Musim Travelling Telah Tiba, Yuk! Jadwalkan Liburanmu Segera

Musim Travelling Telah Tiba, Yuk! Jadwalkan Liburanmu Segera

Pandemi Berakhir, Liburan Dimulai

Musim Travelling Telah Tiba, Yuk! Jadwalkan Liburanmu Segera | Terasa sekali ya 2 tahun lalu kita mengalami pandemi karena penyebaran virus Covid19 merajalela merata hampir diseluruh dunia. Masih ingat sekali saat itu untuk keluar rumah saja takut, dunia luar terasa mencekam bagi saya. Kabar lelayu dari televisi, merambat sampai ke kerabat dekat๐Ÿ˜ข.

2021 keadaan ekonomi porak poranda, toko toko di pasar hingga Mall banyak yang tutup, apalagi sektor pariwisata menjadi lumpuh. Kebetulan saudara dekat itu pilot dari transportasi udara swasta di Indonesia yang terkena dampak, dengan sementara dirumahkan. Sedih sekali dengan keadaan saat itu. Keputusan kerja dan berdiam diri dirumah menjadi sebuah kewajiban.

Alhamdulillah...๐Ÿ’—๐Ÿ’—๐Ÿ’—๐Ÿ’—

Akhirnya badai berlalu, walau melalui proses panjang akhirnya kita sampai di 2022 dengan keadaan yang lebih baik. Sedikit demi sedikit bisa bangkit, sektor usaha transportasi kita membaik. Saudaraku akhirnya bisa bekerja kembali. 

Pasar, toko, dan Mall akhirnya ramai kembali, semua orang bisa bebas kemana saja dengan syarat sudah melakukan vaksin hingga booster. Dan yang membuatku sangat amat bahagia adalah dibukanya border pariwisata domestik dan luar negeri.

Walaupun memang sekarang ekonomi dunia dan Indonesia sedang kalut (baca: harga BBM naik, bahan pokok naik) untungnya banyak sekali promo travel dari berbagai aplikasi. Betapa kagetnya lihat sebuah situs yang menawarkan tiket pesawat 3 juta rupiah saja pulang balik Thailand Jakarta, tidak hanya itu, ada juga paket liburan ke Labuan Bajo 2 juta rupiah saja. Hmm~~ jiwa ini bergetarrr.

tidak mau ketinggalan nih dengan teman teman yang berlibur pasca pandemi, setelah menabung sekian bulan, akhirnya saya dan suami memiliki tabungan yang cukup untuk travelling keluar negeri pertengahan november nanti. Persiapan dilakukan selama 3 bulan loh, ini serius sekali agar tidak keteteran saat melakukan regristrasi, administrasi dan ketika diperjalanan. 

Ada beberapa hal yang saya pelajari dari para traveller/ backpacker domestik maupun luar negeri, berikut adalah tips dan triknya: 

Budget

Kalau mau travelling yang pertama banget ya pasti modalnya dong, seorang backpacker saja juga butuh modal. Tidak asal packing lalu berangkat, nanti ditempat wisata malah K.O karena tidak punya dana. 

Nah, kalo saya dan suami biasanya searching dulu kira kira mau kemana?

misal, saat ini kita mau berkunjung kerumah saudara di Perth, Australia. Kalau dicek di situs booking ticket ada estimasi harga tiket misalkan rata rata pulang balik berdua dengan suami 15 juta rupiah. Karena tinggal dirumah saudara maka, anggap saja tiket dan makan harus sedia 25 juta rupiah. Maka, harus ada dana DINGIN sekitar 25 juta rupiah. 

Kenapa harus disebut dana dingin?

Karena dalam ekonomi rumah tangga ada berbagai anggaran seperti kebutuhan pokok (primer) untuk sehari hari, asuransi kesehatan, tabungan rumah, tabungan dana darurat dan lain lain. Maka jikalau ingin liburan harus menggunakan dana dingin agar pas kita healing, tidak kepikiran 'mau makan apa besok?'. Bisa dimulai dengan menabung dikit demi sedikit, dan jika memang sekiranya budget tidak masuk akal, mending cari alternatif destinasi wisata terdekat saja.

Waktu

Jika sudah tahu berapa estimasi anggaran liburan, maka kita tentukan waktunya kapan. Pastinya jika berangkat di musim musim tertentu pasti harga tiket transportasi akan lebih mahal, sebaliknya jika berangkat dihari biasa (hari kerja) akan lebih murah. Saya dan suami biasanya suka jalan jalan dihari kerja, karena kebetulan freelancer yang bisa kerja dimana saja dan kapan saja hehhe~~

kalenderlengkap

Ada aplikasi bagus ๐Ÿ‘‰ kalenderlengkap yang membantu kita mencari tahu hari libur, tanggal merah, perayaan dan lain lain. Aplikasi ini sangat berguna buat saya yang males sekali searching dulu di google atau mengira ngira. Tinggal download aplikasinya di Playstore ataupun IOS, gratis dan praktis.

Saat itu bulan Juli 2022, kami memutuskan untuk mengambil waktu liburan di bulan november dan pulang bulan januari akhir 2023 hehe~ lama juga ya.

Tips: 

  • Jika ingin bepergian keluar negeri yang membutuhkan Visa, lebih baik sediakan waktu 2-3 bulan sebelum keberangkatan. Karena lumayan lama untuk menunggu Visa.
  • Perhatikan juga masa kadaluarsa passport, jika sudah dekat masa kadaluarsanya maka harus diperbarui. Proses paling lama 7 hari kerja.

Administrasi dan surat menyurat lainnya

Ini penting juga, karena pernah pengalaman adik saya yang melakukan perjalanan udara dari Semarang ke Jakarta. Menit menit sebelum keberangkatan dia ternyata belum vaksin kedua, padahal sudah beli tiketnya. Alhasil, perjalanan jadi batal dan harus refund. 

Aturan tiap kota dan negara berbeda beda, pastikan cek dan ricek dulu melalui website dan info dari kota atau negara tersebut, Ada yang mewajibkan cek PCR dulu, ada yang wajib booster, karantina dan sebagainya. 

Pengalaman yang paling ribet bagi saya adalah mengurus visa Australia, harus mondar mandir ke kelurahan, kecamatan, surat rekomendasi, dll. Butuh waktu hingga 1 bulan hanya untuk mempersiapkan berkas berkasnya saja.

Asuransi Kesehatan dan Perjalanan

Asuransi kesehatan itu perlu, minimal adalah BPJS. Ini penting sekali untuk berjaga jaga agar tidak repot ketika kita sakit pada saat liburan di kota lain. Jika berlibur keluar negeri, banyak sekali situs tiket online yang menyediakan asuransi perjalanan  dengan harga yang terjangkau.

Akhirnya sampai diakhir artikel ya...

Terimakasih sudah baca artikel ini, jangan lupa untuk terus pantau hari hari libur, musim, dan informasi terkini di ๐Ÿ‘‰kalender lengkap agar liburanmu jadi lebih terjadwal. 


Posting Komentar

7 Komentar

  1. aiih..baca ini langsung timbul lagi keinginan tuk jalan-jalaaaan.. yup setuju sekali bhw semua hrs direncanakan dg matang ya..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah jd lebih ada pandangan utk persiapan halan-halan. Krn kdg ngga terlalu memperhatikan secara detail. Memang benar ya mba segala sesuatu harus diprepare secara matang. Terimakasih pengingatnya mba.... Salam kenal ๐Ÿฅฐ

    BalasHapus
  3. Memang perjalanan butuh perencanaan yang matang ya, biar tenang dan bisa berlibur dengan nyaman. Makasih info dan pengingatnya, Mbak Aga.

    BalasHapus
  4. Bener nih, kalau mau liburan emang sebaiknya direncanakan dengan matang, terutama klo jarak jauh seperti ke luar negeri gitu. Beda negara kadang ada beda policy kan.

    BalasHapus
  5. Liburan di kota sendiri aja butuh persiapan meski nominalnya sedikit, apalagi kalo tempat yang jauh. Butuh perencanaan dari persiapan budget, itinerary, sampai asuransi wajib ada

    BalasHapus
  6. Semoga lancar liburan ke Luar Negeri bulan November nanti, Mbak Aga. Aku belum pernah ke LN nih, makasih pencerahannya ๐Ÿค—

    BalasHapus
  7. As the traveling season unfolds, seize the opportunity to embark on new adventures and create lasting memories.||abogado de delitos sexuales nueva jersey||Multa Conducciรณn Imprudente Nueva Jersey Don't miss out – schedule your vacation now and embrace the joy of exploration and relaxation!

    BalasHapus