Cara Cuan dari Tiktok tanpa Affiliate, tanpa Endorse

Cara Cuan dari Tiktok tanpa Affiliate, Tanpa Jualan Produk | Menjadi content creator saat ini adalah impian banyak orang. Saya sempat berpikir apakah mimpi tiap orang tersebut memang benar ada cuannya?. Atau hanya FOMO?! *bertanya pada rumput yang bergoyang. Kalau dijaman dulu, content creator harus banyak followers, banyak gimmick, populer dan viral baru bisa dapat endorse dan adsense. Sekarang ternyata berbeda!.

Faktanya, algortitma sosial media seperti Tiktok, Instagram, dan Facebook sudah berbeda. Meskipun followers banyak, bukan berarti banyak impresi dan engagement. Hal ini menjadi harapan setiap orang untuk mendapat "giliran" viral di berbagai platform sosial media. 

Cara Cuan dari Tiktok tanpa Affiliate, tanpa Endorse

Siapapun kamu, ayok ngonten sekarang juga!πŸ‘€

Iya kamu! yang bukan siapa siapa, yang bukan si paling glowing, bukan si paling pintar, bukan si paling tajir. Siapapun kamu berhak untuk tampil di sosial media, tapi ingat dengan cara yang CERDAS😁πŸ’₯

>>> Dapatkan Penghasilan Jadi Freelancer Modal SMARTPHONE aja. Klik disini.

INSECURE, CEMAS, MALU?

Sama aku juga, kadang insecure karena gak langsing licin seperti mbak Jennie blekping. Cemas pula, jika nantinya ada sodara dan teman temanku yang nonton kontenku terus dikatain alay, sok ngartis, sok celeb, gak berpendidikan huhuuhu. Tapi, realitanya yang komentar seperti itu TIDAK KASIH AKU MAKAN ATAU CUAN. So, kenapa harus malu?.

Dua tahun aku ngonten, gak rajin rajin amat karena agak skeptis, emang bisa cuan gitu dari ngonten?. Maklum karena viewersnya masih sedikit dan followersnya rendah jadi rada minder.

Eh... setelah ada salah satu konten Tiktok ku yang FYP di bulan Juli 2023, seperti dapat hidayah untuk rajin ngonten lagi hingga saat ini. AAAND BOOMπŸ’₯😍! yang diawal dapat cuan cuma seratus rebuan, jadi jutaan. GIMANA CARANYA?.

  1. kenali potensi dan skill diri kamu sendiri (jangan liat yg lain lain, cek dulu bisanya apa)
  2. pilih NICHE (tema) yang ingin kamu share di sosial media; niche hobi mainan, melukis cat air, komedi, masak masak, journal diet,dll
  3. variasikan konten, edukasi, hiburan, informasi, dsb
  4. berikan manfaat kepada netizen, entah itu ilmu yg kamu pahami, tips dan trick, tutorial, hiburan yg bikin bahagia orang lain
  5. promosikan jasa kamu, produk digitalmu sendiri CUAN!

Sosial media saat ini seperti Tiktok sangat menyarankan dan mendorong kreatornya untuk menjadi original atau menjadi diri sendiri. Tidak ikut ikutan dengan kreator lain, (mungkin bisa jadi inspirasi, tapi harus punya keunikan), unggah video yang dibikin sendiri.

Kamu suka menulis, ya...mulai konten tentang proses menulis, cara kamu membuat kerangka tulisan, kegagalan kamu, cerita keberhasilan kamu bisa kamu share. Hobi masak? bisa mulai share resep kesukaan kamu, share bahan bahan masakan, dll.

>>> Tips dapetin PASSIVE INCOME dengan jualan produk digital, klik untuk info lebih detail.

Cara Cuan dari Tiktok tanpa Affiliate, tanpa Endorse

TIPS PENTING: Jangan paksain diri untuk menjadi orang lain, misalkan konten mukbang yang sedang ramai. Karena tidak semua orang bisa makan banyak disatu waktu, sedangkan kita belum terlatih. Nanti bisa berbahaya uhuy.
Wah... HP saya kentang banget nih, kalau dipake take video pasti buram. Wah, saya gak jago ngedit pake CAPCUT nih, ntar dikira udik.

AWOWKWOKA...NGL, saya pake hape smartphone kentang juga dan TIDAK jago edit video capcut. Ternyata itu tidak menjadi halangan aku untuk terus ngonten. Sehari aku bisa upload 3- 5 konten disetiap akun sosial mediaku. 

Cara Cuan dari Tiktok tanpa Affiliate, tanpa Endorse

TIPS PENTING: Bikin username yang sesuai dengan niche kamu. Misalkan Mpok Erna suka sharing masak masakan, bisa dibikin username = Cook with Erna. Berikut contoh lainnya:

  • Si Wenti suka spill produk tiktokshop = Wenti Spill Tiktok
  • Si Rini suka share soal buku favoritnya = Rini Booktok
  • Si Bambang suka share kehidupan rumah tangga = Bambang Pawang Istri
  • Si Aga suka spill tips freelance = Ladyaga | Tips freelance

Cara Cuan dari Tiktok tanpa Affiliate, tanpa Endorse

Sudah bikin username dan nama akun yang relate dengan kontenmu, yuk RAJIN NGONTEN. Untuk awal awal banget saran aku bikin konten yang banyak. Sehari bisa upload 3x entah itu konten hiburan, edukasi, informasi yang penting UPLOAD. KONSISTEN dan GAK OVERTHINKING adalah koentji!

Caraku mengoptimalkan akun Tiktok dan Instagram

  1. upload sehari minimal 3 konten
  2. akunnya jangan di private, pilih akun kreator atau akun bisnis
  3. jika ada waktu untuk LIVE, bisa sempatkan untuk live meskipun zonk, tidak ada penonton aku juga komat kamit sendiri
  4. untuk awal awal jangan terfokus ke cuan dulu, berikan manfaat dulu ke netijen. Misalkan kasih tips, buku gratis, rekomendasi web gratis, dll
  5. viewer dan followers masih sedikit? jangan overthinking. Keep going, nanti lama lama kamu bakal tahu dan bisa belajar konten apa yg bisa naik 
  6. fokus ke netijen, bukan ke kamu. Maksudku, saat ngonten coba POV kamu dari sisi viewers, apakah konten ini menarik atau tidak
  7. ikuti aturan Tiktok dan Instagram, bisa kamu baca baca T&C nya. Konten mana saja yang dilarang untuk menghindari resiko kena pelanggaran
  8. aktif menjawab komentar netijen, aktif juga komentar positif ke akun orang lain. Ini akan meningkatkan engagement kamu. Tapi, secukupnya saja, jangan spam
  9. jaga image diri hehew...aku tahu kadang kita galau, marah, emosi pengennya share ke sosial media. Mohon ditahan yah, atau pakai akun pribadi kamu yang lain
  10. PAHAMI! bahwa gak semua netijen bisa menyukai kita. Pasti ada yang pro dan kontra, jadi kontrol emosi ya kakak.

LOHH! Katanya mau spill cara cuan dari tiktok?! mana nih?!πŸ‘Ώ

Ingat kata cipung, "sabaaaar.... sabaaar... sabaar".

Seperti yang sudah aku jelaskan diatas yah, untuk dapat cuan kita kudu usaha dulu. Jangan ' ujug ujug' ngonten langsung cari cuan, jualan, promosi males gak sih?.

DIH! ELU DATENG DATENG LANGSUNG PROMOSI! BUKAN SIAPA SIAPA LAGI eh iya... sabaar... sabaaar... sabarrr *ngelus dada.

Jika kamu sudah melakukan tips aku yang diatas, sudah ngonten dengan rajin, sudah menemukan cara dan tahu konten apa saja yang menarik dimata netijen kamu. Engagement, impresi, followers kamu pasti akan bertambah. Nah... ada fitur monetasi tiktok yang masih 'anget banget' yaitu TIKTOK SERIES.

❌Tidak perlu affiliate produk tiktokshop.

❌Tidak perlu buka toko untuk jualan produk.

❌Tanpa endorse endorse produk orang lain.

✅Ribet diawal tapi kamu hanya jualan produk digital berupa video

Apa itu Tiktok Series?

Tiktok Series adalah fitur monetasi dari Tiktok untuk kreator menjual kontennya secara ekslusif. Jadi, konten video hanya bisa ditonton oleh netijen yang mau beli. Jika di youtube kita dibayar berdasarkan jumlah viewer, nah kalau tiktok series dibayar berdasarkan orang yang beli di konten video kamu.

Cara Cuan dari Tiktok tanpa Affiliate, tanpa Endorse
Adapun beberapa syarat syaratnya. Sumber: Tiktok

Dari hasil kesimpulanku sih, setidaknya akun kamu konsisten ngonten selama 1-3 bulan, nanti akan dapat notifikasi dari Tiktok soal monetasi Tiktok Series ini. Jadi semangat yaaa!. 

Konten apa saja yang bisa dijual di Tiktok Series?

  • Konten hiburan; contohnya seperti content creator 'Leb Seleb' yang menjual drama komedinya seharga 1 dollar yang laris manis di Tiktok.
  • Konten resep makanan; kamu bisa bikin video masak masak dan berbagi resep.
  • Konten tutorial; misalkan tutorial menulis, tutorial menggambar, tutorial public speaking, dll.
  • Konten cerita/ story telling; misalkan cerita yang berisi motivasi sesuai niche kamu.
  • Konten horror; video penampakan hiii... ngeri.
  • Banyak juga content creator yang share Tiktok Series yang unik seperti; video penyembuhan reiki jarak jauh, baca tarot, workout dance, fitness, POV belajar bareng.
Apa yang perlu disiapkan untuk mendapatkan fitur Tiktok Series?
  1. Akun Paypal; karena saat ini tiktok hanya menerima pencairan dana melalui paypal saja.
  2. Data pribadi seperti KTP, NPWP, dll (aman aman aja sih...)
  3. Laptop/ PC; karena upload konten tiktok series baru tersedia upload via laptop/ PC saja.

Cara Cuan dari Tiktok tanpa Affiliate, tanpa Endorse

Pengalamanku mendapatkan $200 pertama dari Tiktok Series

Sedikit kurang percaya diri karena aku bukan siapa siapa, cuma berbagi tips freelance yang selama ini aku praktekkan sendiri. Ternyata memberikan manfaat dan dampak positif untuk teman teman netijen. 

Btw, terimakasih banyak yah teman teman followers dan netijen semua yang selalu dukung aku, okay lanjut. Jadi karena ada notifikasi dari Tiktok, maka aku join saja untuk membuat Tiktok Series.

Personal branding yang aku tampilkan di akun Tiktok adalah seputar tips freelance, cara cari cuan dari internet, edukasi desain dan canva. Jadi aku bikin tiktok series yang masih dengan tema yang sama yaitu edukasi, tips freelance dan harus bermanfaat untuk netijen. Ada 3 tiktok series yang aku upload di akun ladyaga, kubikin secara bertahap. Step stepnya:

  • Membuat kerangka materi terlebih dahulu, biasa sih... berisi 5W+1 H sehingga bisa lebih mudah materinya untuk netijen. Untuk bikin kerangka begini biasanya butuh waktu berhari hari, karena ada selingan kerjaan freelance.
  • Membuat materi yang solid.
  • Membuat presentasi di Canva; bisa juga bikin di PPT, tapi lebih mudah Canva hehe. 
  • Bikin banner/ cover Tiktok Series di Canva
  • Membuat script; karena aku kalo ngomong didepan kamera kadang suka grogi dan belibet.
  • Take video (ini prosesnya cepet banget karena sudah ada scriptnya)
  • Editing video; aku cuma pake Capcut aja sih
  • Upload di Tiktok via laptop; setting harga, caption, dll.
  • Tunggu sekitar 24- 48 jam untuk kelayakan konten di Tiktok Series.
Cara Cuan dari Tiktok tanpa Affiliate, tanpa Endorse

Alat dan aplikasi yang aku pakai untuk bikin Tiktok Series:
  • Smartphone Samsung (beli 3 tahun lalu)
  • Microphone harga 100 rebuan (produk ada di lynk.id/ladyaga)
  • Canva Pro (emang subscribe lama)
  • Capcut (pake yang gratisan)
Akumulasi $200 dollar tersebut dihitung sejak pertama kali aku share Tiktok Series, jadi penghasilan tersebut hasil penjualan selama 2 bulan. Lumayan banyak menurutku, karena yang kurilis hanya 3 Tiktok Series saja. Ribetnya hanya diawal, setelah itu aku hanya fokus untuk ngonten dan mempromosikan Tiktok Series aku saja. 
Cara Cuan dari Tiktok tanpa Affiliate, tanpa Endorse

Biasanya kalau di Tiktok kan, ada keranjang kuning untuk affiliate produk Tiktokshop (jika ada yang laku, untung sekitar 500 rupiah hingga puluhan ribu). Nah kalo sudah ada Tiktok Series, kamu bisa menampilkan Tiktok Series kamu dengan keuntungan yang kamu setting sendiri fu...fu...fu.

Wah... ternyata prosesnya panjang ya?!. Iya betul harus dilakukan step by step, konsisten, sabar dan kuat mental. 

Testimoni pribadi jujyuur: kalau kita bandingkan ya, tiktok series ini lumayan cepet banget hasilnya ketimbang youtube. Konten yang dibikin pun bisa lebih singkat atau sederhana. Tapi kembali lagi ke rejeki masing masing ya, itu adalah hal yang tidak bisa dilacak algoritma.

>>> 10 Langkah sukses jadi freelancer, simak disini gan!

Kesimpulan

Cara Cuan dari Tiktok tanpa Affiliate, tanpa Endorse | Sudah aku share semua pengalaman, ilmu yang aku pahami nih. Sekali lagi berdasarkan pengalaman pribadi, jadi kalau teman teman ada pandangan lain silahkan dipilah saja yang baik dan buruknya. Semoga dengan artikel yang aku share ini bermanfaat bagi teman teman semua dan membuka rejeki baru. Selain di tiktok series, aku ada kelas kelas cuan juga yang bermanfaat di link iniπŸ‘€πŸ‘‰ LadyagaπŸ‘ˆ

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Nah ini niih... Ga perlu nangus2 TTS dihapus (entah sementara atau permanen) masih ada cara lain utk mendulang dollar dari tiktok ya .. Trmksh sharing nya Aga...

    BalasHapus
  2. Siip banget ini tipsnya, super gamblang tinggal niatnya yang perlu dikencengin lagi..

    BalasHapus
  3. Salut sama orang2 yg rajin ngonten kaya dirimu mbak aku mah udah lah. Mo posting 1 doto di IG aja mikir captionnya seminggu itu pun akhirnya ga jadi posting. Keren mbak semoga makin rajin berbagi konten yg bermanfaat ya

    BalasHapus
  4. Wah aku baru tahu tentang Tiktok series, menarik untuk dipelajari tips nya Aga. Apalagi aku udah punya akun tapi gak rajin ngonten. Tengkiyuu ya Aga udah sharing tentang tips tips keren untuk bekal ngonten

    BalasHapus
  5. Iyaa aku intip TikTok dan IG Aga ramee, karena niche sudah jelas yaa aku TikTok masih random banget mau posting apa belum nemu niche yang klik makasih artikelnya mencerahkan

    BalasHapus
  6. Jadi nggak semua pengguna tiktok langsung ada fasilitas tiktok series ya Aga? Nunggu dapat dr tiktoknya gt? Aku kurang aktif di tiktok tapi tertarik sama toktok series ini. Kalau cerbungku kubuat macam audio book di tiktok series ini bisa kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh lupa kasih nama, Rahmi yg komen yaa itu Agaaa

      Hapus
  7. ngeri ini sih mba, tipsnya kudu diperdalam lagi besok kudu dicatet stepnya dan diterapin. Sementara belum sanggup diriku ada bayik. Sangat bermanfaat pol mba Aga.

    BalasHapus
  8. Wow! baru tahu ada Tiktok Series yang sistemnya bayar per video. Masih jarang ngoprek TikTok nih. Makasih tips-nya, Mbak Aga. pelan-pelan nyoba konsisten ngonten di TikTok dulu

    BalasHapus
  9. This blog is incredibly informative and inspiring! Ladyaga's journey from a content creator to TikTok Series success is motivating. The detailed steps provided here make it seem achievable for anyone, regardless of their background. Middlesex County Reckless Driving Lawyer I appreciate the transparency in sharing personal experiences. Fantastic guide! Monmouth County Trespassing Lawyer

    BalasHapus
  10. Amazing, Your blogs are really good and informative. I got a lots of useful information in your blogs. It is very great and useful to all. Seperti yang sudah aku jelaskan diatas yah, untuk dapat cuan kita kudu usaha dulu. Jangan ' ujug ujug' ngonten langsung cari cuan, jualan, promosi males gak sih? Personal Injury Attorney Virginia beach. Keeps sharing more useful blogs...

    BalasHapus
  11. 1. Build a Large and Engaged Audience:
    First and foremost, focus on growing your TikTok followers organically. Create engaging and niche-specific content that resonates with your target audience. Consistency is key; the more followers and views you have, the more opportunities for monetization will arise...... divorce attorney in Fairfax

    BalasHapus
  12. The Best lah klo ilmu dr Kak Aga...

    BalasHapus
  13. This blog is unbelievably enlightening and moving! Woman Aga's excursion from a substance maker to TikTok Series achievement is persuading. The definite advances gave here cause it to appear to be feasible for anybody, no matter what their experience.
    alexandria traffic lawyer||bankruptcy chapter 7 attorneys near me||abogado trafico petersburg va

    BalasHapus
  14. In New York divorce cases, a Stipulation of Settlement Divorce New York is a legally binding agreement between spouses that resolves key issues like property division and support arrangements.

    BalasHapus