Tips Work Life Balance Buat Kamu, Freelancer Kreatif!

Tips Work Life Balance Buat Kamu, Freelancer Kreatif! | Belakangan ini, menjadi freelancer adalah pekerjaan yang di idam-idamkan banyak orang. Tapi emangnya bener yah jadi freelancer adalah pekerjaan yang menyenangkan?

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menjadi freelancer lho, salah satunya kamu tetep bisa bekerja dimana aja dan kapan aja. Tapi kadang hal ini, bisa jadi bumerang untuk diri kita sendiri. Salah satu efectnya adalah sulit untuk menerapkan 💥Work Life Balance💥

Tips Work Life Balance Buat Kamu, Freelancer Kreatif!

Tips Work Life Balance Buat Kamu, Freelancer Kreatif!

Apa sih Work Life Balance itu? Work Life Balance adalah keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Hal ini seringkali sulit untuk diterapkan bagi seorang freelancer terutama di bidang kreatif, karena tuntutan pekerjaan bisa mengambil lebih banyak waktu dan energi daripada yang diharapkan. Nah, biar kamu tetap bisa Work Life Balance, yuk coba ikuti dan terapkan tips berikut. Check this out!👇 

1. Tentukan Jadwal Kerja yang Jelas

Hal pertama yang akan kita bahas adalah pentingnya memiliki jadwal kerja yang jelas dan teratur. Well, disini kamulah yang punya fleksibilitas buat bikin jadwal kerja sendiri. Tapi, penting banget buat bikin jadwal kerja yang terstruktur dengan baik dan harus di taati oleh dirimu sendiri. Jadwal ini gak hanya berisi kapan kamu kerja, tapi juga waktu yang harus dialokasikan untuk istirahat, me-time dan lain sebagainya. Kenapa harus kayak gitu? Karena dengan cara ini, kita bisa tetap produktif tanpa nge-burnout sehingga gak ganggu aktivitas otak dan mental. Atur jadwal sesuai dengan kemampuanmu ya!

2. Pisahin Urusan Kerja dan Kehidupan Pribadi

Disini siapa nih yang masih ngerasa sulit untuk memisahkan urusan pekerjaan dan kehidupan pribadi? Jujur aja, memang masih banyak dari kita mengalami hal ini, dan bisa menjadi tantangan tersendiri lho sebagai seorang freelancer.

Pastinya sebagai pekerja, kita semua ingin memberikan yang terbaik dalam pekerjaan kita, tapi jangan sampai urusan pekerjaan jadi ganggu waktu kamu dengan keluarga, teman-teman, atau bahkan dirimu sendiri. Actually ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memisahkan secara jelas, mana waktu untuk urusan pekerjaan dan kehidupan pribadi, at least kamu tetap bisa enjoy menikmati setiap momen yang ada tanpa terbebani oleh salah satunya.

Tips Work Life Balance Buat Kamu, Freelancer Kreatif!

3. Olahraga atau Meditasi

Kita semua tahu bahwa sebagai freelancer, seringkali terlalu asyik dengan pekerjaan hingga melupakan betapa pentingnya olahraga dan meditasi. Tahukah kamu? Selain olahraga yang bisa menyehatkan tubuh, meditasi juga bisa memberikan dampak yang baik untuk kesehatan otak kita lho. Ketika kita olahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat kita merasa lebih baik secara mental dan emosional. Melakukan meditasi dan olahraga jadi cara terbaik untuk meredakan stres, menyehatkan badan dan pikiran serta dapat meningkatkan konsentrasi. Kalau tubuh sehat, kerja jadi maksimal trus cuan jalan terus. Yuk! mulai dari sekarang.

4. Jangan Lupa Healing tipis tipis

Banyak mitos yang beredar, kalau jadi freelancer gak punya cuti tahunan, gabisa libur, kerja terus dan lain sebagainya. Well, siapa bilang? Kamu tetep bisa kok sejenak luangkan waktu buat berlibur atau melakukan kegiatan yang kamu sukai. Hal ini penting lho buat nge-charge ulang energi dan ngilaning stres selama bekerja. Kerja jadi lebih enjoy dan produktif deh. Kira-kira kamu lagi pingin liburan kemana nih gengs?.

Kittl platform desain baru

5. Gunakan Teknologi dengan Bijak

Last but not least adalah penggunaan teknologi. Ngerasa gak sih kalau teknologi semakin canggih dan sangat mempermudah suatu pekerjaan kita, sebagai freelancer pastinya gak bisa jauh-jauh deh dari teknologi, mulai dari bangun tidur pasti udah cek handphone liat notifikasi, email, dan lain sebagainya, bener gak tuh!. Tapi guys jangan sampai kita terlalu larut dalam teknologi hingga melupakan segalanya. Pakai teknologi secara bijak dan bertanggung jawab. Penggunaan teknologi secara positif bisa bantu kita buat ningkatin kualitas hidup dan mencapai tujuan yang lebih baik. Kasih dikit aja waktu buat santuy ya sekedar menikmati alam di depan rumah, bengong-bengong dikit, atau meditasi biar otak gak stres-stres banget deh.

Jadi, sampai sini udah paham kan gimana caranya buat bisa hidup dengan Work Life Balance yang seimbang? Beberapa tips udah aku spill dan bisa banget kamu terapin milai dari hari ink. Jangan sampe pekerjaan yang kamu lakukan saat ini jadi kurang maksimal hanya karena pola hidupmu yang kurang baik dan kurang seimbang.

Penting juga untuk selalu melakukan evaluasi diri secara berkala, biar bisa lihat nih, apakah kita udah bisa hidup secara seimbang? Which is hal ini bisa menjadi suatu perubahan yang lebih baik dari dirimu. Oh iya jangan lupa juga untuk bersosialisasi dengan teman-teman di lingkungan atau teman freelancer lainnya. Jadi, kamu bakalan lebih mudah untuk mencapai Work Life Balance yang sehat.

Ladyaga freelancer
Klik! untuk mulai belajar jadi freelancer👆

Buat kamu, yang saat ini tertarik untuk menjadi freelancer tapi, masih bingung mulai dari mana, atau gimana cara persiapannya, aku punya rekomendasi nih: Video Ecourse Freelancer Basic dari Ladyaga! Disana kamu bisa belajar banyak untuk bisa menjadi freelancer yang sukses. Jadi tunggu apalagi, yuk ikutan kelasnya dan raih impianmu untuk menjadi freelancer yang pastinya work life balance kamu juga akan tetap terjaga. Keep hustling, guys! 🚀

Posting Komentar

0 Komentar