Cara Mengajukan KPR BRI untuk Desainer Freelance Semarang

Jika kamu adalah seorang desainer freelance di Semarang dan punya impian untuk memiliki rumah, KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dari BRI ( Bank Rakyat Indonesia) bisa jadi pilihan bagi kamu. Tapi, sebelum kamu mengajukan KPR, pastikan kamu punya semua dokumen wajib yang dibutuhkan seperti KTP, NPWP, dan surat keterangan penghasilan.

Hal yang perlu kamu pikirkan sebelum membeli rumah idaman adalah perencanaan keuangan yang matang supaya bisa membayar cicilan KPR tanpa masalah. Jangan lupa, semakin besar uang muka yang dibayarkan, semakin kecil cicilan bulanan yang harus kamu bayar. Pastikan juga lokasi rumah yang kamu inginkan strategis dan menyediakan fasilitas umum yang tentunya kamu dibutuhkan. KPR dari BRI siap membantu mewujudkan impianmu memiliki rumah yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Cara Mengajukan KPR BRI untuk Desainer Freelance Semarang

Desainer Freelance Semarang yang Semakin Eksis!

Desainer freelance itu seperti agen rahasia desain, bekerja tanpa ikatan perusahaan atau lembaga tertentu. Mereka menangkap proyek-proyek desain dari klien di mana saja, kapan saja, selama ada koneksi internet. Banyak untungnya jadi desainer freelance, bisa bikin jadwal kerja dan tempat kerja yang sesuai dengan keinginan. Pilih proyek yang diinginkan juga bisa, sehingga hasilnya lebih maksimal dan bikin senang hati❤

Baca juga artikel👉👉 Begini Cara Freelancer Berhemat!

Tapi, ada tantangan juga! Harus jago mengatur waktu biar proyeknya tepat waktu dan kudu bisa cari klien sendiri. Belum lagi harus menjalin hubungan baik dengan klien supaya bisa dapet proyek lagi di masa depan. Jadi, kalau kamu punya passion di bidang desain dan jago bikin koneksi, jadi desainer freelance bisa jadi pilihan karir yang menarik dan fleksibel!

Desainer freelance di Semarang pun sudah banyak yah!💥. Karena aku juga lulusan seni rupa DKV, dari angkatanku sendiri saja sudah banyak yang berprofesi menjadi desainer freelance. Apalagi lintas jurusan, lintas universitas dan angkatan. Karena perkembangan jaman, banyak juga freelancer di Semarang tercinta. 

Jenis jenis profesi desainer freelance pun juga banyak, ada yang berfokus sebagai freelance illustrator, desainer fashion freelance, desainer grafis online, desainer sosial media freelance, desainer rumah freelance (wirausaha), desainer interior freelance, dan sebagainya. Banyak orang kreatif semarang yang bekerja sebagai freelancer. Salah satunya adalah saya dan suami tentunya.

Cara Mengajukan KPR BRI untuk Desainer Freelance Semarang

Cara Mengajukan KPR BRI untuk Desainer Freelance Semarang

Peluang mortgage atau KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bagi seluruh rakyat Indonesia semakin besar. Tidak terkecuali kita para pekerja lepas, pekerja freelance atau pekerja wirausaha termasuk aku dan suami yang fokus di desainer freelance asal Semarang.

Berikut adalah pengalaman pribadiku yang pernah mengajukan KPR BRI Semarang pada akhir desember 2023 hingga januari 2024. Semua proses berjalan lancar karena banyaknya persiapan yang lumayan MATANG sehingga hampir tidak ada kendala apapun dalam proses pengajuan KPR BRI Semarang. Berikut adalah beberapa persiapan kami. 

Baca juga artikel: 10 Persiapan Menjadi Freelancer!

Persiapan jauh jauh hari sebelum mengajukan KPR BRI Semarang

Sebagai pasangan desainer freelance semarang, kami berdua mempersiapkan beberapa hal yang wajib dimiliki seorang pekerja freelance atau wirausaha online. Hal ini penting sekali jika suatu saat akan ada pengajuan KPR, KUR, atau mematenkan usaha.

  • Pastikan kamu sudah survey rumah yang dituju, rumah baru dan second harganya beda jadi bisa dipertimbangkan kembali. 
  • Siapkan dana yang cukup agar semuanya berjalan dengan lancar, jika ada DP 50 juta berarti kamu kudu siapkan dana DP+20% dari harga rumah karena ada biaya akad dan notaris yang harganya lumayan tinggi.
  • Mempersiapkan KTP pribadi yang valid dan jelas, yang saya maksud adalah jika kamu suami istri segera urus KTP dan diubah statusnya menjadi menikah. Sehingga tidak ada kendala proses pengajuan KPR BRI.
  • Persiapkan KK (Kartu Keluarga) sendiri, jadi bisa pakai alamat orang tua juga bisa. Mungkin dipisah atau gimana agar lebih jelas kamu asalnya darimana. 
  • Siapkan NPWP, mau pekerja kantor atau desainer freelance butuh siapin NPWP agar menjadi warga negara yang taat pajak. Cara ngajuinnya juga mudah kok, saya proses NPWP cuma seminggu jadi.
  • Akta nikah, atau buku nikah yang resmi secara agama maupun negara. Ini penting banget dimiliki agar bisa jelas hak waris pasangan maupun keluarga.
  • BPJS, akan lebih baik jika kamu punya BPJS karena nantinya dipakai untuk mengajukan NIB juga.
  • NIB ( Nomor Induk Berusaha) ini penting juga karena beberapa bank butuh NIB bagi freelancer maupun wirausaha. Bikinnya gampang bener, tinggal signup dan isi data data secara online, bisa jadi dalam hitungan menit aja kok.

Selain berkas berkas diatas, ada berkas yang paling PENTING dan VITAL karena ini bakal jadi penentu KPR BRI kamu diterima atau tidak, jadi mohon disimak baik baik ya agar segera dipersiapkan sebaik baiknya.

  1. Pisahkan rekening bank pribadi dan rekening bank bisnis ( uang masuk dari klien) ini penting banget agar tabungan pribadi dan bisnis tidak tercampur. Jadi pas mau cetak e-statement atau rekening bank, pihak KPR BRI jadi lebih mudah ngecek transaksi kamu.
  2. Semua pengajuan KPR itu ada BI Checking atau SLIK, dimana tim analisa KPR itu perlu mengetahui apakah kamu punya kredit macet atau pinjaman yang tidak tuntas. Karena jika terbukti kamu tidak clear, makan akan otomatis tidak diterima oleh KPR bank manapun.
  3. Jika memang ada pinjol, paylater, dan sebagainya segera dilunasi dan dituntaskan. Makanya, saranku dari awal lebih baik taat kredit karena untuk 'membersihkan' nama kita butuh waktu hingga tahunan loh. Jadi bisa kamu cek dan siapkan sekarang juga.
  4. Jika kamu desainer freelance atau freelancer umum, jangan lupa untuk siapkan invoice atau kuitansi bisnis karena ini penting banget. Dikumpulkan sebagai bukti transaksi dari klien klien kamu.
  5. Jika ada e-statement atau bukti transaksi dari luar negeri jangan lupa diikut sertakan dalam berkas berkas bersamaan dengan rekening koran sebagai tambahan informasi dan meyakinkan analis KPR.

Oleh karena itu desainer freelance atau online freelancer seperti kamu butuh sekali surat menyurat bisnis dan keuangan agar semuanya terusun rapih. Untung saja saat pengajuan semua pembukuan sudah aku susun dengan rapi, sehingga ketika wawancara dengan pihak analis KPR BRI aku bisa tahu pengeluaran perbulan dan pemasukan, omset kotor, omset bersih secara jelas dan valid.

Jika teman teman butuh template surat menyurat freelancer silahkan download {klik} disini. Sedangkan untuk template keuangan freelancer bisa cek {klik} disini juga. Thank me later!👄

Cara Mengajukan KPR BRI untuk Desainer Freelance Semarang

PROSES SAYA MENGAJUKAN KPR BRI DI SEMARANG

Disuatu hari kerja yang cukup normal, aku dan suami langsung pergi ke BRI KC Ahmad Yani Jl. Ahmad Yani, Pleburan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241 langsung ketemu dengan Mas Riyan dibagian pengajuan KPR. 

Kami hanya bawa KTP dan estimasi harga rumah beserta lokasinya ke mas Riyan. Dan kita bisa langsung bisa konsultasi dan dapat simulasi cicilan KPR BRI semarang dengan jelas. Semua pertanyaan kami dijawab dengan sangat jelas dan sabar.

 Statement penting dari Mas Riyan BRI Ahmad Yani Semarang:

Mau berprofesi wirausaha, desainer freelance, content creator atau pekerjaan kasual apapun asalkan semua ada transaksinya di bank, sudah ada uang yang cukup, dan BI Checking tidak bermasalah. Pasti ada kesempatan untuk dapat KPR BRI.

Karena, menurut pengalaman Mas Riyan sendiri dari KPR BRI KC Ahmad Yani sudah ada beberapa freelancer dan content creator yang lolos KPR BRI dengan lancar. Tentu saja dengan bunga yang relatif terjangkau😍

Baca juga artikel👉👉 Content Creator Semarang Cuan dari Sosial Media

Setelah berkas berkas semua diserahkan kepada Mas Riyan, sekitar seminggu kemudian pihak KPR BRI survey ke kontrakan sekaligus tempat usaha kami. Alhamdulillah 👌berjalan dengan lancar. Setelah itu wawancara oleh analis KPR BRI.

Ketika wawancara pihak analis KPR BRI itu sudah mendata dan pegang semua berkas berkas keuangan kamu. Jadi ketika ditanya jawab aja sejujurnya, mereka hanya make sure datanya sinkron atau tidak.

Setelah menanti beberapa hari, akhirnya ada informasi KPR BRI kami disetujui dan bisa segera akad. Alhamdulillah, proses berjalan lancar dan cepat. Dihitung hitung hanya 2 minggu saja prosesnya. Hal ini karena didukung oleh berkas berkas yang lengkap, jadi tidak saling tunggu. 

Kenapa pilih KPR BRI Semarang?

  • Cicilan KPR fix hingga lunas, jadi tidak floating sehingga kita dari awal tahu bakal ngeluarin berapa rupiah tiap bulannya.
  • Tidak ada biaya appreisal, beda seperti bank lainnya yang butuh appreisal jutaan rupiah.
  • Cocok untuk pekerja kantoran maupun wirausaha
  • Proses lumayan cepat, pengalaman pribadi hanya 2 minggu saja.

KESIMPULAN

Jadi kalau kamu seorang desainer freelance seperti kami, atau pekerja lepas, wirausaha yang pengen beli rumah di semarang dengan sistem cicilan. KPR BRI Semarang bisa menjadi opsi buat kamu loh! Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung meluncur ke website official KPR BRI atau langsung hubungi mas Riyan👉👉 disini




Posting Komentar

0 Komentar