5 Rekomendasi Produk yang penting bagi anak Jurusan DKV

5 Rekomendasi Produk yang penting bagi anak Jurusan DKV

Kamu anak Desain Komunikasi Visual (DKV)?

Seperti pertanyaan diatas, apakah kamu anak DKV? entah kamu sedang menjalani studi Seni rupa prodi DKV, DKV murni S1, dan yang sudah lulus dari jurusan DKV. Jika iya, pasti paham dengan beberapa kebutuhan anak anak DKV seperti alat yang dasar hingga yang mahal seperti buku sketsa, buku catatan, laptop, kamera, harddisk external, dll. Alat alat tersebut memang mau tidak mau harus kita miliki untuk penunjang kuliah dan bekerja dijurusan DKV. 

Dulu sewaktu aku kuliah Seni Rupa prodi DKV di Universitas Negeri Semarang, belum mampu beli kamera DSLR, dan sebetulnya belum ada minat di fotografi sih (dapat nilai C terus). Jadi, solusinya adalah pinjam ke teman yang punya kamera. Kalau memang tidak punya dan kepepet sekali ya, pinjam adalah solusinya. 

Nah kali ini aku mau share soal 5 produk yang penting bagi anak Desain Komunikasi Visual (DKV) berdasarkan pengalamanku sebagai mantan mahasiswi DKV dan sudah lamaaaaaa~~~ bekerja dibidang yang sesuai jurusanku. 

Sarung Tangan Gambar

Produk ini memang sepele sih kelihatannya, tapi ini penting banget loh!, aku menyesal kenapa dulu gak pernah kepikiran untuk beli sarung tangan gambar ini. Maklum, jaman kuliah Shopee dan kawan kawan belum terlalu populer. Sarung tangan gambar ini berguna banget untuk melindungi sketsa kamu, jadi misal ada tugas sketsa manual gak perlu khawatir ke'usap', kena tangan yang berkeringat, tangan yang kotor, dsb. Selain itu sarung tangan ini aman untuk kamu pengguna ipad pro, jadi gak kegeser pas gambar.

5 Rekomendasi Produk yang penting bagi anak Jurusan DKV

Mouse ergonomic

Bukan karena keren dan high-tech, mouse ergonomics ini berfungsi sekali untuk kamu yang lebih cocok bekerja menggunakan mouse daripada pen tablet. Biasanya penggemar software Adobe Illustrator lebih nyaman menggunakan mouse. Tapi saking seringnya, membuat pergelangan tangan jadi pegal pegal kan? nah, solusinya adalah memakai mouse ergonomic ini. Jadi lebih nyaman, mengikuti bentuk tangan kita dengan kemiringan 57 derajat, lengan dan pergelangan tangan bebas pegal. Selain itu, mouse ini sudah wireless alias tanpa kabel. 

5 Rekomendasi Produk yang penting bagi anak Jurusan DKV

Phone Holder 

Sebagai anak DKV yang masih kuliah atau sudah bekerja pasti harus mengumpulkan banyak portfolio bukan? entah dalam bentuk video, karya ilustrasi, atau desain. Phone holder ini bisa membantu kamu untuk membuat konten untuk portfolio loh. Bisa diputar 360 derajat, diletakkan dimeja maupun dilantai. Proses taking video atau photo jadi lebih mudah dan profesional. Harga terjangkau dan mudah ditemukan di toko online. 

5 Rekomendasi Produk yang penting bagi anak Jurusan DKV

Kursi Gaming 

Sebagai freelancer yang bekerja didunia DKV selama lebih dari 7 tahun, banyak keluhan fisik yang aku alami, yaitu sakit punggung, bagian leher, dan kram perut. Itu karena kita sebagai anak DKV pastinya sering duduk. Entah kegiatan bikin konsep, scheduling, desain, dan gambar semuanya dikerjakan dengan posisi duduk. Penting sekali untuk sesekali stretching, dan olahraga minimal 30 menit sehari agar badan tidak kaku. Untuk mengurangi resiko sakit punggung dan keluhan lainnya adalah menggunakan kursi yang sesuai dengan tubuh kita, kursi gaming. Kursi ini memang khusus gamer yang bisa 12 jam lebih duduk main game. Aku pernah coba pakai kursi ini ditemanku, dan nyaman sekali, karena masih krisis, aku masih nabung untuk mendapatkan kursi ini. Semoga kesampean yah, dan terbebas dari sakit punggung. 

5 Rekomendasi Produk yang penting bagi anak Jurusan DKV

Tas backpack Laptop

Mulai tahun 2022 kuliah sudah mulai tatap muka ya, jadi sering ngampus. Begitu juga dengan freelancer, sudah mulai meeting tatap muka kemana mana. Pastinya menggunakan tas yang cukup untuk laptop 17" yang nyaman, keren, dan waterproof yah seperti tas Kanken favoritku ini. Selain kekinian, tas ini muat banyak. Memang sih harganya tinggi, tapi awet dan nyaman dipakai kemana mana. Jangan lupa untuk beli ditoko aslinya yah, karena banyak sekali barang tiruannya alias KW (kan jadi gak keren).

5 Rekomendasi produk yang penting bagi anak jurusan DKV diatas adalah berdasarkan hasil riset pribadi, produk seperti mouse ergonomic,tas backpack kanken sudah saya pakai sendiri dan merasakan manfaatnya (kayak iklan obat cina). Pastikan untuk membeli produk produk tersebut harus ditoko yang resmi agar barang yang didapat tidak KW, atau klik gambar saja untuk langsung terkait di akun Shopee kamu. Jika artikel ini bermanfaat, baca juga artikel saya yang lain yah. Terimakasih :)




Posting Komentar

11 Komentar

  1. Wah jadi tau kebutuhan anak design komunikasi visual itu ternyata banyak juga, terimakasih mba informasinya

    BalasHapus
  2. Sebagai emak dari mahasiswa DKV, saya saksinya bahwa mereka banyak banget kebutuhannya, haha. Tapi baru ngeh setelah baca artikel ini, kalau mereka butuh sarung tangan khusus. Wow.

    BalasHapus
  3. Wah ternyata jurusan DKV banyak juga ya kebutuhan peralatannya dan harganya juga tidak murah.
    Tapi jurusan ini saat ini banyak dicari, dan tidak mudah untuk masuk DKV...kereen.

    BalasHapus
  4. Itu yang mouse ergonomik bisa juga kan ya dipakai selain anak DKV? Aku tuh sampai sekarang ga pernah pakai mouse lagi loh gara2 tangan selalu sakit tiap kali pegang mouse. Jadilah hanya menggunakan touchpad di laptop aja. Kebayang ga sih pas bikin olah gambar pake touchpad, gemes2 gimanaaa gitu klo pas meleset ngekliknya. :))

    BalasHapus
  5. Wah ... Mayan juga ya seandainya beli kebutuhan itu dalam. Satu waktu. Ortu perlu siap-siap nih kalau anaknya diterima di Desain Komunikasi Visual. Perlu nabung dari lama

    BalasHapus
  6. Salh satu jurusan yang ingin kumasukin, tapi qodarulloh orangtua lebih berkenan punya anak teknik huhuhu

    BalasHapus
  7. Seru ya jurusan dkv ini, meski aku enggak pinter desain tapi suka deh sama jurusannya

    BalasHapus
  8. Naksir mouse sama tasnya deh..dan yang sarung tangan tadi emang keren sih....

    BalasHapus
  9. Mahal juga ya, tas ransel yang original. Di toko Oren itu aku Nemu banyak sekali tas ransel laptop dengan model yang sama mba, heuheu

    BalasHapus
  10. Fantastic recommendations for DKV students! Your insights on essential products like sketch gloves are invaluable. The practical tips from your experience make this a must-read for anyone in the field
    New Jersey Reckless Driving

    BalasHapus