Inspirasi Fashion Cewek Mamba, Cewek Kue, dan Cewek Bumi Edisi Bigsize

Inspirasi Fashion Cewek Mamba, Cewek Kue, dan Cewek Bumi Edisi Bigsize

Trending Tiktok : Sebutan Fashion Style Kekinian

Tiktok adalah sosial media berbasis konten video dan musik yang paling populer sampai saat ini digunakan oleh 92,07 juta pengguna per tahun 2022 (ByteDance). Perkembangannya sangat massive melebihi Youtube dan Instagram. Bagusnya, Tiktok bisa membuat SIAPAPUN terkenal jika masuk di FYP (For your page) banyak pengguna. Tidak peduli kamu pengguna baru, pengguna lama, followers sedikit atau banyak. Jika kontenmu bagus, tetap bisa masuk FYP. Dari konten yang hanya bercandaan, edukasi, horror, iseng, fashion, semuanya bisa viral. 
Flashback, dulu waktu jaman Trio Macan masih mendominasi musik Indonesia, banyak sebutan style seperti Cewek Cabe Cabean yang memiliki ciri khas pakai celana hotpants jeans, tanktop 'bebe', lipstik merah beboncengan motor. 
Tahun 2022 ini yang menjadi perhatianku selama ini adalah fenomena sebutan fashion style Cewek Mamba, Cewek Kue, dan Cewek Bumi yang muncul di FYP ku selama beberapa minggu ini. Ternyata pioneer sebutan itu adalah si akun ini @Javamassie mas mas kece yang mendefinisikan style para wanita. Akun Tiktoknya memiliki 4800++ followers dan 602.7ribu likes. Akhirnya banyak yang memakai audio (sound) miliknya untuk dijadikan konten para pengguna Tiktok lainnya hingga ratusan pengguna.
Lalu apakah definisi fashion style Cewek Mamba, Cewek Kue, dan Cewek Bumi? berikut adalah detail dan inspirasi fashionnya: 

INSPIRASI FASHION STYLE CEWEK MAMBA

Apa itu Cewek Mamba?
Bukan karena berbisa dan seram seperti ular mamba yah hehe...Menurut @javamassie style cewek mamba adalah style dimana para perempuan ini memakai pakaian yang cenderung memakai pakaian serba hitam, style simple, cenderung boyish, kekinian, dan kece. Perpaduan berbagai macam style emo, rocker, gothic, igirl,dll. Merk merk seperti Zara dan H&M sangat mendukung untuk melengkapi kebutuhan Cewek Mamba. Menurutku style ini lebih menunjukkan sisi independen perempuan, mendominasi, sekaligus elegan. Kalau misalkan cewek mamba ada di film atau drama korea bisa cek fashion stylenya ala ala:
Referensi Cewek Mamba
  • Jo Yi Seo (Kdrama Netflix:Itaewon Class)
    Karakter ini biasanya memakai jaket kulit, celana jeans serba hitam jadi kelihatan intelek, jutek, dan seductive. Makeup minimalis, tapi rambutnya ombre. Kece abiis!.
  • Yoon Ji Woo (Kdrama Netflix: My Name)
    Sesuai tema sebagai drama genre action, Yoon Ji Wo cenderung memakai baju serba hitam dan tomboy karena memang lingkungannya keras dan dikelilingi cowok cowok macho.
  • Maeve (Netflix series: Sex Education)
    Tokoh yang menurutku kece banget dengan memakai outfit serba hitam, ala rocker, gangster, dan emo. Padahal tokoh lain banyak yang pakai outfit lebih meriah. Karakternya menjadi lebih unik dan kuat. Lagi lagi dilengkapi oleh warna rambut ombre, eyeshadow gelap, dan stocking jaring! yass girl!.
Sesuai artikel ini yang ditujukan untuk perempuan bigsize (plus size) seperti aku, ada beberapa referensi dari teman teman yang aku follow di Instagram @takoyakimami dan @Ehires yang menurutku keren banget untuk diikuti. 

>>> Inspirasi fashion dress wanita dari uniqlo. Baca disini.


Cewek Mamba Hijab
Linda hijabers yang gak kalah kece, stylenya hip hop banget gak sih?

Cewek Mamba Gemuk
Ehires memakai outfit Cewek Mamba yang cenderung simple but elegant.

Asiknya jika pakai outfit serba hitam, mix and matchnya lebih enak. Apalagi dilengkapi dengan kacamata hitam, sepatu docmart, kalung emas, beh! semakin nampol!. Bagi yang ingin kece juga seperti cewek mamba, bisa beli nih outfit outfit murah di Shopee 👇

Skort hitam jumbo
kemeja hitam jumbo

INSPIRASI FASHION STYLE CEWEK KUE

Apa yang dimaksud dengan Cewek Kue?
Cewek kue lebih didefinisikan sebagai perempuan yang memakai outfit yang penuh warna alias colorful. Sehingga memberi kesan fleksibel, santai, ramah, unik dan ceria. Menurutku memakai outfit yang berwarna seperti ini jadi lebih kelihatan muda gak sih? bebas dan bikin mood baik. Merk yang biasa kita temui di mall mall adalah Colorbox, cocok sekali untuk memenuhi kebutuhan outfit si Cewek Kue. Tapi bagi yang ingin lebih low budget bisa beli di Shopee yah. Nah style Cewek Kue bisa dilihat dari referensi drakor dan influencer seperti:
referensi fashion cewek kue

  • Yoon Hye Jin ( Kdrama Netflix: Hometown Cha Cha Cha)
    Disini bu dokter gigi Yoon Hye Jin kalau sedang libur kerjaan, shopping atau cuma main ke tetangga outfitnya selalu tabrak warna. Pas awal awal sih rada aneh, tapi semakin kesini semakin kece dan terlihat lebih muda, positive vibes, ceria bangetlah.
  • Diana Rikasari (Influencer)
    Diana Rikasari penulis buku #88LOVELIFE sekaligus influencer ini sangat terkenal dengan outfitnya yang colorful sekali. Karena style nya yang unik, hingga banyak sekali yang mengapresiasi ciri khasnya itu dari patung lilin hingga kolaborasi dengan beberapa produk terkenal dunia.
  • Ruby ( Series Netflix: Sex Education)
    Menurutku Ruby ini lebih mengadopsi fashion style ala 70an, dari makeup sampai outfitnya. Tapi memang sih di Netflix series ini, director seriesnya memang sengaja membuat setting ala vintage gitu. Kesannya colorful tapi tetap kelihatan elegan dan seksi. Apalagi tasnya yang warna warni, eyeliner cat eye, dan eyeshadow warna warni.
  • Emily (Series Netflix: Emily in Paris)
    Colorful but glamour? yap! outfit Emily disini colorful sekali tapi glamor dengan memakai brand terkenal dunia seperti Vogue, Chanel, Gucci, dll.
Berikut adalah Tiraemon selebgram sekaligus model plus size yang sering memakai outfit ala Cewek Kue. Kelihatan unyu, cheerful, dan unik kan?

Inspirasi Cewek Kue Jumbo

Tabrak warna sah sah saja sih menurutku, membuat kamu jadi terlihat lebih unik dan jadi pusat perhatian. Kalau masih bingung dengan perpaduan warnanya, bisa cari referensi dari para selebgram dan influencer panutan kamu. Berikut rekomendasi kulot warna warni favorit aku : 

rekomendasi outfit cewek kue

INSPIRASI FASHION CEWEK BUMI

Jika ingin terlihat 'aman', pakailah outfit Cewek Bumi. Tone warna yang cenderung lembut ala bumi seperti warna hijau pastel, coklat pastel, biru muda, yang menyatu dengan alam *jiahhh...Cocok sekali untuk pecinta senja, aesthetic, yang mainnya kalau gak ke galeri seni, cafe estetik, ngopi cantik, dll. Memberi kesan kalem, dewasa, feminim, penyayang gitulah. Senjata umum bagi mereka si Cewek Bumi adalah: outer rajut, topi bucket, celana kain kulot, totebag, one set. Merk yang umum dan sesuai dengan outfit Cewek Bumi biasanya dari Uniqlo.
Banyak sekali referensi fashion Cewek Bumi seperti:
referensi cewek bumi
  • Yoo Na Bi (Kdrama Netflix: Nevertheless)
    Si mbak kupu kupu ini selalu pakai outfit ala ala Cewek Bumi, menunjukkan sifatnya yang terlihat polos diluar tetapi naif, gemas pokoknya. Sweater rajut, jumper coklat, celana jeans dan messy hair bun. Bikin cowok kupu kupu jadi klepek klepek.
  • Bella Swan ( Twilight Saga)
    Di season yang awal awal seperti Twilight dan Newmoon Bella selalu pakai outfit yang simple dan tomboy, tapi jadi terlihat cantik sekali. Outer tartan, celana khaki dan tas tote bag cocok banget!.
Ada beberapa content creator atau influencer yang aku suka banget outfit ala Cewek Buminya seperti Sarah Ayu, Jourimanzky, Nuh Evita *meskipun dia bukan plus size tapi kadang jadi referensiku juga.
Fashion Cewek Bumi Bigsize

Sarah Ayu, beauty influencer yang sudah lama aku follow karena banyak sekali konten makeupnya yang bermanfaat sekali. Outfitnya lucu lucu dan keren, terlihat kalem dan bold secara bersamaan. Sehingga kharismanya keluar, keren banget pokoknya. Sama seperti Sarah Ayu, Jourimanzky juga gak kalah keren, banyak outfitnya dia yang aku ikuti. Rekomendasi outfit pendukung style cewek bumi ada dibawah ini yah, murmer banget  :
rekomendasi outfit cewek bumi

rekomendasi outfit cewek bumi

Itulah artikel Inspirasi Fashion Cewek Mamba, Cewek Kue, dan Cewek Bumi Edisi Bigsize semoga bermanfaat ya. Terimakasih nih bang @Javamassie yang sudah memberikan sebutan kami, Cewek Mamba, Cewek Kue, Cewek Bumi in a good way. Soalnya terkadang bingung mau memilih outfit yang cocok, dan sebutannya apa. Sebetulnya fashion tidak terbatas dari dasar kepribadian kita, semuanya bebas yang penting cara kita saja yang bisa mix and match outfit yang keren YGY? (baca: ya gaes ya) Yang mau kasih saran atau kritik bisa DM aku di Instagram yah : agablackjack







Posting Komentar

23 Komentar

  1. Wah keren artikelnya. Kalau saya lebih suka outfit yang cewek bumi dg warna pastel.

    BalasHapus
  2. Aku baru tahu ada 3 istilah fashion itu. Kalau aku kayaknya yang tipe cewek bumi deh hehehe

    BalasHapus
  3. Aku kayaknya cewek bumi deh, ya. Suka yang simpel dan nyaman aja.

    BalasHapus
  4. Dari ketiga jenis fashion tadi, yang jarang banget untukku yang Cewek Bumi. Hampir ga punya loh outfit dengan tone warna kalem gitu. Seringnya malah warna-warni. Kalau hitam sih kadang-kadang aja.

    BalasHapus
  5. Sepertinya aku termasuk cewek bumi nih, Mbak. Karena aku suka yang simple, suka juga aku tuh pakai baju warna biru dan warna coklat.

    BalasHapus
  6. Mbak update banget 🤣 jujurly aku baru tau nih. Pas baca cewek mamba yg ada dipikiranku adalah lagu Black Mamba 🙂 paling suka style Yi Seo sih girl crushhh! Tapi suka juga sm mba Diana Rikasari ngikutin dari jaman ngeblog skrg suka upcycle astagaa keren pokoknya.

    BalasHapus
  7. Wah pas bsnget nih aku barusan agak mengerut kening baca caption di slh 1 akun IG : cewek Mamba. Apa lagi itu? oh ternyata ini penjelasannya style Mamba, Kue & Bumi. Thx ya Aga..

    BalasHapus
  8. Fashion gitu bisa berubah ya, dulu koleksi bajuku warna warna cerah. Tapi udah empat tahun ini mulai punya tone Bumi meski gak banyak sih

    BalasHapus
  9. baru tahu sama tia istilah ini, gegara ngikutin live tiktok thrift hihihui cewek kue cewek kue ternyata artinya itu ya, seru seruuu jadi ngerti istilah baru lewat penjelasan ini dan dapat insight style

    BalasHapus
  10. Jadi mengenal karakter kita nih kalau begini mba Aga, aku yang bumi deh hahaha
    nggak neko-neko nggak ribet simple dan nyaman gitu

    BalasHapus
  11. Wahhhhh detail banget penjelasan terkait outfit cewek kue dan cewek bumi. Tapi gaya outfit Emily beneran seperti cewek kue yang menarik, tidak membosankan, terlebih bisa menjadi inspirasi bagi remaja wanita agar tidak kalah update trend fashion. Amazing!

    BalasHapus
  12. 온라인스포츠토토
    I wanted to thank you for this good read!! I certainly enjoyed every little bit of it.

    BalasHapus
  13. 스포츠중계
    I’m really glad I have found this information.

    BalasHapus
  14. 슬롯 I am hoping to provide one thing back and aid others such as you
    aided me.

    BalasHapus

  15. I’d like to thank you for the efforts you’ve put in writing this blog..Visit my website>>

    BalasHapus

  16. I'm very happy to read it because it can give me more insight.

    BalasHapus

  17. WONDERFUL POST, IT REALLY HELPFUL TO ME. THANK YOU!

    BalasHapus
  18. Thanks for your kind words to share us an informative blog. It is very easy to understand this information and I have to thanks to you for all that you have done with us. Very grateful to your great work.
    división de propiedad de las leyes de divorcio de nueva jersey

    BalasHapus
  19. Excellent website. Lots of helpful info here.

    BalasHapus
  20. And naturally, thanks for your sweat!

    BalasHapus
  21. You really amazed me with your writing talent.

    BalasHapus
  22. Thanks and Best of luck to your next Blog in future.

    BalasHapus