Cara Membuat Desain Cover Buku Sendiri Menggunakan Canva Pro

Desain Cover Buku Canva Pro

Di era pandemi ini banyak yah orang orang yang memilih tinggal dirumah karena banyak sekali sarana hiburan seperti menonton Netflix, main game komputer, PUBG, atau membaca. Bacaan pun juga berbagai macam bentuknya, seperti buku cetak biasa, webtoon (komik online), Wattpad dan Kindle Amazon. Jadi tidak ada alasan lagi dong, jenuh dirumah?.
Kebetulan studioku gagestudiodesign.com sedang rame sekali orderan desain cover buku online, ada yang bikin baru atau remake cover buku legend karya Tommy Shelley FRANKENSTEIN. Hampir setiap bulan ada saja yang pesan (alhamdulillah). Aku sendiri sih, sebenarnya suka baca, tapi lebih suka baca buku fisik. Mungkin kalau sudah senggang bisa baca wattpad atau Kindle book hihihi.
Membuat ilustrasi dan desain cover buku itu sedikit menantang yah, sang desainer harus paham isi buku atau setidaknya sinopsis bukunya dan pandangan dari sisi penulis dijadikan satu. Tapi aku paham banget nih, ada banyak penulis diluar sana yang pengen banget bikin desain bukunya sendiri. Alternatifnya adalah menggunakan Canva Pro.
Kenapa harus Pro? 
ya, harus yang Pro. Karena ada beberapa tools yang harus digunakan, yang tidak tersedia di akun Canva gratis. Jadi siapkan dahulu akun Canva Pro nya sebelum mengikuti tutorial dari aku yah.

Tutorial Desain Cover Buku : Tema Slice Of Life a.k.a Chicken Soup For The Souls



1. Membuat sketsa dan konsep desain.

Langkah awal adalah membuat konsep atau sketsa, ini untuk mengantisipasi agar otak kita enggak nge Lag pas sudah buka Canva.* Ini sering terjadi, tiba tiba ngelag terus akhirnya buka youtube, cari drama korea terbaru, berakhir marathon drakor😅.Masih bingung dengan desainnya? benar benar mentok nih? jangan khawatir, di menu Template ada beberapa contoh desain yang sudah disediakan, tinggal dimodif lagi deh. 

2. Membuat lembar kerja baru, dan sesuaikan ukuran.


Selanjutnya, kita membuat lembar kerja baru dan sesuaikan ukuran custom. Aku lebih memilih cara ini ketimbang langsung pilih ukuran dari templatenya, agar pixelnya lebih lebar (tidak pecah). 

3. Mengumpulkan Item : gambar gambar yang sesuai dengan konsep, hiasan, dan warna.



Mengumpulkan gambar atau ilustrasi yang sesuai dengan konsep/ sketsa awal. Tidak apa posisi acak acakan, nanti bisa disusun kembali.

4. Proses desain: menyusun ilustrasi dan komponen lainnya




Nah ini proses yang membagongkan sebenarnya, karena terkadang komponen yang sebelumnya sudah kita kumpulkan malah tidak sesuai. Bisa cari cari saja lagi yang cocok. Ada beberapa tools yang penting saat edit desain Canva:
  • Penghapus Latar Belakang
    Klik gambar yang akan di edit>>klik penghapus gambar
    tools ini tersedia di canva pro saja ya. Tools ini bermanfaat banget buat motong background suatu objek. 
  • Duotone
    Klik gambar yang akan di edit>> klik duotone>> setting dua warna yang diinginkan. Tools ini berfungsi untuk mengedit warna objek, misal mau dibikin warna monokrom.
  • Smartmockups ini adalah addon apps untuk membuat mockup desain yang sudah jadi. Untuk minggu pertama bisa gratis, tapi ada mockup gratis lainnya yang bisa dipakai.
  • Apps yang membantu kamu mencarikan warna/ tone bisa pakai Colorhunt.co (apps diluar Canva) yang sangat useful banget.
  • Cari inspirasi di pinterest banyak banget loh yang menarik, cari saja yang sesuai dengan judul buku kamu. 
  • Dan masih banyak lagi tools yang bisa dipakai, bisa trial and error juga loh. Jangan khawatir jika ada kesalahan bisa CTRL+Z hihihiih.

5. Beberapa hal yang perlu diperhatikan



  • Hak Cipta
    jangan lupa untuk membaca hak cipta disetiap item ilustrasi/ hiasan yang akan digunakan. Pastikan jangan menjual belikan ilustrasi ulang.
  • Terkadang jaringan internet kita kadang lancar kadang selow, jadi jangan lupa setiap step desain di save dulu atau di refresh yah.
  • Jangan lupa memberi nama lembar kerja.
Hasil Desain Cover Buku


Sepertinya itu saja yang perlu dilakukan jika ingin membuat ilustrasi dan desain sendiri. Sisanya bisa eksplor lagi tools yang ada di Canva pro. 
Mau konsultasi gratis? bisa DM saya yah. Semoga artikel ini bermanfaat💗
 

Posting Komentar

0 Komentar