10 Cara Terbaik Menjaga Mood Kerja untuk Freelancer WFH

10 Cara Terbaik Menjaga Mood Kerja untuk Freelancer WFH | Tidak hanya bekerja di sebuah perusahaan atau on-site, kerja remote pun bisa saja membuat kita kehilangan mood atau badmood. Ya itu karena kadang menjadi freelancer membuat kita harus mengerjakan apapun sendiri alias multitasking. Jumpa masalah cari sendiri, butuh semangat cari sendiri, Persis kayak lagu dangdut itu deh pokoknya (*ketahuan deh generasiku jadul).

Bekerja sebagai freelancer WFH (Work From Home) memiliki sejumlah tantangan, tetapi ada beberapa cara agar kamu dapat menjaga mood kerja dan meningkatkan produktivitas dengan beberapa strategi dan tips yang lebih mendalam. Berikut aku share 10 tips nya ya💁

10 Cara Terbaik Menjaga Mood Kerja untuk Freelancer WFH

10 Cara Terbaik Menjaga Mood Kerja untuk Freelancer WFH

Bekerja dari rumah telah menjadi norma baru di era digital. Namun, pekerjaan ini juga menghadirkan sejumlah tantangan, termasuk bagaimana menjaga mood dan fokus kerja. Sebagai seorang freelancer WFH, Kamu perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang tantangan ini🙋

1. Pentingnya Rutinitas Harian yang Teratur

Yang harus dipahami ketika bekerja dari rumah adalah rawan distraksi. Alih alih ingin kerja santai dari rumah malah bikin kendor produktivitas. Apalagi untukmu yang sudah berumah tangga dan punya anak. Karena anak melihat kita tidak keluar bekerja seperti pada orang pada umumnya, tentu ia akan terus mengajak bermain, dan akan menangis jika tidak ditemani bermain.

Menjaga rutinitas harian yang teratur adalah langkah pertama untuk mempertahankan kualitas kerjamu. Sebisa mungkin sesuaikan antara jadwal kerja dengan jam kerja normal, anggap saja seperti sedangkerja di kantor. Hindari terlena dalam waktu luang, dan buatlah jadwal yang sesuai dengan produktivitas harianmu.

2. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Lingkungan kerja yang nyaman sangat penting. Pastikan Kamu memiliki meja dan kursi yang ergonomis, sehingga bisa dapat bekerja tanpa merasa tidak nyaman. Ruang kerja Kamu juga perlu memiliki pencahayaan yang baik dan ventilasi yang cukup agar tetap merasa segar sepanjang hari.

Untuk peralatan kerja ini sebetulnya tidak melulu harus meja atau kursi gaming yang mahal. Boleh, tidak dilarang, tapi sesuaikan  dulu dengan kondisi keuanganmu. Atau kamu bisa tambahkan beberapa aksesoris untuk nambah mood kamu misalkan jam digital lucu, foto keluarga, miniatur karakter kartun, dll.

>>> Baca juga artikel untuk memaksimalkan potensi cuan freelancer, disini.

3. Mengatasi Gangguan dengan Membatasi Perilaku Tidak Relevan

Salah satu masalah utama dalam bekerja dari rumah adalah gangguan atau distraksi. Namun ada penambahan pada point ini yaitu, matikan notifikasi ponsel, televisi, atau perangkat lain yang dapat mengalihkan perhatian mu dari pekerjaan. Buatlah batasan antara pekerjaan dan waktu luang.

Intinya jangan sikit sikit liat HP, serius jangan😱 Niatnya mau liat sebentar, malah bablas sampai lupa waktu dan akhirnya ketika ingin mulai kerja, malah jadi malas, produktivitasmu pun akan terganggu.

Ingat, kamu perintis, bukan pewaris.

4. Melakukan Aktifitas Outdoor

Menghabiskan waktu didalam ruangan tanpa adanya sinar matahari langsung akan sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik kamu. Bisa jadi akan kekurangan vitamin D, jika kekurangan badan akan melemah dan mood kurang baik karena tidak fit. Lakukan kegiatan luar ruangan seperti sekedar jalan kaki pagi setiap hari, berwisata ke alam misalkan ke curug, air terjun, kebun binatang, pemancingan, dll. Selain sehat dan dapat vitamin D, kamu juga bisa membakar kalori loh💪

10 Cara Terbaik Menjaga Mood Kerja untuk Freelancer WFH

5. Gerakan dan Istirahat

Jangan kebanyakan duduk, ya walaupun memang kerjanya duduk dan main laptop. Gunakan teknik pomodoro, kerja 20 menit, istirahat 5 menit, dan lakukan secara berulang. Untuk yang muslim bisa dengan sholat. Gerakan di dalam sholat itu sangat ampuh untuk kesehatan.

Istirahat adalah kunci untuk menjaga mood kerja yang positif. Atur jadwal istirahat dan manfaatkan waktu ini untuk melakukan latihan fisik sederhana seperti jalan-jalan atau stretching. Ini akan membantu menjaga kesehatan kamu dan meredakan stres. Sangat disarankan untuk tidur 8 jam pada malam hingga pagi hari, karena jam tidur juga menjadi pengaruh terbesar akan kesehatan dan mood kita loh👌

6. Daftar Tugas Harian

Ada baiknya ketika ingin tidur, buatlah daftar harian, seperti daily routine gitu. Tujuannya biar gak bingung ketika pagi mau ngapain. Menulis daftar tugas harian adalah cara yang efektif untuk tetap terorganisasi dan fokus. Dengan daftar ini, bisa membuatmu dapat mensortir pekerjaan mana yang perlu diselesaikan dan merasa lebih puas ketika sudah menyelesaikannya.

>>> Baca juga 10 tips langkah mudah sukses jadi freelancer disini.

7. Cari Inspirasi Baru

Rutinitas bisa menyebabkan kebosanan dan otomatis produktivitas bisa terhambat. Mencari sumber inspirasi baru adalah cara untuk mengatasi hal ini. Baca buku, tonton film, atau dengarkan podcast yang berkaitan dengan pekerjaan Kamu.Mirip dengan rejeki, kita tidak tau ide-ide segar itu bisa datang dari mana aja yang akan bisa membuatmu berkembang dan meningkatkan produktivitasmu.

8. Tetapkan Batas Waktu

Diusiaku yang baru 20 tahunan, masih bisa kuat kerja WFH begadang atau bahkan terbalik, kerja jam 9 malam hingga jam 3 pagi. Namun setelah memasuki usia 30 tahunan ternyata badan sudah tidak support lagi, malah kerjanya semakin bete.

Karena bekerja secara mandiri dan bisa mengakibatkan teledor dengan jam kerja yang akhirnya membuat mu bisa bekerja seharian tak menentu, ada baiknya kalau kamu memulainya seperti pada jam kantor. Contohnya, bisa dimulai dari jam 8 pagi ke jam 5 sore atau ke jam 4 sore. Tentunya waktu mu akan semakin efisien dan produktivitasmu meningkat.

9. Terima Tantangan Baru

Jangan takut mencoba hal-hal baru dalam pekerjaan Kamu. Terbuka untuk tantangan baru adalah cara untuk terus berkembang dan belajar. Hal ini juga akan memberi semangat baru dalam pekerjaan kamu. Pastinya harus punya bekal ilmu terlebih dahulu agar tidak keteteran yang akhirnya bikin burnout. Belajar hal baru bisa dengan berbagai cara, belajar melalui sosial media, website gratis maupun berbayar. Rekomendasi terbaik silahkan kunjungi 👉ladyaga👀

10. Menjaga Diri agar Tetap Positif

Jangan berpikir yang aneh aneh alias overthinking. Freelance adalah pilihanmu dari awal. Ketika liat teman kerja dengan seragam khas korporatenya, banyak sedikitnya kamu akan berpikir untuk kembali lagi ke dunia itu.

Tapi yang perlu diingat adalah, temanmu yang pakai seragam itu mungkin akan berpikiran enak jadi sepertimu, kerja dirumah tapi uangnya selalu ada aja. Ingatlah bahwa bekerja dari rumah bisa sulit. Jangan terlalu keras pada diri sendiri.

Tetap positif dan fokus pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan. Mood kerja yang positif adalah kunci keberhasilan👍

10 Cara Terbaik Menjaga Mood Kerja untuk Freelancer WFH | Jika kamu menerapkan 10 tips diatas, banyak sedikitnya kamu akan bisa meningkatkan produktifitasmu, dan tentunya juga cuan yang didapat. Untukmu yang ingin berkarir sebagai freelance, tapi takut untuk resign dan bingung mau mulai darimana, kunjungi aja 👉ladyaga👀 . Di dalamnya terdapat course dan template template menarik yang bisa kamu gunakan untuk belajar dan menjadi seorang freelancer yang sukses.💥


Posting Komentar

0 Komentar