencari jasa-jasa yang hemat, jadi hampir pasti kamu akan menemukan penawaran yang pas dengan kocek kamu. Harganya bisa mulai dari $5, tapi jangan khawatir, kamu bisa menyesuaikan harga dengan jenis layanan yang kamu tawarkan. Kalau kamu menawarkan layanan super eksklusif seperti pembuatan aplikasi, web developer, cyber security, dll, tentu saja $5 bukanlah harga yang cocok untuk gig kamu. Jadi, jangan ragu untuk menetapkan harga yang pantas dan tetap terjangkau ya!.

3. Promosikan Jasa Kamu di Sosial Media, Ngonten Yuk!

Media sosial adalah tempat terbaik untuk mempromosikan apa pun yang bisa menghasilkan cuan. Oleh karena itu, dengan share gigs fiverr kamu di media sosial akan membantu mendapatkan orderan pertama dengan cepat karena banyak pemilik bisnis mencari freelancer. Namun, masalahnya adalah tidak ada yang bisa percaya jika kamu hanya dengan membagikan tautan.

Jangan hanya share tautan gigs kamu kesana-kemari, itu tidak akan cukup untuk membangun ketertarikan calon klien kamu. Pastinya kamu akan mendapat banyak klik dan tautan yang disimpan, tetapi jika kamu tidak mendapatkan order pertama, semuanya akan sia-sia. Oleh karena itu, Fiverr memberikan kebebasan untuk membagikan tautanmu dimana saja, namun kamu harus menggunakannya dengan cerdas dan efektif.

Langkah-langkah berikut akan membantu membangun kesadaran (awareness) penduduk sosial media tentang gigs kamu: 

  1. Buat halaman bisnis di media sosial
  2. Postingkan proyek gigs kamu di setiap halaman
  3. Buat konten portofolio
  4. Bergabung dengan grup yang terkait dengan niche gigs kamu
  5. Bisa mencoba untuk hubungin kompetitor dan minta mereka untuk bekerja sama
  6. Bangun audiens dengan konten menarik dan ubah mereka menjadi pembeli

Kalau pekerjaanmu melibatkan data analyst, IT, digital marketing atau kerjaan rumit lainnya, mungkin susah nih buat menarik perhatian orang. Tapi tenang aja, kamu bisa memamerkan hasil kerjamu di platform LinkedIn. Nggak perlu khawatir, di sana banyak banget karyawan dan pengusaha yang siap mengapresiasi pekerjaan di gigs kamu!๐Ÿ‘

4. Banner Gig dan Video Banner yang Menarik

Banner gig kamu atau video gigmu adalah FIRST IMPRESSION๐Ÿ‘€ bagi para buyer fiverr. Jika kamu bisa membuatnya menarik dan memukau, pesanan pasti akan berdatangan dengan deras! Sayangnya, banyak penjual luput dari hal ini dan kurang memerhatikan kualitas desainnya. Kamu juga pernah mengalami hal yang sama?

Jangan lupa tunjukkan kehebatanmu sebagai seller yang serius dengan gambar atau video profesional yang memukau. Hati-hati, jangan sampai terjerumus dalam tindakan curang dengan mencuri karya orang lain sebagai bahan promosi (misalkan ambil dari kompetitor atau gugel). Risikonya, akunmu bisa terkena ban dari Fiverr. Ini biasanya terjadi di bidang desain dan pengeditan. Jadi, pastikan kamu membuat karyamu sendiri dan jangan sampai melanggar hak cipta orang lain.

Solusi lebih praktis dan aman dari pelanggaran hak cipta, kamu bisa pakai template banner gigs yang sudah kusediakan dan bisa kamu edit via canva versi gratis. Tinggal diedit lagi teks, foto atau gambarnya. Silahkan klik disini๐Ÿ‘‰Template banner๐Ÿ’š

5. Deskripsi Gigs yang Tepat dan Menarik!

Setelah membuat banner yang menarik, deskripsi pada gigs fiverr kamu adalah kesan kedua bagi buyer. Oleh karena itu, pastikan deskripsi gig kamu jelas dan tepat. Hindari kesalahan tata bahasa dan ejaan yang hanya akan merugikan kamu. Seller yang hati-hati selalu memberikan kesan yang lebih baik pada pembeli.

Namun, jangan khawatir! agar deskripsi gig kamu bisa laris manis di Fiverr, coba deh intip gig-gig dari para seller ulung di platform ini (lihat punya kompetitor). Pakai teknik ATM (amati tiru modifikasi) deskripsi gigs kompetitor. Pastikan kamu menjelaskan dengan jelas apa yang akan kamu tawarkan, dan hindari bahasa yang ambigu dan membingungkan. Let's go!๐Ÿ’ฅ

Sudah ngobrolin cara bikin deskripsi gig yang kerennya sampai bikin Google seneng? Dengan bikin deskripsi gig yang oke dan SEO friendly, tujuanmu bakal makin mudah tercapai. Selain memberikan detail pekerjaanmu, deskripsi gig juga bikin gig-mu muncul di hasil pencarian Fiverr. Jangan sampai ketinggalan!.

Dengan deskripsi yang lengkap, pembeli akan mudah memahami tawaran yang Anda berikan dan semakin yakin untuk segera order jasa kamu.

10 Cara Mendapatkan Orderan Pertama di Platform Freelance Fiverr

6. Sering Sering Online di Fiverr

Rajin online di platform manapun bisa membuka kesempatan menggoda untuk meraih untung besar. Tidak perlu capek capek online di website Fiverr pake PC atau laptop, karena kamu bisa dengan mudah menginstal aplikasi selulernya di ponselmu. Beberapa orang bahkan bertanya-tanya apakah harus selalu buka aplikasi Fiverr untuk bisa terlihat online oleh calon pembeli. Nggak perlu ribet, cukup keep ponsel mu nge-net-an, dan voila! Kamu sudah aktif di Fiverr. Jangan lupa untuk turn on tombol aktif (online) di aplikasi-mu lewat settingan Fiverr. Ketika titik hijau muncul di bawah profil-mu, itu tandanya kamu sudah siap menemani pembeli di Fiverr!๐Ÿ’š

Manfaat dengan sering sering online di Fiverr adalah beberapa klien yang mendesak akan mencari dan menyaring hasil dari seller yang online. Jadi jika kamu online pada saat itu, kemungkinan lebih besar untuk menerima pesanan.

7. Manfaatkan Buyer Request 

Salah satu hal yang paling penting adalah 'buyer request' untuk menjadi klien pertama kamu sebagai freelancer di Fiverr. Kemungkinan kamu hanya memiliki 10 kesempatan untuk mengirim buyer request per hari, dan itu cukup untuk seller yang berpengalaman. Namun, sebagai seller pemula, banyak banget seller yang membuat kesalahan besar dalam mengirim buyer request. Mereka tidak fokus pada kebutuhan klien. Mereka tidak dapat menarik perhatian klien dengan mengirim penawaran untuk buyer request.

Beberapa seller pemula nekat menyelesaikan tugas dengan menyalin deskripsi penawaran template dan mengirimkannya ke setiap buyer request secara random. Tapi, hei, itu gak efektif! buyer pasti akan ngelempar penawaranmu ke tong sampah. Makanya, baca dengan cermat permintaan pembeli dan tulislah deskripsi penawaran yang pas dan mengena sesuai kebutuhan buyer.

Berikut ini adalah beberapa tips efektif untuk membuat deskripsi penawaran produk:

  1. Panggil penjual dengan namanya (yang ada di user atau jika ada nama tertera)
  2. Sertakan semua pengalaman yang kamu miliki yang relate dengan kebutuhan buyer
  3. Tambahkan persyaratan tambahan yang kamu butuhkan dari buyer
  4. Tambahkan tautan portofolio kamu jika ada
Selain itu, pastikan untuk menambahkan harga yang lebih rendah dari anggaran pembeli dalam penawaranmu, dan kirimkan penawaran kepada mereka yang sudah menerima sedikit penawaran. Terkadang kamu tidak dapat melihat buyer request pada tab permintaan pembeli. Ini adalah hal yang normal bagi pemula, jadi pastikan untuk memperbarui dan memeriksa buyer request secara teratur.

8. Dua bulan lebih belum dapat first order?!

Jika kamu sudah menerapkan tips diatas semaksimal mungkin, hingga 2 bulan lebih belum dapat orderan? coba untuk lakukan beberapa hal ini:

  • Update tampilan banner gigs kamu, kemungkinan ada yang error
  • Update keyword gigs kamu, cek lagi keyword yang dipakai oleh kompetitor kamu
  • Coba kamu posting portfolio dan cantumkan link gigs fiverr kamu di pinterest. Pinterest adalah search engine yang lumayan populer, kamu bisa manfaatkan seoptimal mungkin
  • Kirimkan proposal secara direct ke calon pembeli kamu yang potensial. Tawarkan dengan harga diskon dan ajak mereka untuk order gigs fiverr kamu

9. Balas Chat Buyer Secepat Kilat!

Membalas chat buyer dengan sigap adalah kunci utama keberhasilan orderan pertamamu di Fiverr. Jangan biarkan pesan dari buyer terbengkalai, pastikan untuk meresponsnya secepat kilat. Respons yang cepat akan membuat pembeli merasa senang dan tidak kecewa, sehingga mereka akan memilih untuk tetap membeli dari Anda. Selain itu, dengan merespons pesan dengan cepat, Anda menunjukkan bahwa Anda peduli dan siap membantu pembeli. Jangan lupa untuk selalu mengecek pesan dari pembeli secara teratur agar mereka merasa dihargai dan dilayani dengan baik!✌

10. Upgrade Skill Kamu

Ada baiknya jika selama kamu menunggu mendapatkan orderan pertama, upgrade skill kamu. Hal ini akan menambah wawasan, membuka peluang dan cuan yang baru. Upgrade skill bisa darimana saja, misalkan dari sosial media, linkedIn, yang gratis maupun berbayar. Jika ada ilmu baru yang kamu terapkan, kamu bisa update gigs kamu atau menambahkan gigs baru. 

upgrade skill freelance kamu dengan coursera

10 Cara Mendapatkan Orderan Pertama di Platform Freelance Fiverr | Dalam artikel ini sudah aku spill semua ya, gimana? yuk terapin sekarang juga dan jangan kaget kalau kamu mulai banyak orderan sampai sampai buyer kudu antri. Untuk support kerja freelance kamu, kepoin saja ๐Ÿ‘‰Ladyaga. Hehehe... pantau terus website ini untuk tips fiverr lainnya ya๐Ÿ˜

Posting Komentar

0 Komentar