10 Ciri Khas Anak Kalcer: Fashion Kekinian yang Anti Mainstream

Akhir-akhir ini muncul kembali istilah "kalcer" yang lagi viral di sosial media seperti tiktok, instagram, dan Twitter X, sebelumnya udah pernah denger belum sama istilah ini? Atau bahkan kamu salah satu bagian dari kalcer? Btw, kamu tahu gak sih, kalau kalcer udah mulai sering jadi istilah yang kekinian, tapi apa sih kalcer itu, dan kenapa viral banget di kalangan anak muda akhir-akhir ini? Sebenernya kalcer udah muncul sejak tahun 2016 atau 2017, lalu muncul kembali di tahun 2020 pada saat tren sepeda kembali naik dan muncullah “sepeda kalcer” yang jadi sepeda incaran banyak orang karena desainnya kekinian, kuat dan kokoh.

Tapi dari segi bahasa pengambilan kata "Kalcer" berasal dari bahasa Inggris “culture” yang berarti “budaya” dan telah beradaptasi dengan cara penyebutannya menjadi "kalcer” dan biasanya dipake untuk menggambarkan kebiasaan yang udah ada. Saat ini kalcer udah dijadikan patokan untuk gaya berpakaian, musik atau gaya hidup yang ada di masyarakat, dengan gaya yang unik dan kekinian. Maka dari itu, penggunakan kata kalcer biasanya bersamaan dengan sesuatu yang lagi viral di sosial media.

10 Ciri Khas Anak Kalcer: Fashion Kekinian yang Anti Mainstream

Kenapa Kalcer Sangat Populer Saat ini?

Kalcer jadi gaya yang sangat populer karena beberapa alasan. Pertama nih ya, gaya ini bisa kasih kebebasan untuk kamu mengekspresikan diri dan jadi dirimu sendiri. Kedua, media sosial bisa memberikan banyak inspirasi anak kalcer untuk berbagi gaya mereka masing-masing. Ketiga, nilai kreativitas keberanian dan kebebasan sangat dihargai di kalangan anak muda saat ini, jadi kalcer bisa jadi simbol dari kebebasan tersebut.

Di dunia fashion, Kalcer bisa jadi contoh nyata kalau gak ada aturan yang benar atau salah dalam berpakaian, semua orang bebas buat berekspresi dan menjadi dirinya sendiri. Gaya yang anti mainstream, berani dan kreatif bisa jadi inspirasi banyak orang untuk menjadi apa adanya.

Nah, kalau kamu saat ini ingin coba tampil sesuai dengan gaya OOTD yang mengikuti tren kalcer, ada beberapa kombinasi pakaian dan aksesoris yang bisa kamu coba, let’s go!.

Celana Pendek

Hal pertama yang bisa kamu coba dengan gunakan celana pendek yang nyaman dan sesuai dengan gayamu. Celana pendek ini bisa bikin kamu jadi kelihatan lebih freedom dan lebih santai.

Aksesoris yang Berani

Cobain pake aksesoris yang berani dan mentereng, kamu bisa coba kalung choker, DIY gelang atau kalung manik-manik, kacamata hitam dengan desain yang bulat dan frame yang tebal atau aksesoris lainnya yang bisa menunjang penampilanmu jadi lebih unik dan kekinian.

Kaos Oversized Motif Band Indie Favoritmu

Pilih kaos berukuran besar dengan motif dari band indie favoritmu. Kaos ini bisa bikin penampilanmu jadi santai dan edgy, atau kamu bisa pakai hoodie dengan desain yang menarik dan simple, biar lebih cakep kamu bisa padu padankan dengan celana pendek atau jeans yang bisa bikin kamu jadi lebih keren lagi.

Sepatu Docmart

Udah gak asing lagi dong sama sepatu docmart, sepatu yang sampe sekarang masih jadi incaran banyak orang, selain bisa kasih kamu penampilan yang kalcer banget, tapi juga bikin OOTD mu jadi lebih unik, selain sepatu docmart kamu juga bisa pake sepatu sneakers classic yang juga gak kalah keren.

Jaket Denim atau Kulit

Jaket denim atau jaket kulit juga bisa melengkapi penampilanmu loh, kamu akan terlihat lebih casual jika menggunakan jaket denim, tapi kalau kamu pingin penampilanmu terkesan lebih berani dan menonjol, kamu bisa pake jaket kulit yang dipadu padankan dengan kaos dengan desain yang simple dan warna yang vintage atau gelap.

Rambut Ikonik

Biar kamu lebih kalcer, kamu bisa ubah penampilan rambutmu dengan mencoba poni yang dibiarkan jatuh di atas alis untuk menciptakan kesan yang edgy, atau kamu bisa juga nih coba potong rambut bondol, tipe ini bisa bikin tampilanmu jadi lebih simple.

Kombinasi yang Unik

Skena memiliki karakter yang unik dan anti mainstream. Kamu bisa coba padu padankan beberapa kombinasi yang unik dan berani tapi tetap harus terlihat keren. Coba pakai kalung berlayer, celana dengan warna yang mencolok dan lain sebagainya.

Vintage dan Thrifted

Tahu gak sih, salah satu ciri khas yang paling mencolok adalah kemampuan mereka untuk menemukan pakaian vintage dan thrifted yang unik. Mereka selalu mencari toko-toko secondhand untuk menemukan pakaian dengan karakter dan sejarah tersendiri. Pakaian-pakaian ini memberikan nuansa retro yang menarik.

Topi atau Beanie

Biar gaya kamu makin lengkap dan keren, kamu juga bisa tambahkan topi atau beanie sesuai dengan selera dan kepribadianmu. Jangan lupa juga pilih desain topi atau beanie kekinian yang pastinya bikin kamu lebih keren!.

Anti-Mainstream

Kalau ini udah pasti ya kan, sebagai anak kalcer yang paling penting kamu harus punya selera yang anti mainstream. Ciri khas kalcer berani tampil beda dan berani untuk mengekspresikan diri mereka dengan gaya fashion yang unik tapi tetep kece.

Gaya anak Kalcer bisa kamu temukan di berbagai tempat, terutama di pusat kota, distrik seni, dan lokasi-lokasi yang biasanya dihuni sama komunitas kreatif ya kayak di cafe indie, toko vintage, dan lain sebagainya. Disana mereka bisa bebas berekspresi dan menjadi diri sendiri, gak perlu mengikuti standar kecantikan atau tren mainstream yang konvensional.

Bikin desain kaos kamu sendiri dengan kittl
Bikin desain kalcer kamu sendiri pakai Kittl☝

Dalam dunia yang terus berubah, gaya Kalcer adalah contoh yang menginspirasi kalau kamu bisa jadi diri sendiri loh dan tetap terlihat keren. Kalcer telah mengubah pandangan tentang fashion dan mengajarkan kita untuk selalu berani menjadi diri sendiri, bahkan jika itu berarti berbeda dari yang lain.

Belajar bisnis print on demand
Belajar jualan merchandise ke seluruh dunia yuk☝

Nah, gimana nih gengs udah mulai paham dan tertarik mengenai gaya kalcer belom? Intinya adalah kamu bebas untuk bisa mengekspresikan dirimu, sesuai dengan keinginan dan kenyamananmu, gak perlu jadi orang lain untuk menjadi yang terbaik. Stay Calm and Stay Cooll!.

Posting Komentar

0 Komentar