Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengalaman Nonton Konser 30 tahun berkarya Dewa19 di Semarang

5 komentar
Pengalaman Nonton Konser 30 tahun berkarya Dewa19 di Semarang

Kami kelahiran 90'an tumbuh ditemani oleh lagu lagu Dewa19

Dewa19 dibentuk pada tahun 26 Agustus 1986 di Surabaya. Dengan pergantian beberapa personil dan formasi dari yang awalnya Ari Lasso, diganti oleh Once diikuti personil yang lainnya, hingga pada tahun 2011 Dewa19 resmi bubar. Teringat dulu disaat Dewa19 sedang dipuncak kepopuleran tahun 90'an, aku dan suami lahir disekitar tahun tersebut. Bisa jadi, lagu pengantar tidur kami adalah album Format Masa Depan (1994) ha...ha..ha. Sehingga entah kenapa, lagu lagu Dewa19 sudah mendarah daging dijiwa kami. Seolah olah sudah menjadi bagian dari hidup *lebay. 

Kenapa lagu Dewa19 bisa familiar denganku?

Baru sadar kalau Dewa19 memang terinfluence oleh band band terkenal dunia seperti Queen, Led Zeppelin dan band band rock luar negeri. Sebelumnya masa kecil aku dan suami juga kadang dengar lagu lagu mereka. 

Yah, wajar sekali kita bisa lebay. Mengingat tahun 2000-an ketika aku masih sekolah SD hingga SMP, hiburan satu satunya adalah televisi dan radio. Setiap nonton MTV ampuh selalu muncul video klip Dewa19 dari album Pandawa Lima, Bintang Lima, Cintailah Cinta, dan seterusnya. Masih ingat sekali, iklan motor YAMAHA yang 'Semakin Terdepan' tidak pernah aku skip. Pokoknya era Once sebagai pengganti Ari Lasso adalah era favoritku. 

Era Laskar Cinta, Republik Cinta, Dewi Dewi, The Virgin dan Seterusnya

Kembali ke jaman ini, aku sudah cukup remaja untuk mengetahui arti dan makna lagu lagu dewa19. Memang lirik liriknya tidak jauh dari pengalaman cinta lelaki playboy, seductive, dan sedikit nakal, tapi itulah yang menjadi ketertarikanku terhadap Dewa19. Kata kata rayuan gombal seorang lelaki yang ketahuan FWB an dengan wanita lain :

Semua terjadi begitu saja, Tak ada serius antara dia dan aku

Tidak cinta dan tak ada hati, Hanya karena aku lelaki dan dia wanita

Sepenggal lirik lagu Dewi (Dewa19)

Liriknya menggelitik sanubari, tapi pasti relate dengan pengalaman orang orang masakini. Kehidupan toxic yang sepertinya menarik untuk diselami para lelaki, menjadi tantangan tersendiri. HHHaseek!.

Ahmad Dhani resmi membangun manajemen REPUBLIK CINTA dengan membuka audisi untuk girlband. Ingat sekali, ajang audisi ini ditampilkan di SCTV banyak sekali para perempuan cantik, seksi dan bertalenta antri untuk menggapai mimpi sebagai DEWI DEWI. Tata Janeeta, Purie Andriani, dan Inna Kamarie debut sebagai formasi awal Dewi Dewi ditahun 2007 dengan musik video 'Dokter Cinta' yang langsung melambung populer ditangga lagu Indonesia.

Diikuti dengan artis musik lainnya seperti The Virgin, The Rock, The Lucky Laki, Andra and The Backbone, Mulan Jameela (setelah keluar dari Ratu), T.R.I.A.D, dll yang tak kalah HITS pada jaman itu. Hampir semua lagu mereka aku hapal lol. Hingga tahun 2011 Dewa19 benar benar bubar karena mungkin Ahmad Dhani terlalu fokus dengan manajemen dan banyaknya skandal pada waktu itu. 

Puncak 'kelesuan'ku dengan musik Indonesia adalah ketika Ahmad Dhani masuk penjara karena tersandung kasus mengenai ujaran kebencian tahun 2018 silam. Bahkan sebelumnya saja, sejak Ahmad Dhani masuk kedunia politik aku sudah tidak terlalu semangat untuk mendengarkan lagu Indonesia. Meskipun masih bisalah mendengar musiknya Sheilaon7, NOAH, Kotak, JKT48, tapi tidak bisa mengalahkan hype dari karya Ahmad Dhani CS. 

Official Dewa19 Merch by Proshop bisa beli {disini}

Dapat tiket Konser 30 tahun berkarya Dewa19 di Semarang

Beberapa tahun berlalu, setelah sekian lagu Tiktok kudengarkan, lagu cover-an seniman youtube, dan BTS menghantui tiap aktivitasku (baca: Taehyung ganteng, suaranya juga bagus). Ada kabar kalau DEWA19 ada tur konser 30 tahun berkarya diberbagai kota di Indonesia. Aku gak berharap banyak, kalaupun ada konser di Solo, Jogja, atau Jakarta pasti bakal kita datengin. 

Kejutan datang, ketika suami kasih info kalau konser Dewa kali ini ada di Semarang. Aku terharu sekali, bisa bisanya mereka datang kekotaku ini, mana dekat sekali dengan rumah sekitar 15 menit saja dengan mobil (jika tidak macet). 

Sebetulnya masih ragu karena tiket presale yang paling murah harganya 500 ribu rupiah. Sudah, sedikit lesu karena memang belum ada anggaran untuk hiburan bulan ini. Tapi yasudahlah, toh masih bisa dengerin lagu Dewa19 melalui Youtube. 

Suami, "sayang, beli tiketnya aja, aku besok bakal kerja keras kok untuk kerja dapat penggantinya".

Aku, "iya sayang, terimakasih banyak, nanti aku juga akan lebih giat kerjanya".

Akhirnya kita dapat tiket Silver seharga 650 ribu rupiah via Tiket.id, memang sedikit telat, tetapi tidak apa. Kita masih bisa bersyukur. Mumpung konsernya diadakan di Semarang dan dekat dari rumah.

Pengalaman Nonton Konser 30 tahun berkarya Dewa19 di Semarang
Foto didepan pintu masuk

Pengalaman epik 2022 Nonton Konser Dewa19 

Hari hari berlalu dengan harapan, penuh semangat didekat hari H konser 30 tahun berkarya Dewa19 di semarang. Aku menyiapkan diri dengan mendengarkan album Dewa19 disetiap saat, saat kerja didepan laptop, diperjalanan, hingga menjelang tidurku tak lupa mendengarkan lagu Larut untuk mengirimku kealam mimpi. 

 2 Juli 2022 akan menjadi hari yang paling bersejarah dalam hidupku, hidup kami juga. Untuk pertama kalinya kami NONTON KONSER MUSIK bersama hehe. Mengenang dulu waktu remaja, aku melewatkan banyak momen nonton konser malam malam seperti ini karena masih tinggal dengan kakek nenek. Karena nonton konser musik malam tidak bermanfaat, dan sangat rentan kriminal dimalam hari. Akhirnya tercapai juga ditemani suami tercinta. 

Suami nyeletuk,"sayang, pakai celana pendek saja atau skort biar gak kepanasan didalam nanti".

Aku,"oh gitu ya, pengennya sih pakai mini dress biar cantik gitu".

Suamiku menyanggah,"dahlah nanti kita cabut aja nuker tiket dulu dan beli kaos resmi Dewa19 di outlet, terus kamu pakai skort dan sepatu".

Aku bahagia sekali, suami belikan kita baju Dewa19 seharga 200 ribu rupiah per item. Sablonnya halus dan kaosnya nyaman. Karena masih dekat rumah, kita pulang dulu untuk berhias dan menyiapkan diri. Setelah kasih makan anabul (Micco dan Niki) kita segera mandi. Aku dandan pakai makeup yang paling bold, tahan air, tahan badai mungkin juga bisa tahan dosa *eh elah. 

Suami berhias sudah seperti ketika kencan pertamanya dulu, pakai parfum disegala arah, pakai pomade dan sisiran klimis. Pakai Kaos Dewa19 dan celana hotpants favoritnya LOL. Tidak lupa kita ber-selfie ria terlebih dahulu sebelum matahari tenggelam. 

Meski sedikit macet, akhirnya kita dapat spot parkiran yang bagus. Tidak terlalu jauh dari venue, sudah terlihat jelas antrian BALADEWA didepan pintu masuk. Mayoritas semuanya pada pakai baju berwarna gelap MAMBA dan kaos Dewa19. Karena kita tahu, didalam sana tidak diperbolehkan makan dan minum, akhirnya kita jajan dulu di outlet sambil antri. 

Kulihat banyak dari penonton adalah generasi bapak ibuku dengan semangatnya yang totalitas, adapula yang masih mahasiswa mahasiswi. Ternyata konser ini disukai lintas generasi juga, kuyakin selera musik mereka tidak abal abal. 

Jam 18:00 pintu masuk dibuka, segera kami berlari mendekati pagar batas penonton SILVER paling depan. Hanya terhalangi 2 pria yang sudah standby didepanku yang kebetulan tinggi semua hahaha, disini aku sudah cemas takut ketutupan. Suamiku menjagaku dibelakang, beruntungnya dia karena lebih tinggi dari aku. Selagi menunggu, ada beberapa orang didepanku duduk lesehan sambil mengabari rekan, orang tua, atau sodara mereka bahwa mereka sudah masuk diacara. Adapula yang selfie untuk update story, begitu juga kami.

Sayup sayup, ada beberapa penonton yang bilang bahwa konser seperti ini pasti jamnya bakal 'ngaret' alias mundur. Karena tertera diposter Dewa19 akan tampil jam 19:30 WIB, aku yakin pasti bakal on time dan tidak ngaret. 

Pengalaman Nonton Konser 30 tahun berkarya Dewa19 di Semarang

Benar saja, tepat jam 19:30 dimulai, aku sudah teriak teriak histeris duluan ketika melihat bayangan Ahmad Dhani dibelakang keyboard. Virzha, Ello, Yuke, Andra, dll muncul satu persatu dan konser dibuka dengan lagu RESTOE BOEMI dan Siti Nurbaya. Aku sudah tahu lagu ini tapi tidak sering kudengar, makanya lumayan mati gaya karena tidak hapal hehe.

Sama sepertiku, sepertinya mahasiswa disampingku juga tidak paham lagunya. Tapi tidak apa, kita masih histeris. Disini Ello dan Virzha sangat enerjik, kelihatan sekali mereka memang entertainer sejati. Dari bahasa tubuh ketika bernyanyi, tarikan suara, sampai kata kata sambutannya semuanya tersistem. Tidak asal asalan.

Selama satu jam Ello dan Virzha menyanyikan lagu lagu album awal Dewa19 dan era Ari lasso. Suamiku yang lebih suka Ari lasso, hampir semua lagunya hapal. Terlihat sekali suami senang dan sangat menikmati konser ini, sambil memelukku dari belakang.

Penampilan Once Mekel di Semarang
Once Mekel menyanyikan Roman Picisan

Bagian yang paling epic adalah ketika Once muncul, bagai formasi Dewa19 yang benar benar kukenal, VALID ini sangat epic!. ROMAN PICISAN menjadi lagu pembuka Once sebagai vokalis Dewa19, seperti dulu tahun 2000 pertama kali Once debut dengan lagu ini. Seketika atmosfir berbeda, lebih semangat dari sebelumnya, lebih jingkrak jingkrak dan heboh. Aku loncat, berteriak, ikut bernyanyi walau suara sedikit sumbang. 

Diikuti dengan lagu hits Dewa19 era Once lainnya seperti Pupus, Separuh Nafasku, Dewi, Arjuna, Risalah Cinta, Pangeran Cinta, Satu, Dua Sedjoli, Perempuan Paling Cantik diNegeriku Indonesia, Cemburu, bergantian dengan Ahmad Dhani menyanyikan lagu Sedang Ingin Bercinta. Saking hanyutnya, aku sampai lupa urutan lagu yang dibawakan Dewa19.

Ahmad Dhani menyanyikan lagu secara solo, dengan gitar saja. Hadapi dengan Senyuman, membuat penonton jadi sedikit lebih kalem, karena sebelumnya sudah dibuat jingkrak jingkrak. Meskipun hanya sebagian, tetap bisa membuat kami lebih tenang dan istirahat sejenak. 

Ada bagian menurutku ini yang tergila, ya! Cinta Gila dibawakan oleh Ahmad Dhani sebagai vokalis. Bukan hanya vokalnya saja yang aku kagumi. Tapi ketrampilan yuke, Andra, Agung Yudha dibagian bridge lagu, yaampun disini aku nangis bahagia. Ini yang benar benar aku tunggu, mereka benar benar totalitas sekali tampilnya. 

Konsep visual animasi background yang apik

Tidak seperti konser yang biasa kulihat diacara televisi, atau konser lain di Indonesia. Animasi yang menjadi background konser 30 tahun berkarya Dewa19 ini benar benar digarap dengan serius. Gambar tidak pecah, warna sesuai dengan karakter Dewa19, objek objek yang ditampilkan sesuai dengan tema lagu. Seperti lagu Arjuna, muncullah siluet wayang arjuna secara smooth. Mayoritas objek menampilkan 3dimensi yang tidak lebay, terkonsep dan bisa membuat tiap lagu yang dibawakan Dewa19 jadi berubah sesuai tema. Perlu diapresiasi nih animatornya! keren! VALID!. 

Terhipnotis!

Seperti dihipnotis, tidak terasa kita sudah 3 jam nonton konser Dewa19 yang menampilkan 30 lagu hits mereka. Meskipun suami sudah beberapa kali jongkok karena terasa nyeri kakinya, aku masih berdiri tegak semangat sampai akhir. Sesekali memeriksa makeupku apakah luntur atau tidak, seolah olah bersiap untuk kencan dengan Once, atau bisa jadi tiba tida diajak makan sama Dewa19 kan? who knows?.

Konser ditutup dengan keluarnya semua vokalis, Ello, Virzha dan Once menyanyikan lagu______(isi sendiri) mungkin Kamulah Satu Satunya? duh aku benar benar lupa karena saking terhipnotisnya dan ada rasa 'takut berpisah' *lebay memang, padahal seingatku aku nyanyi juga dan hapal. Lagi lagi aku nangis bahagia, sudah bisa datang nonton konser ini.

Baru setelah keluar dari venue, kakiku gemetar. Memang usia tidak pernah bohong, benar benar gemetar lemas apalagi pangkal paha dan sekitar tumit. Suara serak, haus dan pusing mungkin karena berbagi oksigen bersama penonton lainnya didalam. Langsunglah kita mencari mobil dan pulang kerumah.

Meski capek, malam ini kami berdua bahagia sekali telah menjadi penonton konser 30 tahun berkarya dewa19 di Semarang. Dengan harga tiket per orang 650 ribu rupiah menurutku ini sangat worth it terimakasih kepada promotor REDLINE KREASINDO,yang sudah menyajikan konser yang apik. Bayangin aja vokalis Virzha, Once, Ello tampil semua menyanyikan 30 lagu Dewa19 dengan totalitas. Audio, visual, dan keamanan yang maksimal sudah sepaket setara dengan konser konser kelas dunia. nah sekarang, Saatnya mandi, tidur dan mengenang momen ini. Kembali ke hidup lebih realistis dihari esok. 




Related Posts

5 komentar

  1. waah..membaca pengalaman ini saja terasa seruuu..apalagi menyaksikan konsernya secara langsung ya Aga. Pssti heboh sekali deh!! oya, Restu Bumi itu salah satu lagu kesukaanku lho..hehe..

    BalasHapus
  2. Lagu2 Dewa sangat populer di tahun 90 an, waktu itu saya baru lulus kuliah. Beberapa lagunya saya suka.
    Kalau dulu saya pengalaman nonton konser Chrisye (saya ngefans). Dimanapun di Jawa Tengah kalau ada konser Chrisye pasti saya nonton.

    BalasHapus
  3. Mupeeeng banget. Aku kemarin juga pengen nonton.. tapi di waktu yang sama kudu bayarin anak kegiatan dengan nominal segitu juga.

    Jadilah emak gigit jari saja. Belum mikir.. kalau nonton berdua ntar anak2 sama siapa.. kalau nonton sendirian, kok dah lama nggak keluar malam... wkwk.

    Ribet emang ya kalau dah emak2.. untung baca postingan mbak Aga.. jadi berasa ikut nonton konsernya deh.

    BalasHapus
  4. Lagu-lagu nya Dewa19 emang enak buat didengerin sih. Aku juga suka. Bahkan kadang sampai sekarang masih suka dengerin dari youtube.
    Asyik kali ya kalau bisa nonton konsernya.

    BalasHapus
  5. Baca tulisan ini berasa kalau ikutan nonton konsernya Dewa. Aku dulu seneng banget dengerin Still I'm sure we'll love again (bener ga sih judulnya)

    BalasHapus

Posting Komentar