Usaha Lancar Jaya, Memilih Fasilitas Logistik yang Tepat

Usaha Lancar Jaya, Memilih Fasilitas Logistik yang Tepat

Usaha Lancar Jaya, Memilih Fasilitas Logistik yang Tepat | Menurut hasil survey SMERU tahun 2020 minat generasi muda Indonesia untuk menjadi wirausahawan mencapai 73 persen. Didominasi oleh generasi milenial (lahir antara 1981 hingga 1996).

Didukung dengan teknologi yang berkembang, membuat apapun jadi lebih mudah. Startup teknologi aplikasi, marketplace online, trading ekspor impor luar negeri dengan perijinan dan akses yang lebih mudah. Membuat ekonomi Indonesia semakin maju dan kreatif.

Pengalaman Dewi, Supplier Kentang Wonosobo

Suatu hari seorang sahabat yang kukenal sejak kecil, Dewi salah satu generasi milenial yang baru saja memulai usahanya dengan menjual kentang Wonosobo ke kota. Karena ketika Dewi sedang pulang ke kampung halamannya di Wonosobo, dia bertemu dengan petani kentang dengan panen yang melimpah. Namun, mereka baru saja ditinggal oleh pelanggannya karena kabarnya si pelanggan sedang ada masalah ekonomi. 
Secara spontan, Dewi memutuskan untuk mencari channel yang membutuhkan kentang dari petani tersebut. Beruntungnya Dewi, menemukan beberapa supermarket yang butuh pasokan kentang wonosobo dengan kualitas yang bagus. Hal ini menjadi peluang besar bagi Dewi, akhirnya setelah menjalani negosiasi/ dealing harga, usaha supplier kentang pun dimulai. 

Posisi Dewi adalah seorang mahasiswi dari universitas negeri di Jakarta, dengan mempercayakan jasa trucking (kenalan teman) dan petani Wonosobo. Quality control sangatlah minim karena kesibukannya menjadi mahasiswi. Di penjualan pertama Dewi mendapatkan untung hingga 10 juta sekali pengiriman, hingga akhirnya tersandung masalah. 
Pihak Supermarket komplain karena kualitas kentang yang menurun, kondisi berjamur dan basah. Setelah ditelisik, ternyata ada beberapa masalah yang terjadi yaitu:
  • Yang menjual kentang wonosobo bukan petani asli, melainkan tengkulak yang kurang bijak. Sehingga kualitas kentang dari petani tidak terjaga karena bayaran tengkulak yang rendah.
  • Pengemasan kentang yang kurang baik, sehingga kentang menjadi cacat diperjalanan.
  • Trucking (jasa logistic) yang tidak bagus, bermodalkan jasa truck yang asal asalan. Kap terbuka, kena hujan dan matahari. Pelayanan dari pihak trucking juga minim, barang yang dikirim beresiko rusak.
Hanya dalam 6 bulan, usaha Dewi berhenti dalam keadaan merugi. Menjadi pengalaman dan pembelajaran yang baik untuk kedepannya agar tidak terjadi lagi. Tidak berhenti disini saja, Dewi memulai usaha baru dengan usaha minuman olahan jahe merah dan gula merah buatan ibunya.
Tidak ingin mengulang kesalahannya lagi, Dewi benar benar melakukan quality control disetiap transaksi, proses pengolahan jahe dan ekspedisi.

Hingga saat ini Dewi menjadi penjual olahan jahe merah yang laris manis, yang bisa menjadi sumber penghasilan banyak orang termasuk karyawannya. Dewi menjadi sosok milenial yang sukses dalam usahanya walau pernah mengalami kerugian.

Eureka Logistics

Alasan kenapa meilih jasa Trucking (logistik) yang tepat?

Berdasarkan pengalaman sahabat saya, Dewi bahwa memilih jasa trucking yang salah membuat masalah hingga kebangkrutan usaha. Oleh karena itu pastikan memilih jasa trucking dengan fasilitas lengkap yaitu EUREKA LOGISTICS :

  • Pengiriman cepat dan aman,
    ada beberapa jenis kendaraan yang tersedia yaitu Grand Max, L300 Box, CDE (Colt Diesel Engkel), CDD (Colt Diesel Double), Engkel Fuso 6 Tire, Tronton Wingbox dan Trailer Wingbox dalam melayani pengiriman area Jawa dan pengiriman luar Jawa melalui kirim darat, kirim laut dan kirim udara. Tentunya berkualitas,cepat dan aman.
  • Pengiriman terpercaya,
    Eureka Logistic dilengkapi dengan GPS dan sistem ERP 
  • Pengiriman cepat sampai
  • Pengiriman berat aman
Produk Eureka adalah trucking dan project logistics, untuk informasi lebih lanjut cek website EUREKA LOGISTICS dan instagram EUREKA LOGISTICS. Usaha lancar jaya, memilih fasilitas logistik yang tepat. Jangan ambil resiko, percayakan usahamu dengan Eureka Logistics “Your Best Solutions in Logistics”.









Posting Komentar

4 Komentar

  1. Great a useful article. I appreciate you sharing your experience and wisdom...Thank you..
    Abogados de bancarrota baratos en Virginia

    BalasHapus
  2. There are many online games available that are really entertaining. I usually enjoy playing the game badland endless runner.

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas berbagi pengalaman, Dewi! Pentingnya memilih fasilitas logistik yang tepat seperti EUREKA LOGISTICS sangat terlihat. Kesuksesanmu menginspirasi, dan pelajaran berharga untuk wirausaha muda lainnya.
    Nueva Jersey Orden Protección Riesgos Extremos

    BalasHapus