Tips Menulis Deskripsi Gig Fiverr yang Menarik dan Efektif Laris Manis

Menulis deskripsi gig Fiverr yang memukau sangatlah penting untuk membangun kepercayaan dengan para calon buyer. Jadi, jika deskripsi kamu bisa membuat calon buyer merasa yakin dan percaya pada kemampuan atau skill kamu, maka orderan gig fiverr kamu bakal laris manis!.

Deskripsi gig Fiverr kamu bakal menjadi kunci sukses untuk memikat hati para calon buyer dan membuat mereka ingin order lebih banyak gig fiverr kamu. Jadi, jangan sampai deskripsimu gagal membuat hati mereka terpikat dan menolak tawaranmu. Agar deskripsi gig Fiverr kamu jadi yang terbaik, singkat saja dan jelaskan dengan jelas tentang gig kamu, sertakan sampel hasil kerja (proyek), ceritakan skill, keahlian dan pengalamanmu, dan jangan lupa berikan Call to Action yang jelas dan menarik.

Tips Menulis Deskripsi Gig Fiverr yang Menarik dan Efektif Laris Manis

Kenapa sih, menulis deskripsi gig fiverr itu penting banget? 

Ketahuilah selain menulis judul gig fiverr yang jelas, penting banget untukmu untuk menulis deskripsi gig fiverr yang menarik agar orderan kamu win win!. Pengalaman dulu waktu aku awal awal banget daftar di Fiverr, sering menganggap deskripsi yang ada di gig fiverr itu GAK PENTING😂!. Eh ternyata salah cuy!.

Aku isi asal aja deskripsinya, karena menurutku (pada saat itu) yang paling penting adalah judul gig fiverr, list harga, video banner dan portofolionya saja. Eh malah keblondrok dan ada masalah dikemudian hari. Berikut problem yang pernah aku alami pas deskripsi gig fiverrku masih aneh:

  • Adanya miskomunikasi antara aku dan calon buyer. Dijudul gig fiverr aku tulis bahwa aku menawarkan jasa pembuatan karakter kartun dalam bentuk digital (soft file saja). Namun karena deskripsi gig fiverr aku kurang lengkap, calon buyer menganggap bahwa aku juga jualan produk fisik (yang sudah di pigura). Alhasil, calon buyer kecewa dan tidak jadi ambil jasaku.
  • Tidak ada keterangan jenis file akhir yang dikirimkan ke buyer. Jadi dalam deksripsi gig fiverr sebaiknya kita mencantumkan jenis file apa saja yang disediakan seperti: JPEG, PDF, ZIP FILE, blender, adobe photoshop, dsb. Jadi, calon buyer kamu tidak akan bingung nantinya bakal dapat file apa saja setelah orderan kelar.
  • Lupa menjelaskan proses pekerjaan yang seharusnya bisa dirinci di deskripsi fiverr. Alhasil tiap ada yang order, aku keteteran menjelaskan prosesnya dari awal, sketsa, revisi dan final. Karena calon buyer aku mungkin juga menjadi buyer baru di fiverr.
  • Terjebak tipu daya buyer nakal, jadi ada saja buyer yang datang untuk menjebak karena deskripsi gig fiverr aku kurang jelas, sehingga buyer minta revisi berkali kali.

Tips Menulis Deskripsi Gig Fiverr yang Menarik dan Efektif Laris Manis

Berdasarkan pengalaman pahit yang aku alami gegara deskripsi fiverr aku rada ngaco, akhirnya ada banyak informasi dan artikel di internet yang membantuku membuka mata untuk segera membuat deskripsi gig fiverr yang bener, efektif, dan menarik sehingga orderan dari buyer lancar jaya.

# RISET PASAR TERLEBIH DAHULU

Sebelum menyusun deskripsi gig fiverr, pastikan kamu melakukan riset yang cermat. Cari gig fiverr kompetitor yang sesuai dengan layanan yang kamu tawarkan.
Contohnya, jika kamu mau menawarkan jasa untuk blogger, carilah gig blogger dengan persaingan rendah dan periksa deskripsi gig dari seller teratas (level 1 atau 2) karena mereka biasanya menggunakan kata kunci yang tepat yang bisa membantu kamu secara signifikan. Yuk, mulai riset!.

Coba catat detil-detil penting dari deskripsi gig fiverr kompetitor kamu dan jadikan bahan tambahan untuk membuat deskripsi gig fiverr kamu lebih memikat. Namun, janganlah MENJIPLAK 100% deskripsi gig orang lain karena nantinya akan berujung pada masalah yang tidak diinginkan.

Walaupun deskripsi gig hasil karya kamu sendiri, tetap gunakan beberapa tools pengecek plagiarisme untuk memastikan deskripsi kamu memang aman dan menarik.

Baca juga >>> 10 Cara dapetin orderan pertama di Fiverr

# BIO dan INTRODUCTION (PERKENALAN)

Mari tarik perhatian buyer fiverr gig-mu dengan bio dan introduction yang kece! Ingatlah untuk memperpendek kalimatmu karena hanya 1200 karakter yang tersedia di deskripsimu. Tidak usah sebutin tentang usiamu atau hobi-hobimu, cukup mulailah dengan "Hi", lalu jelaskan layananmu dengan jelas.

Tips Menulis Deskripsi Gig Fiverr yang Menarik dan Efektif Laris Manis

Tapi, ada satu hal yang lebih penting lagi: gunakan bahasa Inggris yang mudah dimengerti dan hindari kata-kata yang complicated. Kebanyakan buyer gig fiverr bukan orang bule yang fasih bahasa inggris dan mungkin kesulitan memahami deskripsi gigmu. Berikut aku jelaskan dengan salah satu contoh yang lebih jelas.

Contoh:
"Hai, butuh desain logo yang unik? Selamat, kamu telah menemukan gig terbaik!"

"Hi! do you need a unique logo design? Congratulations, you have found the best gig!"

  • Jelaskan nama kamu? (gak perlu detail banget, bisa nama sebutan atau brand)
  • Apa yang membuat kamu terinspirasi untuk menawarkan gig fiverr?
  • Apa saja pengalaman yang sudah kamu kerjakan?
  • Siapa klien klien yang sudah order gig fiverr kamu?
  • Jelaskan kenapa para buyer harus order gig fiverr kamu!

# GUNAKAN KATA KUNCI YANG SESUAI GIG FIVERR

Bikin deskripsi gig fiverr kamu dengan kata kunci yang cocok, yuk! Supaya makin oke dan gig kamu muncul di atas hasil pencarian beranda fiverr, pilih kata kunci yang tepat dan jangan lebih dari 3 kata, ya. Seriusan, ini bisa bikin daganganmu laris manis!

Jadi, jika kamu menawarkan jasa desain logo di gig fiverr kamu, dalam deskripsi kamu bisa tampilkan juga kata kunci seperti ini: logo design, branding, graphic design (pokoknya yang berkaitan dengan desain logo).

Baca juga >>> 5 Cara menghasilkan uang dari desain Canva

# BERIKAN INFORMASI APA SAJA YANG KAMU BUTUHKAN DARI BUYER JIKA ORDER GIG FIVERR KAMU

Berikan informasi kira kira untuk memulai proyek gig fiverr kamu, kamu butuh informasi apa saja dari klien? seperti ukuran file, brief deskripsi, dan info info yang kamu butuhkan. Jangan sampai ada yang miss, harus benar benar ditanyakan semua. 

# JELASKAN APA SAJA YANG BISA KAMU BERIKAN KEPADA BUYER KAMU, DAN KEUNIKAN TENTUNYA

Jelaskan apa saja sih yang nantinya kamu berikan ke buyer gig fiverr kamu, dari jenis file, file master, sketsa, konsep, gambar berwarna dan versi hitam putih, dan sebagainya. Agar buyer kamu juga jelas, dan ekspektasinya gak kejauhan. 

Tambahkan EXTRA atau keunikan pada dirimu yang mungkin akan menjadi NILAI PLUS untuk para calon buyer kamu, contohnya:

  • Desain sangat original, saya membuatnya sendiri seketika anda pesan gig fiverr saya.
  • Bisa diselesaikan hanya dalam 48 jam.
  • Gratis revisi 2 kali jika diperlukan.
  • Fast response, bisa dihubungi atau online kapan saja.
Berikan informasi se jelas jelasnya untuk beberapa opsi paket gig kamu dari yang starter, standart dan premium. Agar meminimalisir miskomunikasi antara kamu dan buyer. 

# TAMPILKAN TANYA JAWAB (FAQ) 

Terkadang calon buyer itu males baca deskripsi kepanjangan, apalagi bio dan introduction. Seringnya malah lompat ke bagian FAQ karen mungkin lebih relate dengan kebutuhan mereka, dan mereka memang tidak ada waktu untuk baca baca yang bertele tele. 

FAQ ini adalah jawabannya, terapkan saja 5W+1H yang berkaitan dengan gig fiverr kamu. Berikan pertanyaan (dari sisi buyer) dan tentu saja berikan solusi yang singkat ya! jangan bertele tele.

Tips Menulis Deskripsi Gig Fiverr yang Menarik dan Efektif Laris Manis

# TAMBAHKAN CALL TO ACTION

Dalam akhir deskripsi gig fiverr kamu, tunjukkan pembeli betapa luar biasanya layanan yang ditawarkan. Segera mengajak mereka untuk mengeksekusi pesanan dengan mengeklik tombol 'Order Now' sekarang juga.

Namun, supaya rencana tersebut berhasil, pertama-tama kamu harus mengumpulkan kepercayaan pembeli dengan merangkai deskripsi yang memukau hati mereka. Karena, tanpa keyakinan dari mereka, mustahil bagimu untuk menjual gig fiverr.

Contoh:

Ready for action? Hit me up if you're bursting with more questions. And hey, don't forget, I've got your back with a 100% money-back guarantee, so let's make it happen!

# JANGAN ALAY DAN LEBAY

Perhatikan bahasa dan karakter yang ada dalam deskripsi gig Fiverr kamu! jangan sampai berlebihan dan memakai terlalu banyak karakter, karena bikin orang yang baca jadi ilfeel dan merasa kamu bukan orang yang profesional. Berikut adalah tips tipsnya: 

  • Jangan menampilkan banyak emoji (kesan tidak profesional)
  • Menampilkan link CP kamu seperti email, nomor HP, telegram, dll (tindakan ilegal)
  • Jangan pernah coba coba menampilkan data yang halu
  • Jangan desperate, pake ditambahin "please order my gig, i need to buy milk for my kids", hadeeh.
  • Jangan sering memperbarui deskripsi gig (akan memengaruhi algoritma Fiverr)

KESIMPULAN

Jadi menulis deskripsi gig Fiverr yang menarik dan efektif memang harus benar benar diperhatikan ya, karena sekarang apa apa harus mengikuti algoritma SEO dari berbagai platform termasuk Fiverr. Kan sayang banget, kamu sudah punya skill yang mumpuni tapi kalah di SEO. Rugi banget dong!.

Semoga tips dari aku ini bisa bermanfaat untuk kamu ya para freelancer Indonesia! nantikan lagi artikel yang membahas Fiverr lainnya. GOOD LUCK!

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. "Tips for Writing Interesting and Effective Fiverr Gig Descriptions that Sell Well is a valuable guide for freelancers seeking to stand out in the ||Abogado de Multas de Tráfico Nueva Jersey||Domestic Violence Charges New Jersey competitive marketplace. With practical insights and a strategic approach, this resource empowers sellers to craft compelling gig descriptions that not only captivate potential clients but also drive successful sales."

    BalasHapus