Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos

4 komentar
Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos

Menjalani Hidup Nomaden 

Menurutku, hidup adalah pilihan berdasarkan yang punya fisik dan jiwa. Kita diciptakan untuk memegang kontrol penuh akan diri sendiri, mental dan segala keputusan. Tentu saja dibatasi dengan norma, adat, hukum, dan budaya agar tidak kelewatan, ya gak?

Setelah menikah dengan suami tercinta, ekspektasiku adalah langsung punya rumah, menetap bersama hingga kakek nenek. Tapi ternyata, kita masih ngekos dulu karena tabungan belum cukup untuk beli rumah. Gimana cukup? harga rumah sudah seperti judul lagunya Agnes Monica (baca: Tak Ada Logika). Kalaupun ada yang murah sekitar 300 jutaan daerah pelosok sekali, bahkan hutan hutan ditepi kota dengan fasilitas yang terbatas. 

Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos

Dikutip dari artikel Kumparan, menurut Perencanaan Keuangan Advisor Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho agar kita mampu membeli rumah yaitu harus pandai menabung. Jika ingin cepat punya rumah, bisa menyisihkan 30 hingga 50 persen pendapatan setiap bulan. Wahahaha~~ realita ini sangat memaksa. 

Saya dan suami memiliki case yang spesial, karena kami berdua adalah freelancer. Sangat sulit untuk menyisihkan dana sebesar itu, dan harus mengorbankan dana darurat? it's a big NO. Akhirnya kami memutuskan hidup nomaden saja. Dengan kata lain, hidup ngekos atau ngontrak hingga kami memiliki dana cukup untuk menetap. 

Alasan kuat kenapa kami memilih hidup nomaden (kontrak):

  • Belum ada dana cash yang cukup untuk beli rumah
  • Belum ada rencana untuk memiliki momongan
  • Suami istri sama sama pekerja lepas (freelancer) 
  • Usaha 90% digital (tidak berwujud fisik), sehingga tidak perlu space lebar, tempat domisili, dll
  • Suami istri cepat bosan, saat ini kami suka bepergian hanya untuk mengumpulkan mood kerja
  • Belum mau ambil KPR karena beberapa faktor, rencana mau beli tanah dulu baru nyicil bangun rumah sesuai dengan keinginan dan desain sendiri
Tidak sedikit orang dilingkungan kami yang menyarankan untuk membeli rumah atau nyicil KPR, tapi sekali lagi hidup adalah pilihan, dan pilihan kami adalah masih mau ngontrak dulu karena beberapa alasan tersebut. 
yang mengerti keadaan kita adalah kita sendiri. Tinggal kita memutuskan untuk mengikuti saran orang atau diri kita sendiri.

Kontrak Rumah Minimalis 

Syukurlah kami menemukan rumah diperumahan kecil, pinggir kota Semarang tercinta. Bagian depan rumah memiliki carport lebar yang muat untuk 2 mobil dan 1 motor (super luas). Ada taman dibagian pinggirnya dan taman belakang yang luas. Rumah ini memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 ruang tamu/ ruang keluarga. Dapur ada dibelakang semi outdoor. 
Rumah ini sangat cocok untuk kami yang hanya bertiga bersama 1 kucing kesayangan (Micco). Tetangga sangat ramah, solid, lingkungan juga ramai walau dipinggir kota. Kami hanya bisa mengucap rasa syukur yang besar. 

Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos
 

Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic

Kamar tidur kami memiliki ukuran 2x2 meter dan tersedia 1 single bed untuk kami berdua. Karena sudah terbiasa tidur di bed sempit, jadi tidak masalah. Kurang lebih sih, luas kamar seperti kamar kos pada umumnya. Oleh karena itu aku memberi judul Makeover Kamar Tidur Sempit Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos. 
  • Budget tipis yang cocok untuk pengontrak dan anak kos
  • Barang dan hiasan  nomaden friendly (portable dan tidak membekas/ paku)
  • Barang mudah ditemukan di toko kelontong atau Shopee
  • Desain kekinian, aesthetic dan minimalis cocok untuk space sempit
Berikut adalah foto penampakan kamar kami sebelum di makeover, masih kosong hanya tersedia bed dan korden peninggalan pemilik rumah.

Berikut adalah penampilan kamar sesudah di Makeover, bisa diaplikasikan untuk satu orang atau suami istri. Tone warna yang kami pakai adalah Bumi (earth) warna coklat, khaki, hijau, putih, dan turunannya.  Untuk list barang bisa cek dibawah.

Rekomendasi Produk dan Harga

Berikut adalah produk produk yang saya beli untuk makeover kamar tidur sempit jadi aesthetic, yang jelas sudah saya beli dan pakai secara pribadi. Beserta kelebihan dan kekurangannya secara JUJUR. Barangkali bisa bermanfaat untuk referensi pembaca. Jangan lupa untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan dana masing masing ya :)

Rekomendasi Produk Shopee Aga Rahmadani

Kaca Fullbody 140x 40 cm

Kaca ini penting sekali untukku karena kerja sebagai content creator, jadi lumayan dipakai ngonten atau sekedar ngaca saja. Bahan kayu dan harus preorder dulu ke penjual, karena masih wilayah Semarang, aku beli tanpa ongkir alias ambil sendiri 👉 @studiodikita

cermin kayu estetik semarang

Kelebihannya: Aesthetic, warna kayu asli dan minimalis, ada penyangga dibelakang dan anti slip dibawah. Tapi jika ada anak kecil dirumah, wajib diawasi yah.

Kekurangan : untuk ukuran 140x40 cm sangat mepet banget untuk saya dan suami yang berbody jumbo. Kalau bisa beli yang lebih tinggi dan lebar.

Sprei, Sarung Bantal, Bed Cover tipis ukuran Single

Berdasarkan hasil pencarian pribadi, aku nemu toko sprei yang lumayan bagus feedbacknya, aku beli disini 👉Toko Sprei Shopee 
Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos

Kelebihan:
  • harga standart, tidak mahal dan tidak murah, jadi tidak mencurigakanlah
  • bahan katun lembut
  • bisa pilih tinggi kasur, jadi bagian samping bed juga bisa ketutup oleh sprei
  • pilihan motif dan warna aesthetic yang banyak
  • tersedia sarung bantal tambahan.
Kekurangan:
  • pengiriman lama, biasanya kalau beli di Shopee 3 hari sampe, tapi kalau ini 7 hari baru sampe
  • mungkin kalau untuk anak kos single harganya terlalu tinggi

Lemari baju bahan plastik, portable

Lemari plastik ini bisa ditemukan ditoko kelontong, meubel terdekat dengan harga rata rata 500 ribuan. Sebelumnya saya juga sudah survey 5 toko harga memang segitu. Tapi iseng cari di Shopee ada yang lebih murah, sekitar 300 ribuan sudah sama ongkir hehe. Maklum, sebagai konsumen yang ngirit pasti cari yang lebih murah. Saya beli disini 👉Lemari plastik Shopee

Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos

Kelebihan: 

  • cocok untuk yang bajunya sedikit, atau dipakai untuk lemari anak karena spacenya kecil
  • portable, jadi kalau mau pindahan bawanya gampang, ringan
  • terhindar dari rayap dan serangga, karena bahannya plastik. Beda kalau lemari kayu kadang ada rayapnya
  • harga murah
Kekurangan:
  • Jangan harap akan awet, karena bahannya plastik ringan 
  • kadang ada cacatnya, misal pintunya goyang, tidak seimbang
  • harus bisa pasang sendiri dengan mengikuti panduan
  • bau plastik

Lemari TV plastik

Lemari ini juga populer dipajang di toko toko meubel, rumah tangga dan toko plastik. Tapi lagi lagi aku lebih suka beli di online shop karena lebih murah. Padahal kalau beli ditoko bisa diantar dan resiko cacat dijalan sangat minim. Tapi gimana yah, sudah jadi kebiasaan untuk belanja di Shopee hehe, aku beli disini👉 Lemari TV plastik

Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos

Kelebihan dari lemari ini adalah tentu saja harganya lebih murah, portable dan ringan. Kekurangannya, jangan harap akan muat banyak barang karena bahannya plastik tipis yang rapuh seperti hatiku ini. Jika memang ragu, banyak kok toko furniture yang jual lemari TV seharga 300 ribuan berbahan kayu. Tinggal sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Stand hanger untuk gantung baju dan dress

Terinspirasi dari video youtube IKEA yang ini: , jadi pengen deh gantung baju di stand hanger begitu, jadi lebih mudah dan bajunya lebih rapi. Kebetulan aku punya beberapa dress dan suami juga punya beragam outer jadi lebih efektif jika pakai stand hanger. Di online shop banyak pilihan, ada yang pakai roda atau yang tanpa roda, tergantung kebutuhan. Aku beli disini👉 Stand hanger Shopee

Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos

Kelebihan:

  • baju atau dress yang digantung terhindar dari jamur, karena berada diruang terbuka. Kadang kalau digantung dilemari malah bau jamur
  • lebih aesthetic dan praktis
  • cari baju gampang, seperti kalau kita belanja di mall, tinggal pilih saja
  • multifungsi, bisa digunakan untuk gantung baju atau jemur baju
  • portable, bisa dibongkar pasang jika mau pindahan
Kekurangan:
  • kalau ditinggal dalam waktu lama bisa berdebu, jadi sebaiknya siapkan cover
  • jika beli di online shop ada resiko bagian yang bengkok, atau cacat diperjalanan
  • kurang aman untuk anak anak, jadi perlu diperhatikan

Karpet Bulu Faux 

Sempat jalan jalan di ACE Hardware dan menemukan karpet bulu gemas seharga 800 ribuan. Kebetulan kantong sedang sempit mepet hehe, jadi kuurungkan niat untuk membelinya. Pas cari cari di Shopee ternyata aku menemukan yang harganya lebih murah dibawah 400 ribu, kan lebih hemat 50%. Langsung ku checkout, ini tokonya👉 Karpet bulu Shopee

Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos

kelebihan: 

  • harga lebih murah tentunya
  • varian warna dan motif lebih banyak
  • anti slip, jadi gak licin gak bikin keseleo kalau jalan diatas karpet bulu ini
  • pengiriman cepat
  • tidak rontok
kekurangan:
  • jangan harap bulunya smooth dan tebal, karena ini tipis banget. Tapi masih bisa kutoleransi, karena fungsinya untuk hiasan saja

Makeup Storage Plastik

Sempat nyesel, karena tidak beli barang ini dari dulu. Biasanya produk makeup, skincare, dan alat makeup aku taruh di box bekas sepatu atau disebar dimeja. Tapi karena kamarku yang ini lebih kecil, sepertinya tidak bisa pakai meja, jadi beli makeup storage ini disini👉 Makeup Storage Shopee

Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos

Kelebihannya yaitu harganya yang lebih murah dan desainnya lucu, mungil, praktis. Kekurangannya ada bagian yang pecah karena pas pengiriman aku tidak minta tambahan bubble wrap.

Makeover Kamar Tidur Sempit jadi Aesthetic, Cocok untuk Anak Kos | Wah tidak terasa sudah banyak nih yang sudah kutulis, anggap saja ini bagian pertama. Selanjutnya bisa baca di artikel bagian kedua ya, nanti ku update disini. Terimakasih.

Salam Cuan.











Terbaru Lebih lama

Related Posts

4 komentar

  1. iih..gemes deh perabotnya cantik2 ya.. bener2 bikin kamar jadi estetik tanpa harus merogoh kocek dalam2.. terima kasih sharingnya..

    BalasHapus
  2. Anakku yang sulung kalo nikah nanti rencananya mau ngekost dulu. Aku tadinya juga ngasih saran mending beli tanah aja, nanti dibantu untuk bikin rumahnya. Tapi dia nggak mau. Karena niatnya malah pengen keliling Indonesia, jadi rumahnya adalah mobilnya.

    Ini parobatnya kayak aku, sekarang aku lebih memilih plastik karena awet. Lemarin kayu dan meja belajar anakku kena rayap dulu, akhirnya beralih deh lemari plastik untuk baju

    BalasHapus
  3. Ma syaa Allah terimakasih tips nya mbak, dulu suka warna warna pastel, beli apapun warna pastel, sejak berkeluarga kupikir pikir ulang warna putih atau cream cenderung membuat rumah lebih luas dan terang ya mbak

    BalasHapus
  4. Waktu masih berdua kami jua nyari tempat yg kecil2 mbak, lebih simpel juga bersih2nya hahaha btw aku setuju pemilihan warna ini, efeknya luar biasa

    BalasHapus

Posting Komentar