Cuan Banyak dari Faceless Digital Content Creator, Loh Kok Bisa?!

Menjadi seorang content creator di era digital saat ini bukan hanya sekedar hobi, tetapi juga telah berkembang menjadi sebuah profesi yang menjanjikan loh. Dengan perkembangan teknologi dan media sosial yang pesat, peluang untuk berkarya dan mendapatkan cuan dengan ngonten yang diciptakan semakin terbuka lebar luaaassss!!. 

Banyak serangkaian keuntungan yang menarik menjadi content creator, mulai dari kebebasan berekspresi, potensi cuan yang besar, hingga kemampuan untuk membangun jaringan dan komunitas. Dalam dunia yang terus berubah, kemampuan untuk terus beradaptasi dan berinovasi adalah kunci untuk sukses di bidang ini. Teruntuk kamu yang memiliki passion dalam berkarya dan berbagi, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkan menjadi seorang content creator.

Cuan Banyak dari Faceless Digital Content Creator

Menjadi Content Creator semakin mudah, karena tidak wajib untuk menampilkan jati diri atau wajah kita loh!.

Banyak orang orang yang masih ragu dan skeptis dengan pernyataan bahwa ngonten tidak harus menampilkan wajah. Ada yang beranggapan menjadi content creator harus memiliki wajah menarik, jago bicara didepan kamera, jago nge-dance, atau ngelawak didepan kamera.

Baca juga artikel >>> Cara Cuan Tiktok Tanpa Endorse

Jaman udah berbeda ya say, sekarang kita lagi di era gempuran faceless digital content creator, dimana mereka ini ngonten tanpa menunjukkan wajah atau bicara didepan kamera langsung. 

Tentu saja pasa content creator yang faceless ini meraup banyak keuntungan berupa materi amat sangat banyak. Karena sekali lagi, kreatifitas itu ada tanpa batas. Mau content creator ini memunculkan wajah atau tidak, jika kontennya kreatif pasti ada jalan untuk cuan. 

Apa sih yang dimaksud Faceless Digital Content Creator?

Seperti yang aku sebutkan diatas, faceless artinya 'tanpa wajah' dimana content creator membuat konten foto, video, tulisan, audio, tanpa harus menunjukkan wajahnya. Namun hal ini bukan berarti content creator tersebut menjadi ANONIM ya...

Karena saat ini untuk aktif di sosial media menjadi content creator kita harus menuliskan data diri yang sebenarnya karena nantinya ketika ingin mendapatkan cuan, kita perlu lapor pajak juga. Sehingga menjadi Faceless digital content creator dan content creator anonim itu JAUH BERBEDA.
Sudah gak jaman lagi, bikin akun sosial media yang anonim terus ngonten. Amat sangat merugikan sekali jika tujuannya untuk cuan, karena sulit di approved oleh platform sosial media saat ini.

 Siapa saja yang sukses menjadi Faceless Digital Content Creator?

Jika kamu sering scrolling scrolling Instagram reels atau Tiktok pasti gak asing lagi dengan akun @resep_inspirasi_debm yang memiliki 1,9 juta followers tersebut dengan konten kontennya yang sedikit 'ngaco'. Adalagi content creator masak masak yang hanya menampilkan tangan yang sedang membuat masakan beserta alat masak yang dipakai. 

Cuan Banyak dari Faceless Digital Content Creator, Loh Kok Bisa?!

Sebelum ada skandal dengan youtuber review makanan, content creator @codebluuuu adalah salah satu contoh faceless content creator yang memiliki niche kritik makanan restoran bintang lima. @codebluuuu sering membuat konten dengans slogannya "kek mana?!" dan "ara...ara..." ketika me-review makanan. Kontennya yang tanpa menampilkan wajah tersebut viral dan sering FYP. Sayangnya, karena ada konflik saat ini content creator tersebut tidak jarang menampilkan wajahnya.

Baca juga artikel >>> Content Creator Semarang Mendapatkan Cuan

Inspirasi konten apa saja yang tanpa menampilkan wajah?

Ada banyak sekali contoh dan inspirasi konten faceless ya, apalagi jika kamu survey langsung di sosial media. Namun, bisa kok aku bantu share inspirasi di artikel ini. Berikut adalah niche niche konten yang tanpa menampilkan wajah alias Faceless Digital Content Creator:

#1 Konten Niche Kuliner

Kamu bisa bikin konten faceless dengan tema niche kuliner seperti masak masak, review makanan atau mukbang ( hanya menampilkan mulut saja). Buatlah resep unik kamu lalu rekam menggunakan smartphone. Niche masak masak lumayan populer di sosial media, entah itu resep sehari hari, resep luar negeri atau DIY banyak juga audiens yang sering search kata kunci kuliner.

Jangan lupa untuk berkreasi dan memberikan sentuhan kreatif dalam setiap konten yang kamu buat agar bisa menarik perhatian lebih banyak orang. Selamat mencoba dan semoga konten-konten kuliner kamu sukses dan disukai banyak orang!.

#2 Konten Review Gadget atau Mainan

Apakah kamu penggemar gadget? nah kamu bisa review gadget favorit tanpa harus menampilkan wajah sama sekali. Hanya menampilkan tangan, gadget yang kamu review dan voice over. Dengan cara ini, kamu bisa tetap berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang gadget favoritmu tanpa perlu khawatir tentang penampilanmu.

Dengan fokus pada tangan dan suaramu, audiens akan lebih memperhatikan informasi yang kamu berikan tentang spesifikasi, fitur, dan pengalaman menggunakan gadget tersebut. Selain itu, dengan metode ini kamu juga bisa tetap anonim dan lebih nyaman saat berbagi konten di platform daring. Selamat mencoba mereview gadget favoritmu dengan gaya yang unik dan kreatif!. 

Tidak terbatas pada review gadget saja ya, kamu bisa me-review mainan seperti hotwheels, gundam, dan sebagainya.

#3 Konten Edukasi Skill Digital

Jujurly, konten edukasi skill digital adalah favoritku karena selalu kepo dengan ilmu teknologi yang semakin maju. Nah! ini bisa menjadi inspirasi kamu untuk membuat konten faceless dengan berbagai tema seperti edukasi tentang AI, dunia NFT, skill spreadsheet, skill freelance, skill penguasaan vector maupun animasi.

Hanya menampilkan platform/ aplikasi saja, gadget yang kamu pakai serta voice over yang bisa kamu bikin langsung atau menggunakan AI. Amat sangat bermanfaat sekali untuk audiensmu karena share ilmu itu amal.

#4 Konten Faceless Digital Storytelling

Storytelling merupakan seni bercerita yang telah ada sejak dahulu kala, dan kini telah menemukan ruangnya di dunia digital. Para kreator konten storytelling yang faceless ini memanfaatkan suara, teks, animasi, dan berbagai elemen visual lainnya untuk menyampaikan cerita mereka.

Mereka mengandalkan imajinasi dan kreativitas untuk menciptakan sebuah pengalaman mendalam bagi pendengar atau penontonnya, tanpa perlu menampilkan wajah mereka. Hal ini menjadikan cerita yang disampaikan lebih universal dan dapat dinikmati oleh siapa saja dari berbagai latar belakang.

Manfaatkan teknologi AI yang sudah ada dan berkembang seperti Midjourney AI untuk menghasilkan visualisasi cerita.

Bagaimana Mendapatkan Cuan dari Faceless Digital Content Creator?

Untuk mendapatkan penghasilan dari faceless content creator itu banyak sekali jalannya. Menurut pengalamanku sendiri yang hanya konten kreator micro ini, dengan rajin ngonten aku bisa mendapatkan koneksi, network yang lumayan untuk bisnis digitalku. Berikut jalan cuan dari faceless digital content creator:
  1. Menjadi affiliator Shopee : Kamu bisa mereview barang barang online shop lalu share di konten kamu dan mendapatkan keuntungan dari orang orang yang mengklik dan beli barang rekomendasi kamu di Shopee. 
  2. Menjual produk digital : Jika kamu memiliki e-book atau kelas video eksklusif ini menjadi ladang manis karena kamu punya produk digital yang bisa disetting harganya sendiri. Keuntungan 90 hingga 100 persen ada ditangan kamu. Produk yang bisa dijual seperti: video ecourse formula excel, e-book resep masakan korea, template video stock, dan sebagainya. Untuk menjual produk digital ini kamu perlu membuat landing page atau menggunakan fotur monetasi yang disediakan tiktok maupun instagram.
  3. Endorse produk : Jika kamu sudah rajin ngonten dan mendapatkan followers yang lumayan banyak, kamu bisa mulai pitching ke produk produk yang relate dengan niche kamu. Buatlah ratecard dan penawaran menarik ke product owner dan dapatkan kerjasama endorse.
Produk Digital Video Ecourse Freelance Ladyaga

Masih banyak keuntungan lainnya bagi Faceless Digital Content Creator, untuk mendapatkannya yuk kita MULAI DULU! jangan ragu untuk mencoba, barangkali bisa mendatangkan rejeki yang baru.

PRO TIPS👀: Meskipun kamu adalah pemula, mulai saja dulu dengan alat atau gadget yang seadanya sehingga modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Cobalah untuk membuat konten yang original dan tetap jadi diri sendiri karena mencuri video/ foto orang lain itu gak keren sekali. 

Posting Komentar

0 Komentar