10 Hal Penting agar Jasa Freelance Kamu Laris Manis

10 Hal Penting agar Jasa Freelance Kamu Laris Manis | Halo sobat freelancer semuanya, apa kabar? Tentunya baik ya. Semoga kita semua diberi kelancaran dan keberkahan dalam setiap aktifitas kita, aamiin. Jadi kali ini kita akan ngomongin tentang freelance lagi nih. Yaitu gimana cara agar jasa freelancemu laris manis. Gak hanya sekedar pendapatan musiman, Bisa dijadikan sebagai pendapatan tetap, atau malah pendapatan bulanan.

 

Skeptis atau anggapan orang kepada seorang freelancer, pada umumnya adalah pendapatan atau pemasukan uangnya tidak bisa dijadikan penghasilan utama atau hanya sekedar job sampingan aja.

Bisa dikatakan anggapan ini ada benarnya, tapi juga tidak sepenuhnya benar.

 

Kenapa?! Jadi gini wir, menjadi seorang freelancer harus dituntut untuk bisa mengambil keputusan sendiri, salah satunya yaitu menjadikan job/ project yang didapatnya akan dijadikan perkerjaan sampingan atau dijadikan perkerjaan utama dengan tetap menjadi freelancer tentunya.

 

Tentunya ini tidak bisa terjadi begitu aja, harus ada proses atau tahapan yang dilalui. Pada mulanya memang hanya beberapa job saja. Namun ketika jam terbang semakin tinggi dan keahlian makin meningkat, tentunya penghasilan yang didapat pun semakin besar. 

10 Hal Penting agar Jasa Freelance Kamu Laris Manis

Disini aku punya beberapa hal penting yang sudah dirangkum tentang bagaimana cara agar jasa freelance mu menjadi laris manis, gak lagi sekedar pendapatan musiman, tapi juga bisa menjadi pendapatan utama.

 
1. Spesialisasi dalam satu bidang

Menjadi seorang ahli dalam suatu bidang  tidak bisa terjadi dalam satu malam, harus dengan ketekunan, keseriusan dan kegigihan.Tekuni satu bidang yang benar benar ingin dikuasai, dan jadilah ahli didalamnya. Jika kamu sudah menjadi ahli, pastinya ini akan menjadi nilai tambah bagimu, karena mayoritas klien dengan budget gede, biasanya akan mencari yang sudah ahli, dan tentunya akan meningkatkan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan banyak klien.

 

2. Bikin Portofolio yang Keren

Pada artikel saya yang sebelumnya, ada pembahasan singkat tentang portfolio dan branding. Jadi portfolio itu adalah sebuah bukti kerja. Jadi dengan adanya portfolio, akan terlihat kamu udah bisa ngapain dan buat apa aja.

 

Portofolio yang menarik dapat membantu kamu memperlihatkan karya-karyamu sebelumnya dan memberikan gambaran tentang kualitas jasa yang kamu tawarkan.

 

3. Manfaatin Media Sosial

Udah gak jamannya lagi kalo media sosial cuma buat foto makanan atau story jalan jalan. Media sosial juga bisa jadi senjata ampuh buat promosiin jasa freelance kamu. Caranya buat akun professional mu di Instagram, Facebook, dan LinkedIn, lalu pajang karya, project yang sudah dan akan dibuat. Jangan lupa pakai hashtag supaya ketika orang googling, kata kata yang kamu sematkan dalam akun pro mu, akan muncul di pencarian mereka.

 

4. Berikan Harga yang Terjangkau

Khusus pemula berikan harga terjangkau untuk bangun portfolio terlebih dahulu. Portfolio itu penting untuk membangun rekam jejak/ track recordmu.

 

5. Berikan pelayanan yang baik dan fast response

Kenapa harus fast respon?!
Seumpama kamu, katakanlah sdang whatsappan sedang seseorang dan kamu butuh jawabannya di jam itu juga, tapi balasnya lama, Sebal kan? Pasti dong. Begitu juga ketika memberikan pelayanan kepada klien.

6. Jaga komunikasi dengan pelanggan

Hal terpenting untuk membangun kepercayan adalah dengan menjaga komunikasi. Kan seru tuh kalau komunikasi dan kinerjamu baik. Misalkan ketika klien A yang sedang kamu kerjakan, merasa puas dengan performa dan komunikasimu.

Lalu ia punya teman yang ingin butuh jasa seorang freelance.  Tentunya kamu pasti akan bisa direkomendasikan oleh si klien A tersebut.

 
7. Deadline Tepat Waktu

Jangan sampai bikin klien kecewa karena kinerjamu yang tidak bisa on-time, dalam mengerjakan sebuah project, karena  itu bisa ngerusakin reputasi dan brandingmu. Pastiin selalu untuk tepat waktu.

 

Buat jadwal kerja yang realistis dan hindari mengambil terlalu banyak pekerjaan sekaligus.

 

Duit memang penting. Tapi kalau kinerjamu buruk, jangankan duit, kesempatan emas di depan mata pun bisa hilang.

 

8. Bangun Relasi yang Luas (Networking)

Freelancing bukan cuma tentang kerjaan, tapi juga tentang membangun relasi. Coba deh bangun hubungan yang luas dan sehat dengan para profesional lain di bidang yang sama.

 

Gabung sama komunitas online atau offline yang relevan sama bidangmu. Jangan menutup diri juga untuk membangun relasi diluar bidangmu. Karena kita gak tau pintu pintu rejeki itu perantaranya dari siapa aja.

10 Hal Penting agar Jasa Freelance Kamu Laris Manis
Klik untuk ambil e-course👆

 
9. Terus Belajar dan Berkembang

Dunia terus berubah, termasuk dunia freelance. Jadi, jangan berhenti belajar dan berkembang. Ikuti berita terbaru di bidangmu. Ambil kursus online atau offline, baca buku, dan terus tingkatkan keahlianmu. Semakin kamu update sama tren dan teknologi terbaru, semakin kamu menarik buat klien. Kamu bisa belajar dengan mengambil kelas online seperti 👉Coursera.


10. Kasih Bonus atau Diskon untuk Pelanggan Setia

Terakhir, dan gak kalah penting adalah, kasih bonus buat pelanggan setia. Sederhananya adalah sedekah. Bisa berupa diskon spesial, bonus tambahan, atau hadiah kecil lainnya. Ini gak cuma bisa bikin pelanggan loyal, tapi juga mendorong mereka rekomendasiin jasa kamu ke temen-temen mereka.

Gak rugi kok kalau kamu kasih bonus ke mereka, karena yang namanya sedekah akan kembali dalam bentuk yang lebih besar.

 

Jadi, itulah sepuluh tadi tips keren, ringan dan bermanfaat unutk bikin jasa freelance kamu makin laris manis!

Ingat, kesuksesan dalam dunia freelance butuh waktu dan usaha. Jadi, jangan cepat menyerah, terus belajar, dan selalu berikan yang terbaik di setiap pekerjaanmu. 

Posting Komentar

0 Komentar