5 Tips Mendapatkan Ratusan Ribu Tayangan di Akun Pinterest Kamu

Mendapatkan traffic pengunjung atau tayangan hingga ratusan ribuan adalah mimpi sekian banyak user pinterest | Pinterest, si pelopor social media dengan 300+ juta pengguna aktif, merajai dunia sosmed dan search engine secara visual ! Khususnya bagi bisnis e-commerce, Pinterest punya daya tarik luar biasa dalam mengirimkan traffic ke situs web dan blog. Tapi, gimana caranya memaksimalkan jumlah pengunjung hingga ratusan ribu user secara organik dan membuat akunmu lebih KECE?💋

Bareng-bareng kita bayangkan, bagaimana kalau setiap pin yang kamu unggah di Pinterest mendapatkan traffic organik GRATIS dan lebih banyak visibilitas tiap bulannya? Beneran lho, Pinterest terus ngirimin traffic ke kamu, karena umur pin di Pinterest 1600 kali lebih lama daripada postingan Facebook. Jadi, satu pin aja bisa ngirimin traffic ke kamu untuk waktu yang luaaaaaaaaama BGT. Makanya, jangan diremehkan, ya!

5 Tips Mendapatkan Ratusan Ribu Tayangan di Akun Pinterest Kamu

*Disclosure: Beberapa tautan dalam postingan ini adalah tautan afiliasi. Pada dasarnya, jika kamu mengklik dan membeli sesuatu dari artikel ini, aku juga akan mendapatkan sedikit keuntungan. Namun jangan khawatir, itu tidak akan membebani kamu biaya tambahan apa pun! Jadi, jika kamu merasa murah hati, silakan klik dan bantu saya menjalankan blog ini. Cheers!

Meningkatkan Ratusan Ribu Tayangan dengan Desain Pinterest yang Menawan!

Dalam artikel ini, aku ingin berbagi beberapa tips tentang bagaimana kita dapat membuat desain Pinterest yang menarik dan berkualitas tinggi. Dengan menggunakan beberapa elemen penting, kamu bisa meningkatkan kunjungan website (traffic) dan memperoleh lebih banyak klik. Gak usah lama lama.Yuk! mari kita mulai!

#1. Jangan coba coba menggunakan satu desain template Pinterest untuk semua pin kamu. BIG NO!

Coba eksplor lebih jauh! Setiap desain dan teks Pinterest yang unik akan menarik perhatian audiens yang berbeda. Jadilah kreatif dengan berbagai latar belakang, warna, font, dan teks, dan temukan apa yang paling efektif untuk kamu. Jangan dipake berulang ulang, nanti malah dikira SPAM.

5 Tips Mendapatkan Ratusan Ribu Tayangan di Akun Pinterest Kamu
Freelancer kit: template surat kontrak, CV ATS Friendly, and more

Seringkali aku perhatiin orang menggunakan satu template untuk semua pin mereka. Namun, ini bisa menjadi kesalahan besar BIG HUGE MISTAKE. Mengapa?

Pertama, jika kamu berpartisipasi dalam thread Facebook Pinterest, teman blogger kamu akan menganggap bahwa mereka sudah membagikan kontenmu karena semua pin terlihat sama. Ini akan mengurangi jumlah pembagian untukmu.

Kedua, Pinterest menggunakan komponen pencarian visual yang membantu algoritma mencari jenis konten. Jika semua konten konten kamu terlihat sama, Pinterest akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menentukan di mana menempatkannya dalam platform, dan ini bisa mengurangi jumlah tampilan pin kamu.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kinerja pin Anda, salah satunya adalah dengan mencoba desain yang berbeda. Ini bisa membantu meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda.

Terakhir, pastikan gambar kamu relevan dengan konten yang dibikin. Pinterest adalah mesin pencari visual, jadi pastikan gambar yang kamu tampilkan sesuai dengan topik yang dibahas. Jika gambar kamu tidak relevan, pengguna akan kesulitan memahami tentang apa pinmu.

#2. Membuat Teks yang ada di Pin Kamu Mudah Dibaca

Agar pin kamu diminati pengguna, pastikan desain teks pada pin mudah dibaca. Terutama saat pengguna Pinterest menggulir melalui pin di smartphone atau gadget mereka, desain yang terlalu rumit akan membuat mereka terus scroll kalian NUMPANG LEWAT AJA awokawok.

Untuk menarik perhatian dan mendorong pengguna pinterest, gunakan beberapa tips mudah berikut:

  • Gunakan hanya 2-3 jenis font dalam satu desain. Jangan banyak banyak, nanti pusing!.
  • Buat kata penting menjadi tebal atau warna cerah agar menonjol, seperti pada contoh "10 Tips Menurunkan Berat Badan Selama 30 Hari" di mana "Menurunkan Berat Badan" ditebalkan agar lebih jelas alias jadi POINT OF INTEREST.
  • Hindari penggunaan font skrip yang sulit dibaca. Selalu cek tampilan pin pada ponsel dan minta pendapat orang lain untuk memastikan mudah dibaca.
  • Jika tetap ingin menggunakan font skrip, gunakan hanya untuk teks pelengkap, seperti pada contoh "Selama 30 Hari" pada contoh judul diatas.

Dengan memperhatikan desain teks pada pin, diharapkan pin Anda bisa lebih menarik perhatian dan meningkatkan jumlah klik dari pengguna.

>>>Baca artikel lainnya: Cara daftar akun bisnis dan upload konten pinterest

#3 Tanyakan pada Dirimu Sendiri: Apakah Konten Pin-Mu Bermanfaat untuk Audiens?

Ingatlah, pin di Pinterest akan dilihat oleh orang beneran yak (literally real human, not me, not hermione, human!) Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami kebutuhan pengguna Pinterest dan membuat pesanmu terasa personal bagi mereka.

Saat membuat pin, selalu pertimbangkan bagaimana kamu menggunakan Pinterest.

Apakah kamu mencari ide untuk menyelesaikan tugas atau mencari solusi?

Coba praktek disini dengan contoh, judul pin mana yang akan kamu klik?

"Cara Menghabiskan Akhir Pekan Musim Panas Bersama Keluarga."

"Atur Liburan Akhir Pekan Musim Panas Keluarga dengan 8 Ide Seru dan Terjangkau."

Pasti kamu akan memilih contoh kedua. Kenapa? Karena:

  • Judulnya lebih melayani dan personal.
  • Pin itu menggoda dan menarik perhatian.
  • Dan yang terpenting, memberikan solusi SPESIFIK dan disampaikan dengan cara yang positif.

Bagaimana bisa? Seseorang yang mencari hal tersebut mungkin sedang dalam krisis keuangan atau terbatas anggarannya, tapi pin tersebut memberikan solusi untuk masalah tersebut dan dijelaskan dengan cara yang mudah dipahami.

Aturan umum saat menulis judul pin adalah:

  • Selesaikan masalah, berikan manfaat.
  • Berikan solusi.
  • Buat mudah dipahami.

#4 Ayo bereksperimen dengan berbagai warna, jenis huruf, gambar latar belakang, dan desain yang keren. Jajal teknik desain yang berbeda-beda untuk menemukan gaya yang pas untuk konten pinmu.

Kamu bakal terkejut kalau bahkan perubahan paling kecil bisa berdampak besar pada performa pin-mu.

Ini adalah kunci sukses untuk menarik lebih banyak pengunjung ke situs web-mu dari waktu ke waktu.

Salah satu kuncinya adalah mengutamakan kualitas gambar yang kita pakai dalam setiap pin. Gambar yang ciamik dan relevan dengan topik pin bakal bikin mata pengguna Pinterest melek! Selain itu, judul dan deskripsi juga harus tepat sasaran agar pin kita terlihat lebih cetar.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan timing posting pin kita. Pasanglah pin saat pengguna Pinterest sedang aktif-aktifnya mencari ide, dan voila! Pin kita punya peluang lebih besar untuk di-like dan disimpan oleh para pengguna.

Jadi, meski terlihat sepele, perhatian pada detail-detail kecil bisa membawa perubahan besar pada performa pin kita. Let's get creative, dan tuntaskan setiap detail di akun Pinterest kita agar menarik minat lebih banyak pengguna!

>>>> Kalau kamu pakai template Pinterest GRATIS yang aku sediakan disini, jangan lupa di edit edit lagi agar pin-mu tetap unik dan sesuai merekmu. Let's design!

5 Tips Mendapatkan Ratusan Ribu Tayangan di Akun Pinterest Kamu

#5 Rajin Upload Posting Pin Tiap Hari, Tanpa Libur!

Setiap hari aku upload sekitar 4-5 konten pin di pinterest. Untungnya ada fitur penjadwalan upload di pinterest, jadi bikin konsep dan desain sehari bisa dijadwalkan upload sampe sebulan. Untuk jenis kontennya variatif banget, ada yang ukurannya 1000x1500 pixel berupa video, reels, atau foto biasa.  

Upload banyak! peluangnya juga banyak, dari 4 pin adalah 1 yang jumlah tayangan pinterest hingga puluhan ribu audiens. 

NOTE TERAKHIR NIH: Searching tren terbaru di halaman Tren Pinterest kamu, pakai keyword dan optimalkan SEO dengan menulis di kolom search bar pinterest.

Tips yang aku berikan di atas bakal memberikan kendali lebih besar terhadap performa pin Anda. Meski terlihat banyak, setelah diterapkan, itu bakal jadi kebiasaan. Cius!.

Perlu diingat, performa pin tergantung pada minat pelanggan.

Kalau topiknya sangat spesifik, jumlah tampilan mungkin rendah, tapi klik dan repin tinggi. Atau topiknya populer banget tapi tampilannya tinggi, tapi klik-thru lebih rendah karena persaingan yang lebih ketat.

Dengan mengetahui apa yang berhasil untuk pin pinterest kamu dan memantau performanya, bakal bikin kamu lebih paham tren dan meningkatkan performa dari waktu ke waktu.






Posting Komentar

1 Komentar

  1. Wow, these Pinterest tips are game-changers! Creating unique designs and easily readable text is key. Diversifying pin layouts and optimizing for mobile viewing are genius strategies. Thanks for the valuable insights
    How Many Points Is Reckless Driving in New Jersey

    BalasHapus