Jalan jalan menggunakan Transportasi Umum di Perth, Australia

Jalan jalan menggunakan Transportasi Umum di Perth, Australia

Jalan jalan menggunakan Transportasi Umum di Perth, Australia| FYI: Perth adalah kota  dengan populasi penduduk terbanyak ke-4 di Australia dan Oceania. Tidak hanya itu, Perth juga mendapatkan gelar 'the world most liveable city' alias kota yang paling layak dihuni karena penduduknya yang ramah, air dan udara yang bersih memadai, dan transportasi umum yang memadai.




















Akhir tahun 2022 saya dan suami mendapatkan kesempatan untuk tinggal di Perth, Australia selama beberapa bulan. Tentunya dengan budget yang pas- pasan, maklum inflasi ekonomi pada waktu itu lumayan berdampak bagi kami sejak pertengahan tahun 2022 kemarin. Dari tiket pesawat tentunya kami pesan dari beberapa bulan sebelumnya karena cari yang murah dan tetap berkualitas, lumayan pesawat PP Australia-Surabaya hanya sekitar 10 jutaan berdua (Singapore Airlines).

Posisi kota Perth ini kurang lebih seperti di Semarang (kota domisili saya), terletak didekat pesisir. Jadi lumayan banyak wisata pantai pasir putih, restoran pinggir laut, dan pelabuhan. Sunset di sore hari amat sangat indah, seperti lukisan atau kartu pos yang biasa kita lihat. Kebetulan, kami numpang tinggal di rumah saudara area Suburb (pinggiran) sekitar 1 jam dari Perth, di Mindarie Keys. Kebetulan Jarak pantai dari rumah hanya sekitar 200 meter saja, jadi bisa menikmati sunset kapanpun :)

Selain pesisirnya yang indah, berikut adalah beberapa destinasi wisata yang GRATIS di Perth, Australia:

  • Perth Cultural Centre 
    jika naik bus dan kereta, turun di Perth Underground langsung disambut oleh banyak area menarik di Perth. Salah satunya di Perth Cultural Centre, cocok banget buat kamu 'si paling aesthetic' karena banyak sekali art gallery atau art museum disitu. Banyak juga yang FREE ENTRY. Boleh banget untuk ngonten atau foto foto disana asalkan jangan sentuh karya seni dan pakai flash. Jangan lupa untuk menyimpan makanan, tas besar dititipkan ke customer service ya

    Objek Wisata Perth Australia
    Dokumentasi di area Perth Cultural Centre, Forrest PI dan sekitarnya

  • Forrest PI, Perth
    disini banyak keluarga dan orang orang nongkrong, posisi ditengah diantara pusat perbelanjaan MYER, Uniqlo, H&M, Commonwealth Bank, dll. Kalau tidak salah, setiap hari jumat sore dan malam ada bazaar makanan (pasar kaget) ditengah area ini. Setiap weekend hampir ada acara seperti acara budaya atau konser band indie. Lumayan buat jalan jalan ber selfie ria disini
Jalan jalan menggunakan Transportasi Umum di Perth, Australia
Pemandangan di King's Park, cocok untuk piknik keluarga

  • Kings Park and Botanic Garden
    selain pantainya yang indah, banyak sekali taman taman di Perth, Kings Park adalah tujuan populer wisatawan di Perth. Cocok sekali untuk melihat view Perth dari atas yang sangat indah. Jangan lupa bawa bekal dan alas untuk piknik karena memang cocok banget tempatnya. Tak jarang melihat pemuda pemudi duduk pacaran diarea taman
  • Fremantle
    sekilas area ini mirip seperti kota lama Semarang, karena bangunannya seperti bangunan tua semua. Ya, memang Fremantle ini salah satu kota tertua di Perth. Banyak sekali outlet outlet souvenir khas Australia disini. Ada pula penjara tua yang bisa kamu kunjungi dengan gratis
  • Fremantle Markets
    Buka setiap weekend dari pagi hingga malam. Pecinta streetfood wajib banget berkunjung kesini, banyak jajanan dari beberapa negara seperti Turkey Kebab, Chinese Food, Indonesian Food, Vietnamese Pho, Thailand Food, dll. Harganya lumayan terjangkau jika dibandingkan dengan jajanan di mall. Banyak juga penjual karya seni dan souvenir murah disini
  • Lakeside Joondalup Shopping Mall
    lebih suka jalan jalan ke mall? nih ada mall kece di area Joondalup. Ada H&M,Uniqlo, Nike, Adidas, dan barang barang branded lainnya. Mall ini lumayan populer dan luas, jadi kalau hanya lihat lihat saja kan gratis ya? hahahah...sad
  • Elizabeth Quay
    sobat sehat wajib nih olahraga disekitar pinggir kali sini, cocok buat sepedaan, jogging sambil lihat pemandangan kota, badan jadi bugar dan mata segar. 
Sebetulnya masih banyak lagi tempat wisata gratis di area Perth dan sekitarnya. Hampir dibeberapa tempat ada taman bersih dan pantai gratis. Bahkan disediakan keran dan shower bilas (jika memang diijinkan untuk berenang).
Transportasi umum Transperth

Transportasi Umum di Perth, Australia

Jika di Jakarta ada Transjakarta, Semarang ada Trans semarang, nah jika di Perth ada Transperth. Bedanya adalah Transperth memiliki 3 jenis kendaraan yaitu, bus umum, kereta (metro) dan kapal ferry. Dalam satu tiket bisa digunakan untuk 3 jenis kendaraan tersebut. Ada juga, Blue CAT dan Yellow CAT bus yang bisa digunakan secara GRATIS loh. Biasanya mangkal di area wisata dan kota, cocok untuk berlibur bersama keluarga. 

Tiket Transperth

Pada artikel ini saya share informasi seputar transperth dalam posisi kita sebagai turis yah, karena banyak sekali jenis tiketnya seperti tiket concession untuk manula dan pelajar. Tiket bisa dalam bentuk kartu SMARTRIDER dan CASH.

Harga Tiket Transperth

Harga tiket beragam, berdasarkan dengan jarak dan waktunya. Jarak dibagi beberapa section dan zona, Perth memiliki 9 zona. Semakin jauh bisa semakin mahal harganya. Untuk tiket cash harga tiket mulai dari $2,3 (2 section) misalkan dari Mindarie Keys ke Shopping Mall terdekat, tapi ini hanya untuk sekali jalan saja ya.

Jika ingin ke Shopping mall terdekat atau perjalanan hanya 1 zone saja harga tiket $3.30, bisa digunakan pulang balik tapi terbatas hanya 2 jam saja. Misal berangkat jam 10:00 lalu pulang dari mall jam 11:30 masih bisa menggunakan tiket yang tadi (jangan lupa menyimpan tiket) yang nantinya akan ditanyakan oleh petugas atau supir busnya. 

Harga tiket bus Transperth
Tiket Family Rider memang andalan

Jika ingin perjalanan wisata seharian bersama teman atau keluarga (hingga 7 orang) saran saya yaitu beli tiket FAMILY RIDER seharga 10 dollar namun hanya berlaku dihari libur dan weekend (sabtu-minggu) saja. Tiket ini berlaku seharian (dari pagi hingga jam 21:00) bisa untuk naik bus, kereta, maupun kapal ferry. 

Karena saya dan suami sering pergi diwaktu weekend, jadi biasanya satu gerbong dengan keluarga dan anak anak. Ada yang ingin ke tempat wisata atau sekedar nge-mall.

Cara Beli Tiket Transperth (CASH)

Cara beli tiket transperth sangat mudah ya, bisa beli melalui mesin (seperti mesin ATM) posisi biasanya di stasiun. Ikuti saja menu dan rutenya lalu masukkan uang kedalam mesin, bisa menerima uang kertas maupun uang recehan. Bahkan mesin bisa kasih kembalian jika ada kelebihan uang. 

Jika masih bingung menggunakan mesin tiket, bisa langsung menemui petugas stasiun (biasanya akan diajarkan cara pesannya) atau jika ingin naik bus bisa beli langsung ke supir bus dengan memberi informasi tujuan dan jam pulang. 

Untuk informasi lebih update bisa kunjungi situs resmi👉 Transperth. Jangan lupa untuk download aplikasinya agar bisa cek jadwal, rute, dan harga tiket transperth. Informasi terupdate dari aku bisa klik link ini yah👉 Ladyaga.





Posting Komentar

10 Komentar

  1. Ternyata banyak pilihan wisata gratis di Perth, dan semua yang diceritakan itu cakep-cakep ya. Semoga ada kesempatan bisa trip ke Australia, nyari tiket murah juga agar hemat budget. Info tentang tempat wisata lengkap, ada info transportasi juga, jadi tahu tentang jenis transportasi sesuai kebutuhan kita. Makasih Aga udah sharing perjalanan ke Australia lalu, aku sempat ngikutin di Instagram juga

    BalasHapus
  2. MasyaAllah...terbayang serunya liburan di Perth dg membaca tulisan ini. Terima kasih ya..asli jadi berharap suatu saat semoga bisa berkunjung ke sana juga ..

    BalasHapus
  3. Jadi pengin liburan juga nih ke Perth. Semoga suatu saat nanti bisa kesampaian bisa jalan-jalan ke Perth sama keluarga. Btw, untuk tiket family rider berapaan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10 AUSD mbak, sekitar 100ribuan rupiah puas seharian

      Hapus
  4. Seru banget Aga bisa dapat kesempatan tinggal di Aussie dan lebih dalam mengeksplorasi alam dan budayanya, cantik pemandangannya yaa taman-tamannya

    BalasHapus
  5. Seru banget pengalaman Aga ke Perth, aku belum kesampean nih mau kesana biasanya cum abantu arrange perjalanan dinas pak bos dan istri aja wkkwk,

    Banyak tempat umum gratis yang bisa dieksplor yang ga kalah cantik dengan yang berbayar ya.. jadi makin pengen kesana :)

    BalasHapus
  6. Serunya pengalaman mbak Aga ke Aussie. Banyak tempat gratis yg cantik2 bisa diekspor ya...mudah-mudahan suatu saat anak2 udh gede2 bs eksplor juga kesana.

    BalasHapus
  7. Seneng baca artikel ini, jadi pengin ikutan jalan2 ke Perth nih. Fasilitas publik untuk transportasinya bagus ya, memudahkan banget dengan biaya yng ekonomis.

    BalasHapus
  8. Setelah baca artikel ini jadi terbayang traveling ke Perth. Ternyata ada beragam wisata gratis yaa disana. semoga suatu saat bisa traveling kesana sekaligus nyobain transportasi umumnya

    BalasHapus
  9. The article provides a detailed guide on exploring public transportation in Perth, Australia, highlighting its beautiful coastline, stunning sunsets, and picturesque attractions. It also highlights the Perth Cultural Centre, Fremantle Markets, and free bus services, making it a valuable resource for budget-conscious travelers. estate lawyer

    BalasHapus