Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengalaman Pemula Menjadi Contributor Canva

12 komentar
Pengalaman Pemula Menjadi Contributor Canva

Hiatus Hampir 5 Tahun

Mengurus studio kreatif sendiri memang perlu pengorbanan | Waktu itu Gagestudio (studio kreatifku) memiliki lebih dari 10 karyawan, aku merasa kurang bisa membagi waktu sebagai owner dan ilustrator. Jadi aku mengorbankan profesi utama untuk fokus mengembangkan studio.

Sekian waktu berlalu, akhirnya pandemi tiba. Semua karyawan harus kerja work from home, tetapi kenyataannya tidak semua orang mampu mengatur waktu dan pekerjaannya ketika bekerja dirumah. Kendala seperti kuota internet terbatas, tidak terjangkau internet dan alasan alasan lain. Dengan terpaksa aku memberhentikan karyawan dan memilih untuk bekerja dengan freelancer.

Sekarang bekerja hanya bersama suami saja, dibantu dengan 2 freelancer. Butuh banyak penyesuaian lagi, karena sebelumnya kami ada yang membantu tetapi sekarang harus lebih mandiri, namanya juga wirausaha, setiap keputusan ada konsekuensinya. 

Karena sudah tidak PEDE dengan menggambar, aku berencana fokus untuk menjadi content creator saja dengan merekomendasikan produk produk Shopee, review produk, hingga endorse baju. Tapi pekerjaan ini memang musiman, hehe~~

Mungkin seperti artis, kadang ada endorse kadang sepi. Hal ini membuat terkadang aku jadi malas malasan untuk bikin konten, alhasil insight menurun hiks. Meskipun pemasukanku tidak hanya dari situ saja, tapi aku rasa kerjaku kurang optimal.

Banyak hari hari luang yang aku lalui, waktu rebahan semakin panjang, kegiatan scrolling TikTok dan nonton drama korea jadi kebiasaan. 

Suami selalu bilang, "sayang, kamu santai saja, aku bisa kerja dan nafkahin kamu sendiri".

Tetapi, aku tidak bisa begitu, harus ada energi yang kukeluarkan agar tidak overthinking. Yaitu dengan sibuk bekerja. Tetapi apa?

Entah wangsit darimana, muncul ada teman yang membagikan kisah suksesnya dengan menjadi contributor Canva. Hatiku tergerak untuk kembali BERKARYA!~

Setelah 5 tahun tidak menggambar ilustrasi, aku langsung bangkit dari kasur dan langsung menggambar pakai Ipad suami.

Pengalaman Pemula Menjadi Contributor Canva

Menjadi Contributor Canva

Kebetulan aku pengguna setia Canva dari 2 tahun lalu, yah menurutku itu adalah satu satunya aplikasi desain yang paling user friendly dengan harga affordable. Biasa aku pakai untuk konten sosial media, Banner Blog, dan menyusun Portfolio. Dan kaget sekali, ternyata aku sudah TERDAFTAR sebagai Canva Contributor sejak setahun lalu.

"Oh, iya deng. Dulu pernah iseng daftar".

Alhamdulillah. Lucky me.

Ternyata pendaftaran untuk menjadi Contributor Canva sudah DITUTUP.

Jadi, aku tinggal lanjut menggambar lagi. Pas ada rejeki, suami membelikan aku Ipad Air 2022 bersama dengan Ipad Pencil Gen 2 yang harganya bikin kembang kempis. Katanya, agar aku bisa semangat berkarya lagi.

Seperti ketika Harry Potter barusan dapat the magic wand, rasanya wah sekali!

Begitu pegang Ipad dan pensilnya, aku merasa kembali ke diriku 5 tahun lalu. Meski tak mudah untuk memulai kembali, tapi aku masih bisa semangat berkarya. Belajar aplikasi Procreate, Clipping Mask, belajar Adobe Illustrator lagi, semuanya asik!.

Akhirnya setelah beberapa karya jadi dan upload di Canva, ada beberapa karyaku yang lolos dan bisa dipakai oleh pengguna Canva lain. Aku jadi tambah semangat lagi. Untuk penghasilan sih aku belum sampai withdraw, hanya bisa berharap semoga para pengguna Canva bisa memanfaatkan elemen ilustrasiku dengan maksimal. Amin. Nah ini adalah karyaku:

Pengalaman Pemula Menjadi Contributor Canva
Pengalaman Pemula Menjadi Contributor Canva

Kesimpulanku sebagai Kontributor Canva Pemula

Sepertinya sih pekerjaan menjadi contributor elemen di Canva tidak bisa di'sambi'. Kalau memang hanya iseng gambar dan upload sih, tidak masalah. Tetapi kalau ingin mendapatkan pemasukan yang banyak dari Canva, harus konsisten berkarya dan upload. 

Ada temanku yang fokus menjadi contributor canva, hingga tiap bulan dia dapat 8 juta rupiah. Semoga aku juga bisa konsisten hehe~

Teman teman pembaca, silahkan pakai elemenku yah : @aga-rahmadani. Jika ada saran dan kritik silahkan DM di Instagram, pasti aku balas. :)

Related Posts

12 komentar

  1. Ayo bikin konten edukasi yang fun tentang Canva juga, Mbak Aga. Kulihat banyak konten kreator yang berhasil mengusung tema Canva. Oya semoga lancar selalu untuk Gage Studio ya.

    BalasHapus
  2. Kereeen banget Mbak. Suka sama ilustrasi-ilustrasi Mbak Aga. Cakep semua. Jadi pengen belajar nggambar digital juga, nih. Sukses selalu ya Mbak Aga.

    BalasHapus
  3. Mbaaa..karyanya keren2 sekalii!! Aku selalu salut dg teman2 yg berjiwa seni tinggi dan menghasilkan karya keren..sementara aku jd penikmat saja..haha.. Semoga sukses jd kontributor Canva mba..

    BalasHapus
  4. Masyaallah, ternyata Mbak Aga sekeren itu. Sukses selalu, ya, Mbak. Teruslah berkarya!

    BalasHapus
  5. Kereeen. Sukses untuk mbak Aga. Sukses selalu dalam berkarya. Karya-karyanya keren.

    BalasHapus
  6. Sekarang makin terbuka peluang untuk menjadi kreator desain di Canva, congrat yaa Aga. Menjadi freelancer atau kontributor di aplikasi malah lebih enjoy. Semangat terus berkreasi dengan desain kece yaa

    BalasHapus
  7. Lucu2 banget Mbak Aga, ilustrasinya 😍😍.
    Temenku ada IRT jualan online. Sejak ramai canva pro, dia jadi afiliator canva dan sekarang jadi kontributor juga.

    BalasHapus
  8. Mbak bagus2 banget lho ilustrasinta yuk ah semangat andaikan aku punya kemampuan gambar dan bikin ilustrasi sekecs itu pengen juga deh jd kontriburor canva

    BalasHapus
  9. Aaaaa keren banget mbaak ilustrasinya, kmrin mau daftar canva kontributor kok kelupaan mulu tau tau udah close sementara huhuhu menyesaaaal

    BalasHapus
  10. Ternyata untuk ilustrator ada peluang ya untuk berkarya di Canva, semangat ya Aga semoga makin banyak karyanya dan disukai pelanggan, makin produktif menggambar..gambarnya lucu-lucu deh

    BalasHapus
  11. Seneng banget liat kerjaannya Aga sama suami bener2 duo kreatif yg saling melengkapi, karyanya juga keren2

    BalasHapus
  12. asdfsadfadsfadsfawegaerg awgas gasd gasd gew wsaedfewrya dsf awer

    BalasHapus

Posting Komentar