Maksimalkan Potensi Cuan sebagai Freelancer dengan Belajar Hal Baru

Maksimalkan Potensi Cuan sebagai Freelancer dengan Belajar Hal Baru | Di era gig-economy yang lagi booming-boomingnya dan mengalami banyak perkembangan, kamu sebagai freelancer bisa banget nih memaksimalkan potensi cuanmu. Yaps, kita tau kan ya kalau di dunia freelancer yang semakin hari semakin berkembang, terus belajar adalah salah satu kunci untuk bisa memaksimalkan potensi cuanmu.

Sebagai anak muda yang kekinian dan berkecimpung di dunia freelancer, kamu juga harus memahami kalau segmentasi pasar akan terus berubah dan kita harus selalu siap untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Pada artikel ini, kita akan membahas gimana sih caranya untuk kita bisa memaksimalkan potensi yang udah kita miliki untuk bisa menghasilnya cuan yang lebih, cuss simak beberapa tips ampuh berikut sampe abis!💥

Maksimalkan Potensi Cuan sebagai Freelancer dengan Belajar Hal Baru

Maksimalkan Potensi Cuan sebagai Freelancer dengan Belajar Hal Baru

1. Ikutan Komunitas Online atau Offline

Jangan jadi freelancer yang loner! Coba deh kamu mulai gabung sama komunitas sesama freelancer baik secara online atau offline yang sesuai sama bidang pekerjaanmu. Dengan join komunitas kamu bakal bisa banyak interaksi sama orang lain, ya sekedar diskusi kecil sampe deep talk dan kamu juga bisa dapetin informasi yang pastinya up to date. Mulai dari informasi tentang tren terbaru, teknologi dan sebagainya😍Kamu bisa join komunitas yang ada di tele atau facebook, pastikan komunitas tersebut valid ya (* no spam) jika ada kopdar-nya akan lebih baik, sehingga bisa bertemu dengan orang lain in person.

Bisa jadi, yang mulainya dari pertemanan akhirnya bisa jadi FWB (baca: friend with benefit) alias bisa kolaborasi bisnis atau jadi klien kamu. Valid! aku sendiri sering mengalaminya.

Ya intinya bakal banyak keuntungan deh kalo kamu ikut komunitas, jangan diem-diem bae, coba buat sosialisasi dong!👀

2. Ikuti Kursus dan Pelatihan Online

Di era digital saat ini, kamu bisa dengan mudah dapetin kursus dan pelatihan online, mulai dari pelatihan yang gratis hingga berbayar.

Ada banyak kursus yang bisa bantu kamu untuk mengasah skill yang udah kamu punya atau bahkan kamu belum punya basicnya sama sekali, mulai dari digital marketing, UI/UX Design, Data Analyst, dan lain sebagainya, pokoknya lengkap banget deh. Hal ini adalah salah satu cara yang ajib buat kamu tetep up-to-date dan bisa bersaing di dunia freelancer saat ini. Jadi gimana mulai tertarik? Selamat belajar!👌

Baca artikel: Hobi menggambar memang bisa menghasilkan cuan dan bikin sukses?

3. Coba Ambil Sertifikasi dan Lisensi

Selain kemampuan diri yang kamu punya, kamu juga perlu untuk memiliki sertifikasi atau lisensi sebagai bukti kalau kamu memang sudah kompeten di bidang tersebut. Sertifikitasi dan lisensi gak cuma bisa meningkatkan kredibilitasmu, tapi juga bisa membuka peluang baru buat kamu menawarkan layanan atau jasa yang lebih luas lagi. Misalnya nih ya kamu adalah seorang programmer, nah pasti kamu butuh dong sertifikasi dalam bahasa pemrograman tertentu, atau kamu seorang desain grafis, nah kamu juga butuh sertifikasi tentang tools apa saja yang kamu kuasai.

Nah, dengan adanya hal tersebut, kamu akan lebih mendapatkan kepercayaan dari klien untuk menggunakan jasa yang kamu tawarkan, dan tentunya bisa bikin portofoliomu jadi lebih mengkilap dan menjual, eh jadi banyak project yang masuk deh!👍

Maksimalkan Potensi Cuan sebagai Freelancer dengan Belajar Hal Baru
Belajar dan dapat sertifikat internasional di Coursera☝

4. Tetep Semangat Membaca dan Belajar

Sesuai dengan pepatah ilmu itu jendela dunia, yuk mulai sekarang coba membaca buku atau artikel terbaru tentang topik yang relevan di bidang pekerjaanmu, hal ini akan terus membuatmu up-to-date dengan pengetahuan pengetahuan terbaru. Jangan pernah kamu berhenti untuk belajar, karena dunia digital saat ini akan terus berkembang secara cepat👊

Dengan kamu rajin membaca buku, selain menambah pengetahuan kamu juga akan lebih bisa berkompetisi dengan freelancer yang lebih muda, jadi kamu gak akan deh ngerasa ketinggalan atau bahkan minder sama ilmu yang kamu punya. Gas pol terus!

Maksimalkan Potensi Cuan sebagai Freelancer dengan Belajar Hal Baru

5. Cari Mentor yang terbaik

Kalau kamu sulit untuk belajar sendiri dan bingung mau mulai belajar dari mana, nah udah saatnya kamu butuh punya mentor. Mentor atau konsultan yang pastinya udah berpengalaman di bidangnya bakal kasih kamu arahan dan pembelajaran yang kamu butuhin. Mereka bisa bantu kamu untuk mengembangkan keterampilan dan memberikan kiat sukses yang bisa kamu ikuti, apalagi kamu adalah seorang freelancer.

Jadi gak bingung lagi deh, untuk ngembangin diri dan belajar di bidang yang saat ini kamu tekuni. Selain itu, enaknya punya mentor yang udah berpengalaman ini mereka suka kasih banyak eksperience dari penagalaman yang udah mereka lalui, jadi hal ini akan bisa jadi pembelajaran karirmu kedepan. Wah seru banget kan!💁

Maksimalkan Potensi Cuan sebagai Freelancer dengan Belajar Hal Baru

Kalau kamu punya mentor, kamu juga bisa berkonsultasi tentang kesulitanmu dan bisa bantu kamu untuk menyelesaikan masalah tersebut, jadi kamu gak akan ngerasa bingung sendirian.

Dengan terus belajar dan mengembangkan keterampilan baru, kamu sebagai seorang freelancer akan dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang lebih. Inget, selama ada niat pasti ada jalan kok.

Selain mengikuti beberapa langkah di atas, kamu juga bisa lho memaksimalkan potensi cuan dengan klik link berikut👉 ladyaga❤ untuk bisa belajar langsung dengan ahlinya dan pastinya sudah berpengalaman di bidangnya. Gak usah ragu gak usah bingung, buruan cek linknya sekarang!👄

Posting Komentar

0 Komentar